TOPI SANTA, NATAL DAN HADIST TASYABBUH dari Gus @sahal_AS

Chirpified
1
akhmad sahal @sahaL_AS

Berhubung banyak komen thd twitku ttg TOPI SANTA kemaren, bentar lagi saya mau kultwit ttg "Topi Santa, Natal dan Tasyabbuh (Penyerupaan)."

15/12/2015 20:47:58 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(1) Beriku adlh kultwitku ttg "TOPI SANTA, NATAL, DAN HADITS TASYABBUH (PENYERUPAAN)."

15/12/2015 21:21:18 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(2) Sejumlah muslim haramkan topi santa krn dianggap sbg atribut ciri khas Kristen saat natal. Memakainya = tasyabbuh yg dilarang Nabi.

15/12/2015 21:26:45 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(3) Dalilnya hadits yg sangat populer: man tasyabbaha bi qaumin fahuwa minhum, Sesiapa menyerupai suatu kaum, ia bagian dari mrk.

15/12/2015 21:28:10 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(4) Hadits itu memang ada. Tp tepatkah penggunaannya sbg dalil pengharaman topi santa?Sblm masuk ke situ, saya mau bikin analogi dulu.

15/12/2015 21:32:04 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(5) Analoginya: libur hari minggu. Minggu mnrt Kristen adlh "Hari Tuhan. Libur minggu tadinya memperingati "Hari Kebangkitan Yesus"

15/12/2015 21:35:14 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(6) Dgn begitu, libur hari minggu mrpkn ciri khas Kristen. Persoalannya, ratusan juta muslim saat ini kalo minggu libur. Bgmn hukumnya?

15/12/2015 21:37:03 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(7) Kalo hadits tasyabbuh dipahami secara leterlek (harfiah yg kaku), libur hari minggu itu haram bagi muslim krn menyerupai Kristen.

15/12/2015 21:39:54 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(8) Tapi pemahaman leterlek seperti itu sempit dan picik, krn gagal memahami pesan hadits tsb, dan abai thd sejarah dan konteks sosialnya.

15/12/2015 21:41:43 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(9) Saat ini, Muslim yg libur hari minggu ya libur aja, gak mengait2kan dgn asal usul hari minggu yg Kristiani banget.

15/12/2015 21:44:12 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(10) Secara permukaan, libur minggu itu menyerupai Kristen. Tp Muslim yg ibur minggu gak lantas bisa disebut "tasyabbuh". Kenapa?

15/12/2015 21:46:41 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(11) Muslim yg libur minggu sama sekali gak bertujuan merayakan "Hari Kebangkitan Kristus", tp ya liburan aja. Kata kunci: MOTIF/ MAKSUD.

15/12/2015 21:48:23 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(12) Libur minggu saat ini sudah terlepas dari muatan Kristiani yg jadi asal usulnya. Kalo Muslim libur hari minggu ya motifnya istirahat.

15/12/2015 21:49:23 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(13) Krn motifnya istirahat/ liburan, Muslim yg libur minggu, meski pd permukaaannya ber-tasyabbuh, sejatinya BUKAN tasyabbuh thd Kristen.

15/12/2015 21:52:13 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(14) Beda kalo ada orang Islam yg libur minggu utk memperingati Kebangkitan Kristus. Itu baru tasyabbuh yg haram. (Apa ada muslim gitu?:)

15/12/2015 21:55:23 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(15) Dlm soal tasyabbuh, faktor kunci yg perlu dilihat adlh motif/ maksud. Bahkan bukan hanya dlm soal tasyabbuh, tp juga tindakan lain.

15/12/2015 21:58:02 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

16) Dlm hukum Islam, ada kaidah: Al umuru bi maqashidiha (Hukum segala sesuatu itu berdasar maksud dan tujuannya).

15/12/2015 21:59:41 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

17) Soal hukum tasyabbuh ini sebenarnya udah lama diputuskan oleh Ulama2 Indonesia. Misalnya pd Muktamar NU sblm era kemerdekaan.

15/12/2015 22:02:54 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

18) Tadinya pake jelana panjang diharamkan krn menyerupai penjajah Belanda yg kafir. Tp lama2 dibolehkan, gak lagi dianggap tasyabbuh.

15/12/2015 22:05:20 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

19) Perubahan? perebedaan hukum tsb terjadi, karena berubahnya motif pemakainya. Skrg Pake celana panjang ya pake celana aja.

15/12/2015 22:06:46 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

20) Nah bgmn dgn kasus topi santa? Agar pemakaian hadits tasyabbuh tak picik dan sempit, pelajari sejarah n konteks sosial topi santa.

15/12/2015 22:09:02 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

21) Pertama, Topi santa itu tak terkait sama sekali dgn aqidah Kristen, tp produk sejarah masy Kristen tertentu aja.

15/12/2015 22:10:28 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

22) Topi santa saat ini tak lebih dari asesori komodifikasi kapitalisme. Munculnya hanya saat natal, krn itu stratgei dagang kaum kapitalis.

15/12/2015 22:12:15 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

23) Ttg topi santa dan sejarahnya, simak tulisan cakep Mas @gm_gm >> SANTA tempo.co/read/caping/20…

15/12/2015 22:13:38 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

24. Saya juga pernah nulis artikel ttg NATAL DAN HADITS TASYABBUH >> tempo.co/read/kolom/201…

15/12/2015 22:14:59 WIB
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!