0

Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan yang menginspirasi perempuan modern karena emansipasinya melalui tulisan-tulisan yang dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang.” R.A Kartini tidak pernah menulis buku tersebut. J.H. Abendanon yang menyusun buku itu. Buku itu sebenarnya merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H.Abendanon.

sr_dmnt @sr_dmnt
J.H Abendanon adalah sosok belanda yg akhirnya menerbitkan “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.
Orang Rembang @OrangRembang
Perlu diketahui Mr. J.H. Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda.
Digital Book Store @ChapterID
J.H.Abendanon adl Menteri Kebudayaan,Agama & Kerajinan Hindia Belanda.Membukukan surat2 Kartini thn 1911,menamainya Door Duisternis tot Lic.
Kim Jan-Cuk @we_wahyudieko
Si J.H Abendanon itu mentri kebudayaan Hindia Belanda, ia yang merekomendasikan Kartini sebagai "pahlawan" dan "aktivis perempuan"
UBM Biscuits @ubmbiscuits
Adalah J.H Abendanon, sosok yang berinisiatif mengumpulkan surat & tulisan Kartini yang dikirim pada teman-temannya di Eropa.
SDC Serpong @SDCSerpong
Buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang' merupakan kumpulan dari surat2 RA Kartini yg disusun oleh J.H Abendanon. #faktaasik
Jogjastreamers @jogjastreamers
Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yg pernah dikirimkan R.A Kartini pd teman-temannya di Eropa.
Khatulistiwamuda @khatulistiwamda
Buku itu disusun oleh J. H. Abendanon berdasarkan surat-surat R. A. Kartini kpd temannya (kalau tidak salah, temannya berasal dari Belanda)
Digital Book Store @ChapterID
R.A. Kartini tidak menamai buku tersebut Habis Gelap Terbitlah Terang, Ternyata yang menamai judul buku tersebut adalah J.H. Abendanon
algalgalga @rumputgajahmini
Oleh J.H Abendanon surat tersebut dibukukan dan diberi judul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya"
94,8 DJFM Surabaya @DJFMSURABAYA
Kumpulan surat yg dikirimkan RA Kartini kpd temannya akhirnya disusun menjadi buku oleh Mr. J.H. Abendanon pic.twitter.com/KQYDpJmAl6
Expand pic
#NyataTerdepan! @pandubudaya
Lebih dari 100 kumpulan surat yg ditulis Kartini, dibukukan oleh Mr. J.H Abendanon dlm bahasa Belanda. #HariKartini
KAMMI Soedirman @KAMMISoedirman
Buku ini diterbitkan semasa era Politik Etis oleh Menteri Pengajaran, Ibadah, dan Kerajinan Hindia Belanda Mr. J.H. Abendanon tahun 1911.
IMM FEB UMY @Immfebumy
Surat2 R.A Kartini kemudian dibukukan oleh J.H. Abendanon dg judul Door Duisternis Tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang #HariKartini
#NyataTerdepan! @pandubudaya
Tak jarang pula beliau menyampaikan gagasan pemikirannya melalui surat kepada sahabat penanya, Mr. J.H Abendanon. #HariKartini
Kim Jan-Cuk @we_wahyudieko
Jika sudah baca habis gelap terbitlah terang yeiy bakal menemukan J.H Abendanon dan istrinya yg juga adalah salah satu responden Kartini
Pemirsa Rep Sinetron @lmarikaca
Tanpa J.H. Abendanon tanpa Door Duisternis Tot Licht , tak ada habis gelap menuju terang, tidak ada Kartini,... fb.me/7dUK76dby
Gilang Pramudhita™ @pramgil
Takkan ada "Ibu Kita Kartini" kalo tak ada Estella Zeehandelaar sbg kawan penanya dan J.H. Abendanon yg menyusun Door Duisternis tot Licht.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.