1
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Udah siap2 neh mau mudik pake mobil sendiri? Siapin mobilnya yg bener ya, biar gak susah di perjalanan. Apalagi sampe celaka.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Yg utama harus kamu perhatiin tuh, kondisi ban, sistem pendingin mesin, pendingin ruangan alias AC, trus lampu2.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Ban penting banget, apalagi kalo lewat tol. Kepala boleh plontos, tapi ban mobil jangan ya. Selain mobil jadi gak stabil, ngerem jg susah.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Tekanan angin ban jangan terlalu keras. Apalagi kalau kurang angin. Ikutin aja petunjuk tekanan angin yg biasanya tertulis di pintu sopir.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Ban yg kurang angin, lebih gampang meleduk. Apalagi kalo kamu ngebut di tol Cipali. Kalau pun gak meleduk, ban minil kamu jadi rusak.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Saat mudik, biasanya juga macet. Nah, penting kondisi sistem pendingin mobil bagus kalo gak pengen mogok. Periksa radiator, extra fan, dll.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kalau pun ada gejala temperatur mesin terus naik, mending deh menepi. Cari tempat aman. Baru jalan lagi kalau mesin mulai dingin.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Ingat, jangan buka tutup radiator kalo mesin lagi panas. Airnya nyembur, bisa kena muka, belang deh. Gak ada lagi cewek yg naksir. Ciyan.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Lagian tutup radiator sekarang gak perlu dibuka. Cukup buka tutup reservoirnya. Itu juga kudu nunggu mesin dingin.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kalo mau nambah air radiator, jg lewat reservoir itu. Jangan nambah air kalo mesin masih panas. Jeroan mesin mobil kamu bisa keriting tuh.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Pendingin ruangan alias AC juga penting. Kabin mobil yg panas, bikin stamina kamu cepat nge-drop. Stamina nge-drop, lonsentrasi juga turun.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Tapi kalo pake AC, sesekali juga buka kaca. Bentar aja, biar sirkulasi udara ada. Tapi kalo ada yg kentut, ya cepet2 lah buka kaca jendela.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Hati2 juga pake AC kalo knalpot mobil ada yg bocor. Gas buang dr knalpot bisa masuk ke kabin. Bikin mual, pusing, susah napas.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kalau gejala itu terjadi, cepetan minggir, matiin mesin, semua penumpang keluar cari udara segar. Gas CO, NOx dll itu bisa membunuh.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kalau tujuan mudik kamu lewatin jalan berkelok naik turun, hati2 sama kondisi rem. Apalagi yg pake mobil matic, kudu paham pakenya.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Pas lewatin jalan menurun, lebih aman geser tuas transmisi kamu ke posisi 3, 2, dst. Makin curam turunan, makin kecil angka yg kamu pilih.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kenapa tuas harus digeser? Krn buat bantu sistem rem supaya gak panas. Bahasa jawanya sih engine brake. Kalo transmisi tiptronic juga gitu.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kalau mobil nanjak sih, gak digeser atau tetap di D juga gapapa. Namanya juga matic, kalo kurang tenaga pindah sendiri.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Lampu gak kalah penting lho? Kan bisa aja kemalaman di jalan. Lampunyg terlalu redup, bikin yg nyetir cepat capek. Terlalu terang, ganggu.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Lagi buntutin mobil lain di malam hari, jangan pake lampu jauh (high beam) kalo jaraknya udah kurang dari 80 meter. Yg depan silau tauukkk..
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Gitu juga kalau papasan dgn mobil lain. Pake lampu dekat alias low beam kalo jaraknya udah kurang dr 80m. Jangan sok2an ngadu terang. Norak!
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Eh, mobil2 baru skrg rata2 dilengkapi lampu hujan/kabut di belakang. Jangan dinyalain kalo gak hujan ya. Norak dan bikin silau yg belakang.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Lampu rem jangan dilupain. Nyala apa nggak. Kalo gak nyala, hati2 diseruduk bus. Ih, mending diseruduk pacar sih yaaaa...
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Kesalahan dan juga kebodohan orang yg nyetir, terutama di luar kota, sering sengaja menghalang-halangi mobil di belakang yg lebih kencang.
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin
Padahal ulah menghalangi itu sangat bahaya. Mobil belakang butuh konsentrasi lebih tinggi. Itu bubar kalau sdh emosi. Akibatnya tabrak blkg.
Load Remaining (50)

Comment

Login and hide ads.