Jawaban untuk "Kenapa Tikus Tidak Mati Kesetrum Saat Menggigit Kabel Listrik"

Chirpified
General knowledge tikus listrik
♚echanescene♚ @echa_vankempen
Entah tikus macam apa yg di ciptakan Tuhan, tikusnya makan kabel AC.. Kok ya nggak kesetrum ini tikus… [pic] — path.com/p/3GqVLD
URL path.com photo
🇮 🇲 🇦 🇲 @imamrz_
Di google gak ada web yg ngebahas kenapa tikus gak bisa kesetrum pas gigit kabel -.- Adanya burung :3 pic.twitter.com/cttgu1VygT
Expand pic

Ada beberapa penjelasan yang bisa dipakai soal hal ini

1. Prinsip yang berlaku pada "kenapa burung yang hinggap di kabel listrik tidak tersetrum" juga berlaku pada tikus (dan juga pada manusia). Jika tikus (atau bahkan manusia) menyentuh/menggigit kabel bertegangan dan di saat yang sama berdiri di atasnya, tidak akan terjadi hantaran arus. Untuk menyebabkan hantaran arus (yang jadi sumber kejadian "kesetrum"), perlu adanya beda tegangan antara dua titik. Jika kita memegang kabel sambil berdiri di atas lantai, kabel memiliki tegangan tinggi, sedangkan lantai/bumi/ground memiliki tegangan 0, sehingga listrik mengalir dari kabel ke ground melalui kita. Akibatnya kita akan tersetrum.

URL Answers.com Why does rats or mouse do not experience electric shock on high tension wire An animal such as a bird or rodent sitting on a "high tension wire" (electrical line) will not be shocked because it is not connected to a lower.

Artikel di bawah menyebutkan alasan yang agak "emh"

2. Sebenarnya tikus itu tersetrum juga, tapi dia buru-buru kabur saat tersengat listrik sehingga tidak sampai fatal akibatnya.

3. Tikus itu kemungkinan menggigit bagian kabel yang tidak bertegangan listrik. Kabel menghantarkan listrik yang arusnya bersifat bolak-balik, salah satunya tidak bertegangan (ini sebabnya arus listrik dari stop kontak itu disebut arus AC, sedangkan yang sudah masuk ke alat elektronik disebut DC). Kemungkinan, bagian kabel yang digigit si tikut yang tak beraliran.

URL liputan6.com Mengapa Tikus Tidak Tersetrum Saat Menggigit Kabel Listrik? Beberapa teori ini mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Comment

Login and hide ads.
Login and hide ads.