13/12/2015 22:27:27 WIB

Ini Malah yang terjadi pada Rem Mobil anda

dapatkan informasi tentang Rem berkualitas dan terbaik Indonesia http://www.bolanews.web.id/spare-part-mobil-rem-cakram.php
REM brake car
AndiRofiek 954 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
  • Piranti ini sangatlah penting sekali, ibarat kata pepatah sedia payung sebelum hujan, jangan sampai menyesal kemudian.
    Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan patokan menurunnya kemampuan rem cakram dan rem tromol berkualitas.
    Coba perhatikan sambil mengemudi.
    Berikut adalah beberapa gejala kerusakan pada rem mobil :

    1. Getar
      Pada saat diinjak terasa getaran pada pedal rem dan makin parah ketika ditekan pada kecepatan tinggi. Hati-hati! Hal ini disebabkanoleh permukaan

    Discbrake atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi.Cara mengatasinya adalah dengan mencoba bubut cakram atau tromol.Biasanya pembubutan dilakukan mulai dari ketebalan 0.5-1.5mm yang dianggap aman. Biaya bubutnya pun bervariasi antara Rp 100-300 ribu.Akan tetapi kalau kondisinya memang sudah parah atau goresan pada permukaannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya, lebih baik kita mengeluarkan uang ratusan ribu dari pada nyawa kita terancam akibat rem tidak berfungsi.

    1. Mengganjal
      Maksudnya adalah injakan terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Pada umumnya mobil modern sudah menggunakan Booster untuk memperingan injakan pedal. Kalau berat berarti permasalahan ada di bagian Booster. Umumnya karena karet membran booster sudah rusak.

    2. Tidak Pakem
      Gejalanya terkadang mobil anda ketika direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah berkurang(Atasi dengan mengganti kampas rem dengan yang baru segera supaya piringan atau teromol tidak terkikis) atau piston rem yang sudah macet(selidiki setiap roda dan bagian mana saja yang sudah apkir).

    3. Lari Kiri Atau Kanan
      Hal ini disebabkan karena piston rem salah satu roda macet. Bukan karena salah menyetel rem. Mirip seperti Nomor 3 tetapi hanya terjadi pada salah satu sisi. Misalnya Piston rem depan kiri macet. Saat pedal diinjak maka rem kanan yang lebih kuat mencengkeram. Otomatis mobil akan membuang ke kanan.

    4. Rem Dalam
      Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah tipis.Kemungkinan juga terjadi gejala nomor 2. Wajar saja karena gap atau antara kampas dan permukaan piringan atau teromol bertambah, pasti perlu jarak lebih untuk menginjak pedal rem. Lalu kalau sudah ganti kampas masih dalam juga gimana? Ya..itu hanya tinggal setelannya sajayang perlu di lakukan, mungkin ketinggian.

    5. Rem Dikocok/Dipompa.
      Kemungkinan ada yang bocor sehingga minyak rem berkurang dan kemasukan angin. Coba cek kebocoran mulai dari master atas,selang sampai master bawah atau kaliper rem. Rembesannya pasti kelihatan. Segeralah Anda perbaiki melalui langkah Bleeding untuk mengeluarkan angin palsu.

    6. Pedal Ngelos atau Nyeplos.
      Cek juga kebocoran Minyak rem jika habis, berarti rem invalid. Kadang juga tidak ada kebocoran, kalau begitu master atas sudah menggentong. Maksudnya, meski karet dan piston masih bagus, silinder sudah termakan sehingga membentuk celah buat minyak rem untuk menerobos keluar. Segera ganti master silindernya,masalh pasti teratasi. Jersey jerman 2016
  • Dari semua bagian sistem keselamatan pada mobil, rem tentunnya merupakan salah satu komponen yang paling penting.

    Rem juga relatif mudah dirawat. Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis yang tinggi guna menentukan apakah rem masih baik atau mengalami masalah.

    Walaupun demikian, apa bila kerusakan atau masalah yang terjadi cukup rumit, ada baiknya Anda membawanya ke bengkel sehingga ditangani oleh mekanik yang kompeten.
    Komponen rem biasanya memiliki daya tahan lama. Walau demikian tetap saja, seiring dengan waktu, performa rem tentu menjadi semakin menurun. Gunakan selalu spare part yang berkualitas MK Kashiyama merek spare part mobil untuk rem cakram, rem tromol dan kampas rem berkualitas terbaik di Indonesia

    Berikut adalah 4 tanda rem yang mengalami masalah:
    Indikasi paling jelas ialah keluarnya bunyi mendecit setiap kali Anda menginjak rem. Hal ini disebabkan oleh logam antar komponen rem saling bergesekan karena sepatu (kanvas) rem yang sudah aus.
    Roda kemudi yang bergetar dapat menjadi tanda terjadinya masalah pada rotor rem. Rotor mungkin saja mengalami masalah serta terabaikan begitu saja. Tergantung masalahnya, tapi mengganti rotor lebih umum ketimbang memperbaikinya.
    Jarak pengereman yang meningkat. Ini terjadi disaat mobil tidak langsung berhenti ketika pedal diinjak. Kondisi ini tentu amat berbahaya. Apa bila Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, membawa mobil ke bengkel dapat menjadi pilihan bijak.
    Roda yang berasap juga bisa menjadi indikator masalah pada rem. Jangan tunda untuk mengetahui penyebab pastinya.
    Rem menjadi bagian penting dalam melindungi keselamatan Anda. Memastikan rem selalu dalam kondisi prima tentu sepadan dengan manfaatnya.

    Mobil modern biasanya memiliki sistem pengereman yang kompleks sehingga memerlukan orang yang berkualifikasi untuk memperbaikinya.

Comment

All Categories