Agus Widjojo & Tragedi 1965: Rekonsiliasi, 'Letting Go of The Past' #Simposium65 | by @febrofirdaus @kontraS

Chirpified
HISTORY kontras 1965 rekonsiliasi masihingat ham simposium65
0
KONTRAS @KontraS
Tema SESI 2 adalah tentang konsep penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu. #MasihIngat
Ezki Suyanto @ezkisuyanto
Pembicara sesi ini yang TOP Agus Widjojo,korban asli yang bicara jujur apa adanya
ika @iikmnn
pembicara pertama adalag Agus Widjojo, ketua panitia pengarah #simposium65 sekaligus Gubernur Lemhanas--baru dilantik @PORTALKBR
KONTRAS @KontraS
Agus Widjojo: orang lain itu punya hak atas kebenaran yang berbeda | kebenaran yg berbeda maksudnya gimana sih nih om. #MasihIngat
Aksi Kamisan @AksiKamisan
Agus Widjojo itu anak jenderal yg dibunuh di 30 Sept. "bukan soal memaafkan/tidak, tp soal mengikhlaskan". #Ungkap65 pic.twitter.com/s7WnySFuS3
Yenni Kwok @yennikwok
Agus Widjojo, retired general and architect of #Simposium65, talks about reconciliation twitter.com/febrofirdaus/s…
Ezki Suyanto @ezkisuyanto
Agus Widjojo yang baru diangkat jadi gubernur Lemhanas ingin tragedi 1965 selesai,jangan menggantung lagi
KONTRAS @KontraS
AW: konsep rekonsiliasi ini adalah pemikiran dasar saya dlm mencari cara penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu. #MasihIngat
KONTRAS @KontraS
AW: saya tidak peduli thdp konsep rekonsiliasi antar individu. yg saya mksd dg rekonsiliasi adlh pada tataran kebangsaan. #MasihIngat
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: Ini bukan masalah pribadi saya dengan Ilham Aidit tapi rekonsiliasi lebih ke institusi. #Simposium65 Rekonsiliasi nasional
KONTRAS @KontraS
AW: kita harus mulai dg pengungkapan kebenaran. agr kita dapat semuanya. agr kita bs melihat mana pelaku mana korban. #MasihIngat
KONTRAS @KontraS
AW: dlm rekonsiliasi ada kok keadilan, walau bukan melalui keadilan restributif lewat pengadilan | gimana tuh pak caranya? #MasihIngat
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: Kalau korban mengalami kerugian, negara harus perhatian. Dan perlu memulihkan hak-hak korban #Simposium65
KONTRAS @KontraS
AW: rekonsiliasi lbh komplit. demi harkat martabat agr kita bisa berdamai dg masa lalu | berdamai dgn cara gimana pak? #Masihingat
KONTRAS @KontraS
AW: perlu kesediaan masing2 pihak dlm rekonsiliasi u/ meninggalkan batas2 mitos korban | loh kok korban dianggap mitos sih? #MasihIngat
KONTRAS @KontraS
AW: kl kita msh berkutat utk menuntut keadilan, reparasi dll, kita terpeleset dlm penyelesaian pengadilan/pro justitia. ngga ketemu. | #eh?
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: Itu tadi ilmu sekarang saya mau bicara dari hati. Rekonsiliasi itu dilema politik seperti AS dan Rusia yang mau membongkar nuklir
KONTRAS @KontraS
AW: sy ingin tau siapa yg bunuh ayah sy, tp saya tdk ingin berkutat dg beban masa lalu. | agar tdk jd beban, maka hrs diungkap! #MasihIngat
KONTRAS @KontraS
AW: tantangan rekonsiliasi adlh ttg letting go. putuskan hubungan dg masa lalu | sm mantan pacar aja kita susah letting go, pak #MasihIngat
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: Rekonsiliasi harus berdamai dengan diri sendiri. Bagi yang blm berdamai dengan diri sendiri jgn coba masuk ke rekonsiliasi nasional.
KONTRAS @KontraS
Ditahan sewenang2, disiksa, dihilangkan, dibunuh, dll kok pak AW malah nyuruh letting go? :( #MasihIngat
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: Kita #Simposium65 praktis ditentang dari korban, kelompok intoleran. Siapa yg mendukung kita?
Febriana Firdaus @febrofirdaus
AW: #Simposium65 ini adalah eksperime agar kita bisa memahami latar belakang tragedi 65 dan merumuskan kaidah rekonsiliasi.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.