Diskusi Menarik ttg Kalam, Sifat2 Allah, Paradoks Omnipoten & Sunnatullah | by @salmonju @RZIDN @hramad @sahaL_AS dkk |

Chirpified
0
Aryå @kono_id

Saya ambil keterangan soal ketuhanan (aqidah) ini dari kitab "Kifayatul 'Awam". Serius, butuh waktu lama buat saya untuk paham. #kalam

22/04/2016 16:58:30 WIB
Aryå @kono_id

Kalau kata temen ngaji sih, lumayan bisa memperkuat logika. Mengapa sih jadi penting dipelajari, alih-alih 'awang-awang' soal Tuhan? #kalam

22/04/2016 17:01:48 WIB
Aryå @kono_id

Sebab sebagai Muslim, di Rukun Islam pertama harus mengakui tidak ada tuhan selain Allah SWT. Lalu 'bagaimana' Allah itu? Kan begitu. #kalam

22/04/2016 17:08:28 WIB
Aryå @kono_id

Tidak mungkin kita hanya mengakui begitu saja, tanpa tahu siapa Allah SWT itu, bagaimana 'kedudukanNya', bagaimana 'membicarakanNya'. #kalam

22/04/2016 17:09:53 WIB
Aryå @kono_id

Syeikh Al-Fudhali menerangkan, setidaknya secara garis besar saja cukup untuk kita mengetahui siapa dan bagaimana Allah SWT itu. #kalam

22/04/2016 17:13:48 WIB
Aryå @kono_id

Beberapa 'ulama mewajibkan Muslim mengetahui hingga dalil tafsili (terperinci). Tetapi mayoritas mencukupkan ijmali (garis besar). #kalam

22/04/2016 17:15:26 WIB
Aryå @kono_id

Sedikit contoh dalil tafsili: "Kok bisa, Allah SWT itu ada, apa dasarnya?" Jawaban: "Adanya semua makhluq". #kalam

22/04/2016 17:18:03 WIB
Aryå @kono_id

Kalau hanya sampai di situ, itu hanya ijmali. Ketika pertanyaan dilanjutkan: "Keberadaan semua makhluq..." #kalam

22/04/2016 17:19:57 WIB
Aryå @kono_id

"..dijadikan dasar adanya Allah, itu dari segi 'sesuatu yang bisa ada bisa tidak', atau dari segi 'makhluk itu tadinya nggak ada'?" #kalam

22/04/2016 17:21:59 WIB
Aryå @kono_id

Kalo mampu menjawab sprti berikut ini, dia menjelaskan dengan dalil tafsili: "Bisa jadi makhluq termasuk sesuatu yang mungkin ada..." #kalam

22/04/2016 17:24:15 WIB
Aryå @kono_id

"..dan setiap sesuatu yang ada itu pasti ada yang menciptakan. Bisa jadi dari kedua segi tersebut: mungkin ada atau tidak, dan.." #kalam

22/04/2016 17:26:39 WIB
Aryå @kono_id

"..makhluq itu juga sesuatu yang baru ada karena tadinya tidak ada. Lha kalo baru ada, ya mesti ada yang menciptakan". #kalam

22/04/2016 17:28:15 WIB
Aryå @kono_id

Dulu baca begini, udah langsung minum air putih karena pusing dehidrasi xD xD xD #kalam

22/04/2016 17:29:38 WIB
Aryå @kono_id

Itu belum terlalu terperinci. Ketika nanti muncul pertanyaan-pertanyaan baru, hal itu akan semakin rinci dan menyambung. #kalam

22/04/2016 17:31:02 WIB
Aryå @kono_id

Seseorang yang sudah belajar dalil ijmali saja, dia sudah terlepas dari sifat taqlid yang hanya 'sekadar' tahu sifat-sifat Allah. #kalam

22/04/2016 17:33:00 WIB
Aryå @kono_id

Fungsi kita perlu lepas dari taqlid tentang ketuhanan ini, pada dasarnya untuk semakin menguatkan keimanan Muslim kepada Allah SWT. #kalam

22/04/2016 17:34:59 WIB
Aryå @kono_id

Bahkan, Ibnu Arabi dan As Sanusi berpendapat statusnya masih kafir jika masih taqlid, tak mampu menjelaskan dalil ijmali. #Kalam

22/04/2016 17:37:59 WIB
Aryå @kono_id

Belakangan, As Sanusi mencabut kembali pernyataannya, meskipun beliau tetap menyarankan tidak cukup hanya dengan taqlid. #kalam

22/04/2016 17:38:53 WIB
Aryå @kono_id

-Gw jadi ketar ketir waktu awal dulu hahahaha- Gak papa, gw juga masih terus belajar. #kalam

22/04/2016 17:40:43 WIB
Aryå @kono_id

Btw, intinya, nanti pembahasan sifat-sifat Allah SWT akan sangat bergantung pada tiga hal: WAJIB, MUSTAHIL, dan JAIZ. #kalam

22/04/2016 17:42:02 WIB
Aryå @kono_id

Gw terusin nanti habis shalat maghrib jelasin tiga hal itu aja dulu. #kalam

22/04/2016 17:43:17 WIB
Aryå @kono_id

Jadi soal Wajib: itu keadaan di mana akal kita itu nggak bisa menerima, kalau sifatnya itu malah nggak ada. Misal tanaman. #kalam

22/04/2016 18:18:48 WIB
Aryå @kono_id

Tanaman kalo mau tumbuh, wajib ada tempat/medianya. Kalo ada yang bilang tanpa tempat itu bisa tumbuh, ga bisa diterima akal. #kalam.

22/04/2016 18:22:28 WIB
Aryå @kono_id

Nah, Mustahil: Kalo sesuatu itu ada yang bilang 'ada', akal manusia nggak bisa membenarkannya. Tidak dapat diterima jika terjadi. #kalam

22/04/2016 18:29:03 WIB
Load Remaining (49)

Comment

No comments yet. Write yours!