Dalam peta kuliner di Indonesia, kebudayaan Sunda memiliki kekhasan kulinernya yang diakui oleh orang-orang Sunda merupakan bagian dari jati-dirinya.

Masyakarat di luar Sunda pun sudah lazim mengidentikkan bahkan berguyon ketika menghubungkan orang-orang Sunda dengan identitas kulinernya.

Jika dibandingkan dengan kuliner etnik lainnya seperti Jawa dan Minang yang sejak masa abad ke-19 lebih tersohor dalam awal perkembangan ilmu gastronomi di Hindia Belanda, maka dapat dikatakan, kuliner Sunda tidaklah begitu populer.

Berikut fakta-fakta sejarah seputar budaya lalapan dalam kuliner Sunda yang selama ini belum banyak diketahui jejalin pembentukannya.

  1. Belum memadainya padang rumput dan belum mantapnya tradisi gembala hingga abad ke-15. Hal ini menyebabkan sumber daya daging tidaklah sebanding dengan masifnya jumlah ikan dan sayuran

  2. Terlalu tingginya konsentrasi pemerintah pada komoditas kopi dan teh boleh dibilang adalah penyebab paling utama terpinggirkannya pengembangan makanan di Jawa Barat, terutama sumber hewani.

  3. Dorongan untuk menumbuhkan konsumsi protein hewani nyatanya terbentur dengan kondisi masa-masa sulit (Malaise dan jelang perang/kedatangan Jepang) sepanjang kurun 1930-an hingga masuk tahun 1940.

  4. Prinsip yang dipakai pada masa-masa sulit sebagaimana ditekankan dalam sebuah buku pedoman rumah tangga pada masa perang dengan Belanda adalah: ”makanan yang moerah tetapi baik”. Ini menunjukkan betapa digalakkannya panganan nabati saat itu.

Lihat betapa kecilnya jumlah ternak hewani di Jawa Barat dibanding dengan Jawa bagian lainnya.

Kalau kata orang sunda, makan lalapan itu udah wajib hukumnya!

Citra Ayuning Tyas @Chocola134
Kalo org umumnya gak bisa hidup tanpa oksigen, org sunda gak bisa hidup tanpa lalapan. Udah dari sonoh nya :3
Andri N Nugraha @andri2099
Kalau kami orang Sunda makan lalapan dianggap kampungan. Kalau orang asing yang menerapkan raw food diet dianggap keren. Padahal eta2 keneh.
Memust @meti_mustika
Aku orang sunda dan suka makan lalapan, tapi please jangan bilang "kasih sambel, lepas dikebon" emangnya embe.
Komunitas Tebar @TebarPuisi
@17Kusam: Sepiring nasi berteman ikan asin, sambal pun lalapan, ya hanya itu. Hidangan sederhana kas makanan sunda
gina mega dini @gina_mega
Betul sieee ngasih mkn orng sunda itu gampang bgt..pake daun aja udh bisa mkn (lalapan)... Eits jng… [pic] — path.com/p/3eSWqv
Ndut! @Gagalsikspek
Rumput aja jd lalapan. "@AndaTahu: Tahukah Anda kuliner orang Sunda (jawa barat) sebanyak 65 persen-nya berbahan tumbuh-tumbuhan. [NatGeo]"
retno dewati @retnokrueger
Lunch:ayam+nila goreng,sayur asam,tahu tempe goreng,lalapan,sambal,sunda pisan
Pvtra is typing... @FIXputra
orang sunda ga suka lalapan perlu dipertanyakan kesundaannya...
ati suci ruhiati @atisuci
Da kita mah urang sunda. Senengnya lalapan 😹😹😹 (with keluargabesar at Rumah Makan Warung Jeruk) [pic] — path.com/p/4kHvIO
gita januayu permana @gitajanu
Makan nasi + nuggets + lalapan 😬 👈anaknya sunda banget 😛
Aaaaan @aan_892
Beginilah orang sunda, makannya lalapan jeung sambel ajah hehehehe #Family #Time @ Saung Ngapung di… instagram.com/p/6sA8e5nTyl/
Expand pic
Tommy Dwi Sunarto @tommydwisunar
Sunda mah begini, selalu ada lalapan terong, timun, jengkol dan sambel cobek (at Lemahabang) [pic] — path.com/p/48J8Oz
sella Alfanadhia @sellanadhia
Biasa org sunda pasti harus ada lalapan sma sambell 😚😄😄
JN @modjjo
aku mah orang sunda, makan paracetamol aja harus pake lalapan.
Nh Maysuri Gandhi @_maysuri
😍 @vita_kent: @_maysuri @merancia @arieparikesit Lalapan sunda aja enak. Gimana nikah sama jejaka sunda? *lalapan cuy"
BAPERFLY @marchel_beatbox
Jadi orang sunda itu enak hidup cuma makan nasi, lalapan, dan sambal terasi aja udah nikmatttt

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.