0
Alitt Susanto @shitlicious
Tipikal sebagian org Indonesia. Lihat tayangan informatif berbau drama, langsung menelan semua tanpa menyaringnya. pic.twitter.com/bxZ5wdAniC
Expand pic
Alitt Susanto @shitlicious
Ceritanya kmarin Hitam Putih Trans 7 ngebahas Nanil, pencipta lagu BENTO yg dahsyat itu. Di mana ditunjukkan hidupnya skrg mengenaskan.
Alitt Susanto @shitlicious
Terus gara2 tayangan itu, org2 pada "nyerang" @iwanfals. Nuduh cuek dgn nasib pencipta lagu BENTO itu. Bahkan ada yg nuduh ga ngasih royalti
Alitt Susanto @shitlicious
Dan gue yakin org2 yg ngomel2 ke @iwanfals ini gak kerja di bidang kreatif. Di mana mereka gak gtu ngerti soal kebijakan royalti.
Alitt Susanto @shitlicious
Royalti itu didapat dgn perhitungan pembagian sekian persen dr karya yg laku. Misal gue, sbg penulis buku, gue dpt 10% dr tiap buku yg laku.
Alitt Susanto @shitlicious
Jadi, misal harga buku gue 50ribu, gue cuma kebagian 5ribu utk tiap buku yg laku. So, kalo buku gue laku 1000, gue dpt royalti 5jt. Dst.
Alitt Susanto @shitlicious
Kok royalti pencipta karyanya kecil? Yah.. Begitulah realitanya. Utk urusan buku, toko buku ngambil "jatah" paling banyak dr penjualan.
Alitt Susanto @shitlicious
Nah, sampe kapan sih royalti itu diterima? Tergantung kebijakan masing2. Bisa sampai karyanya gak laku lg, atau sampai kadaluarsa kontraknya
DENDI MAULANA 💭 @PIXFOW
@shitlicious mereka teriak soal royalti, padahal kenyataannya masih banyak yang menikmati kaset/cd bajakan. Sad but true.
Alitt Susanto @shitlicious
Utk kasus Om Nanil, tanpa mengurangi rasa simpati, usia royalti itu gak bakal seumur hidup jg. Lagu BENTO kan gak laris selamanya. Realita.
Alitt Susanto @shitlicious
Buku pertama gue, rilisan 2009, setelah 7 taun, royalti yg gue terima udah di bawah 500ribu kok. Itu pun harus nunggu tiap 6 bulan. Realita.
Alitt Susanto @shitlicious
Gue gak tau gimana perjanjian om Nanil & bang @iwanfals soal Bento, tp soal kehidupan Om Nanil yg susah, bukan krn Bang Iwan jg kali. 😰
Alitt Susanto @shitlicious
Semoga paham, penghasilan seniman dr royalti itu gak seberapa, masih dibajak pula. Drpd nyalahin org, dukung seniman, berantas karya bajakan
Alitt Susanto @shitlicious
Aneh aja kalo org nyalahin @iwanfals krn dia tajir sdgkan Om Nanil hidup susah. Lha om Iwan berkarya terus~ Dpt royalti dr album terus.
Alitt Susanto @shitlicious
Kehidupan Om Nanil yg susah skrg itu cerminan dr Musisi yg sudah tak dihargai. Salah 1 efek dr KONSUMEN YANG DOYAN KARYA BAJAKAN. Ngaca aja~
𝐃𝐞𝐫𝐦𝐚𝐠𝐚, @ibha_
Baru paham tentang pembagian royalti gara2 baca tweetnya @shitlicious yang tentang kasus om nanik sama om iwan
Alitt Susanto @shitlicious
"Bang @iwanfals wajib bagi royalti terus ke Om Nanil lah!" Lha kalo Om Nanil ga bikin lagu2 lain di album2 baru Bang Iwan, apa urusannya? 😖
Alitt Susanto @shitlicious
Oiyah.. Lupa nyebutin. 😂👍🏻 Musisi skrg hidup dr Konser2. Royalti gak seberapa, lha album dibajakin mulu! twitter.com/torantula/stat…
toRa @torantula
@shitlicious kondisi industri musik ya gitu, jangan berharap pemasukan dari royalti. Kalau mau survive ya live, merchandise, endorsement.
Alitt Susanto @shitlicious
Lucu memang.. Beli album bajakan mulu, tapi ngaku iba sama musisi yang hidup susah.
🦅G•A•R•U•D•A A•I•A•C•O•S🦅 @luociesan
@torantula @shitlicious ketiadaan tangga lagu/chart penjualan aja udah bukti sahih kalo penjualan album udah ga bisa diharapin, pun royalti
Alitt Susanto @shitlicious
Musisi Indonesia nasibnya udah menyedihkan karena pembajakan. Jualan lagunya bukan ngandalin album lg. Tp RBT & Live Perform. Berat coy~
Wahyu Setiyaningrum @ningrum___
@shitlicious dulu jmn kita SMP SMA rela nabung demi buat beli kaset, anak sekarang? Tega loh nanyain link download gratisan ke musisi idola
Alitt Susanto @shitlicious
"Royalti? Hampir lupa sama yg namanya royalti. Yg nerima sebagian besar royalti album itu tukang bajak CD." - Musisi kita 😭
Alitt Susanto @shitlicious
Lha wong aku aja pernah dimintain orang tanda tangan di bajakan bukuku sendiri. Sebagian konsumen emg blm teredukasi soal menghargai karya.
Load Remaining (14)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.