0
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Suasana sepi, ini malam Jumat apa ya ? Kok ada suara klethek klethek klethek. Jangan2 #memedi hii
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Ya udah mumpung belum ngantuk kita bahas #memedi aja yuk, versi Jawa ya
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
#memedi bisa disederhanakan dg sebutan hantu, tp di Jawa jenisnya macam2 lho
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Ada #memedi penguasa wilayah: danyang,siluman,kajiman,bekasakan,kebleg
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Danyang menguasai satu wilayah tertentu, siluman jg, kajiman rumah2 kosong, kebleg hantu dapur #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Di jogja sesekali d sepanjng kalicode trdengar iring2an dg gamelan jawa tp tak ada orangnya #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Kt pinisepuh itu siluman Merapi sowan ke siluman Parangtritis, pakai arak2an #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Hantu kebleg di dapur, bentuknya ayam jago, menggoda dg suara. Bleg2, bleg2. Terutama di dekat tungku #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Yg pernah naik merapi ada Pasar Bubrah, ini ajang silaturahmi siluman2 Jogja dan sekitarnya #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Lalu ke hantu yg jenisnya menakuti : gendruwo-wewe. Nggak perlu dijabarkan udah tahu kan ? #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Lalu Kemamang, bentuknya seperti nyala obor, dari jauh. Ketika didekati : hilang. #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Lalu Banaspati, ini bentuknya Kepala doang, ada apinya, bergerak mengejar yang takut #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Lalu glundung pringis, ini kepala doang bisa ketawa, tapi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Tapi kalau orang yg ditakuti berani, glundung pringis ini hilang #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Ada ongklek2 menakut nakuti dg ayun2kan pohon kalo ada orang lewat. Bahkan tb2 roboh #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Ada lelepah, bentuknya tinggi, sukanya ikan mentah. Kalau di dapur tiba2 bau ikan mentah , tp lg gak masak ikan: lelepah datang #memedi
Ridlwan ꦗꦺꦴꦏꦺꦴꦮꦶ @ridlwandjogja
Ada thongthongsot, bentuknya lelaki berkepala kerbau, sering ganggu sekretaris/pejabat yg lembur malam2 #memedi

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.