Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi | by @karman_mustamin |

Chirpified
1
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Udah siap2 neh mau mudik pake mobil sendiri? Siapin mobilnya yg bener ya, biar gak susah di perjalanan. Apalagi sampe celaka.

11/06/2016 20:16:45 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Yg utama harus kamu perhatiin tuh, kondisi ban, sistem pendingin mesin, pendingin ruangan alias AC, trus lampu2.

11/06/2016 20:18:39 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Ban penting banget, apalagi kalo lewat tol. Kepala boleh plontos, tapi ban mobil jangan ya. Selain mobil jadi gak stabil, ngerem jg susah.

11/06/2016 20:21:07 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Tekanan angin ban jangan terlalu keras. Apalagi kalau kurang angin. Ikutin aja petunjuk tekanan angin yg biasanya tertulis di pintu sopir.

11/06/2016 20:24:42 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Ban yg kurang angin, lebih gampang meleduk. Apalagi kalo kamu ngebut di tol Cipali. Kalau pun gak meleduk, ban minil kamu jadi rusak.

11/06/2016 20:26:02 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Saat mudik, biasanya juga macet. Nah, penting kondisi sistem pendingin mobil bagus kalo gak pengen mogok. Periksa radiator, extra fan, dll.

11/06/2016 20:27:52 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalau pun ada gejala temperatur mesin terus naik, mending deh menepi. Cari tempat aman. Baru jalan lagi kalau mesin mulai dingin.

11/06/2016 20:29:06 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Ingat, jangan buka tutup radiator kalo mesin lagi panas. Airnya nyembur, bisa kena muka, belang deh. Gak ada lagi cewek yg naksir. Ciyan.

11/06/2016 20:30:14 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Lagian tutup radiator sekarang gak perlu dibuka. Cukup buka tutup reservoirnya. Itu juga kudu nunggu mesin dingin.

11/06/2016 20:31:17 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalo mau nambah air radiator, jg lewat reservoir itu. Jangan nambah air kalo mesin masih panas. Jeroan mesin mobil kamu bisa keriting tuh.

11/06/2016 20:32:30 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Pendingin ruangan alias AC juga penting. Kabin mobil yg panas, bikin stamina kamu cepat nge-drop. Stamina nge-drop, lonsentrasi juga turun.

11/06/2016 20:33:54 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Tapi kalo pake AC, sesekali juga buka kaca. Bentar aja, biar sirkulasi udara ada. Tapi kalo ada yg kentut, ya cepet2 lah buka kaca jendela.

11/06/2016 20:35:37 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Hati2 juga pake AC kalo knalpot mobil ada yg bocor. Gas buang dr knalpot bisa masuk ke kabin. Bikin mual, pusing, susah napas.

11/06/2016 20:36:57 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalau gejala itu terjadi, cepetan minggir, matiin mesin, semua penumpang keluar cari udara segar. Gas CO, NOx dll itu bisa membunuh.

11/06/2016 20:38:10 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalau tujuan mudik kamu lewatin jalan berkelok naik turun, hati2 sama kondisi rem. Apalagi yg pake mobil matic, kudu paham pakenya.

11/06/2016 20:39:40 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Pas lewatin jalan menurun, lebih aman geser tuas transmisi kamu ke posisi 3, 2, dst. Makin curam turunan, makin kecil angka yg kamu pilih.

11/06/2016 20:40:55 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kenapa tuas harus digeser? Krn buat bantu sistem rem supaya gak panas. Bahasa jawanya sih engine brake. Kalo transmisi tiptronic juga gitu.

11/06/2016 20:42:21 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalau mobil nanjak sih, gak digeser atau tetap di D juga gapapa. Namanya juga matic, kalo kurang tenaga pindah sendiri.

11/06/2016 20:43:56 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Lampu gak kalah penting lho? Kan bisa aja kemalaman di jalan. Lampunyg terlalu redup, bikin yg nyetir cepat capek. Terlalu terang, ganggu.

11/06/2016 20:45:11 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Lagi buntutin mobil lain di malam hari, jangan pake lampu jauh (high beam) kalo jaraknya udah kurang dari 80 meter. Yg depan silau tauukkk..

11/06/2016 20:46:30 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Gitu juga kalau papasan dgn mobil lain. Pake lampu dekat alias low beam kalo jaraknya udah kurang dr 80m. Jangan sok2an ngadu terang. Norak!

11/06/2016 20:48:26 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Eh, mobil2 baru skrg rata2 dilengkapi lampu hujan/kabut di belakang. Jangan dinyalain kalo gak hujan ya. Norak dan bikin silau yg belakang.

11/06/2016 20:49:46 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Lampu rem jangan dilupain. Nyala apa nggak. Kalo gak nyala, hati2 diseruduk bus. Ih, mending diseruduk pacar sih yaaaa...

11/06/2016 20:51:27 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kesalahan dan juga kebodohan orang yg nyetir, terutama di luar kota, sering sengaja menghalang-halangi mobil di belakang yg lebih kencang.

11/06/2016 21:22:50 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Padahal ulah menghalangi itu sangat bahaya. Mobil belakang butuh konsentrasi lebih tinggi. Itu bubar kalau sdh emosi. Akibatnya tabrak blkg.

11/06/2016 21:24:29 WIB
Load Remaining (50)

Comment