Jangan Baper! 'Palu Arit' & PKI Adalah Bagian Kelam Sejarah, Tak Lagi Relevan | by @motulz @ulil

Saatnya bersikap terbuka :)
0
motulz @motulz

Pak Polisi waspada..!! Ternyata PKI pun sudah menyusup di McD..! #NemuDiFB pic.twitter.com/IWq84G9Rbq

11/05/2016 00:21:43 WIB
Expand pic
motulz @motulz

Para bapak2 itu sadar ga ya, kecemasan berlebihan atas simbol "palu-arit" ini cm bentuk insecure mrk saja. Anak skrg ga mudheng lho

11/05/2016 08:50:22 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Orang2 yg takut pada komunisme ini bener2 kurang piknik. Mereka ndak ngerti, komunisme sbg kekuatan politik sudah bangkrut. Kenapa takut?

11/05/2016 08:54:31 WIB
motulz @motulz

Anak skrg, generasi milenial, mrk bingung. Krn masa kelam era komunisme di negeri ini gak kebayang oleh mrk. Bacaan & informasi ga lengkap

11/05/2016 08:52:19 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Sejak runtunya Tembok Berlin pada 9/11/1989, blok komunis sudah kalah. Di seluruh dunia, eksperimen komunis sudah dianggap gagal.

11/05/2016 08:56:19 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Sebagai gagasan, komunisme mmg masih menarik bagi sebagian kalangan muda. Tetapi sebagai kekyatan politik, nyaris susah bangkit lagi.

11/05/2016 08:57:13 WIB
motulz @motulz

Jgnkan paham kelamnya masa komunisme wong saat kerusuhan 98 pun bnyk yg baru lahir. Maka ribut2 kecemasan paluarit cm konsumsi org2 tua aja

11/05/2016 08:54:24 WIB
Viani A @vianiagustins

@motulz iya, mas. Saya aja ga tau dan baru googling recently. Kan di kurikulum pelajaran juga udah ga boleh dibahas. Riweuh.

11/05/2016 09:00:31 WIB
motulz @motulz

Setuju utk tdk melupakan kelamnya masa PKI, tp bukan jd insecure dan parno yg liar. Tanggung jawabnya ada di: keterbukaan sejarahnya

11/05/2016 08:55:54 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Di Indonesia sendiri, sudah tak mungkin bangkit kekuatan politik komunis. Yg suka pasang ikon palu arit itu hanya "fashion" aja.

11/05/2016 08:58:22 WIB
motulz @motulz

Melarang simbol palu-arit ini terkesan gaya ortu kolot, jadul, dan orba. Anak skrg nyebutnya dengan baper. Ini semacam wong2 tuo yg baper

11/05/2016 08:57:25 WIB
🚹 @si_Mario

@motulz pake baju CCCP pun jdnya dianggap menyebarkan paham komunis 😑 pic.twitter.com/t4LefpxQcf

11/05/2016 09:05:16 WIB
Expand pic
motulz @motulz

Drpd wong2 tuo itu sibuk jagain simbol2 yg dianggap mengancam, lbh baik ksh pencerahan, pendidikan, dan pelajaran ttg pentingnya Pancasila

11/05/2016 08:59:12 WIB
wahyu aji julianto @si_wah

@motulz pernah ada anak sma yang bilang bahwa komunis itu sama kayak atheis.. jadi lebih ke paham agama.. karena referensi merka dikit bnget

11/05/2016 08:59:42 WIB
thomas bayu @mustbayoe

@motulz beberapa tahun yll ga pernah dibahas dan anteng, skrg dibahas jd pengen tau semua.

11/05/2016 08:54:45 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Bagi sebagian generasi muda, setiap ideologi revolusioner mmg menarik. Itu bisa HTI, ISIS, tp bisa juga ide2 komunisme. Biasalah, anak muda.

11/05/2016 08:59:21 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Simpati saya pada PKI bukan karena ideologi. Saya pengkritik ide2 komunisme. Simpati saya pada mereka krn alasan kemanusiaan.

11/05/2016 09:01:34 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Kita harus mengakui sbg bangsa bhw di masa lalu ada ratusan ribu orang dibunuh dan dipenjarakan tanpa pengadilan. Ini tragedi bangsa.

11/05/2016 09:02:34 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Kita ndak bisa move-on sbg bangsa kalau kita ndak mengungkap sejarah kelam di masa lampau dan mengakui. Kita harus berdamai di masa lampau.

11/05/2016 09:03:30 WIB
motulz @motulz

Repot pak, cuma krn parno sm simbol palu-arit. Gmn pas anak2 itu nonton film RockyIV? liat sejarah satelit Sputnik? atau sejarah Uni Sovyet?

11/05/2016 09:01:24 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Cara terbaik untuk berdamai dg masa lampai adalah dengan mengungkap dan mengakuinya serta meminta maaf. Ini pandangan saya ttg Tragedi 65.

11/05/2016 09:04:20 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Tragedi 65 dg segala rentetannya adalah salah satu tragedi kemanusiaan terbesar pada Abad ke-20. Dan itu terjadi di negeri kita.

11/05/2016 09:06:05 WIB
Ulil Abshar-Abdalla @ulil

Ini semua ngga ada kaitannya dg simpati pada PK I sbg kekuatan politik. Ini murni masalah kemanusiaan.

11/05/2016 09:05:01 WIB
motulz @motulz

Setiap bangsa pasti punya sejarah kelam masa lalu. Tantangan generasi berikutnya: sanggupkah menyikapi masa kelam secara bijak? Bukan baper

11/05/2016 09:06:36 WIB
Load Remaining (4)

Comment

No comments yet. Write yours!