Rayakan Hari Kartini, ini 5 Fakta Unik R.A. Kartini #FaktaKartini

Chirpified
1

Di Indonesia, tanggal 21 April merupakan hari yang sangat penting bagi wanita dan perempuan Indonesia. Sebab di hari itu wanita Indonesia memperingati Hari Kartini. Hari Kartini dianggap sebagai simbol perjuangan kaum wanita atas hak-haknya di bumi Indonesia. Perjuangan hak-hak wanita ini kemudian dikenal dengan istilah emansipasi wanita. Namun ada faktta-fakta unik tentang Kartini yang belum kita ketahui.

Nama Panggilan R.A Kartini

Nama asli Kartini adalah Raden Adjeng Kartini. Namun ia tidak suka dengan nama bangsawan yang disandangnya. Oleh sebab itu ia lebih suka dipanggil “Kartini” saja dibanding harus dipanggil Raden Ayu.

depoklik.com @depoklikcom

1.Nama panggilan R.A Kartini, Nama aslinya adalah Raden Adjeng Kartini, dipanggil oleh ayahnya dengan sebutan Raden Ayu (cont) #faktakartini

21/04/2015 13:31:43 WIB

Habis Gelap Terbitlah Terang

Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” dianggap merupakan karya fenomenal dari R.A Kartini. Namun, tahukah kalau sebenarnya R.A Kartini tidak pernah menulis buku tersebut. J.H. Abendannmenamai yang menyusun buku itu. Buku itu sebenarnya merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H.Abendanonmenamai.

Lee Cooper Indonesia @LeeCooperIndo

R.A Kartini tidak pernah menulis buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, buku itu disusun temannya,J.H. Abendannmenamai pic.twitter.com/KBCIEsZowM

21/04/2014 11:00:01 WIB
Expand pic
Yuk Cari Tau @YukCariTau

Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” disusun oleh J.H. Abendannmenamai dimana buku tsb merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada teman2nya

21/04/2013 12:01:22 WIB

Kumpulan surat Kartini mulanya tidak berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Kumpulan surat Kartini mulanya tidak berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Kumpulan surat itu mulanya berjudul “Dari Gelap Menuju Terang”. Barulah tahun 1922, seperti disebutkan situs Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta, Balai Pustaka menerbitkannya dalam Bahasa Melayu dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang"

MOR @MORStore

#DidYouKnow ParaMOR buku R.A Kartini yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" awalnya berjudul " Dari Gelap Menuju Terang"

07/04/2015 20:14:00 WIB
resti ananta indiani @IRestiananta

3. Dari Gelap Menuju Terang Buku R.A.Kartini “Habislah Gelap Terbitlah Terang” yg sgt terknal itu awalnya brjudul “Dari Gelap Mnuju Terang”.

21/04/2015 15:06:13 WIB

Nama Jalan di Belanda

Nama Kartini di beberapa jalan protokol di Negeri Belanda. Ada jalan dengan nama Kartini di Kota Armsterdam, Utrecth, Veerlo, dan Harleem.

Country Choice Juice @countrychoiceID

Nama RA Kartini diabadikan sbg nama empat jalan raya di Belanda: Kota Amsterdam, Utretch, Veerlo, & kota Harleem loh pic.twitter.com/4c10vn28m2

19/04/2016 19:30:22 WIB
Expand pic

Dipoligami oleh suaminya

Kartini diharuskan menikah oleh orang tuanya. Ia menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat, yang telah memiliki tiga istri. Keadaan ini menjadikan Kartini sebagai seorang perempuan yang dipoligami.

TaufanM @Taufan_Maulamin

R.A Kartini rela meninggalkan beasiswa pendidikankeluar negeri karena kepatuhan pd ayahnya yang memintanya dipoligami pic.twitter.com/2gIhxw7g8l

22/04/2014 11:52:35 WIB
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!