savic ali @savicali
Selamat pagi... Dmn bs dapet #mendoan yg ternyata diprivatisasi? 😀

Hak merek tempe mendoan kini dimiliki oleh perorangan, seorang pengusaha air minum mineral asal Banyumas, Fudji Wong.

Alvin Lie ✈⚽ @alvinlie21
Bgmn public domain bisa dijadikan Hak Eksklusif? Fudji Wong, Pemilik Hak Eksklusif Tempe 'Mendoan' @detikcom news.detik.com/berita/3062006…
Anton DH Nugrahanto @Anton_djakarta
Nganggep remeh mendoan sih, diambil deh hak modalnya... fb.me/wvG3PCNN
Kancyl.com @KancylOfficial
Ketika 'Mendoan' Diprivatisasi Fudji Wong, Apa Tanggapan Pemerintah? aktwall.com/post/35754/ket… pic.twitter.com/JsFGR6h2B6
Expand pic
savic ali @savicali
Mematenkan #mendoan itu kayak mengklaim tanah desa. Ya gak @Bekahapsara? #savemendoan

“Dulu saya patenkan usaha saya, ada air minum ada salon dan lain-lain. Saya terpikir juga, mendoan ini sudah ada yang daftarin belum? Nah, ternyata belum. Makanya saya daftarkan, maksud tujuan dan motivasi saya adalah supaya merek ini tidak keluar dari masyarakat Banyumas,”

URL detiknews Begini Tampang Fudji Wong, Pemilik Hak Eksklusif Tempe 'Mendoan' Fudji Wong mengantongi hak eksklusif merek 'Mendoan', tempe khas Banyumas, Jawa Tengah. Ia bukanlah pengusaha di bidang tempe.

Wong memegang sertifikat IDM000237714 yang terdaftar pada 23 Februari 2010 dan berlaku hingga 15 Mei 2018.

Selama proses pengajuan hak merk itu, tak ada komunikasi antara dirinya dengan Pemkab Banyumas.

URL detiknews Kisah Fudji Wong Mengantongi Hak Eksklusif 'Mendoan' "Saya atas nama Pemkab Banyumas akan protes ke Kemenkum HAM," kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

Di tahun 2012, pernah terjadi kontroversi serupa dengan adanya kasus hak merek "KopiTiam" yang akhirnya juga dimenangkan oleh perorangan. Sejak memiliki hak merek itu, Abdul Alex Soelystio gencar melayangkan gugatan ke pengadilan pada orang-orang yang berdagang produk kopi tiam. Kontroversi kala itu, kata kopi tiam dianggap sebagai kosa kata Melayu yang umum, tetapi hak merek dberikan pada perorangan. Yang lainnya, sebetulnya yang dipatenkan mereknya adalah "Kok Tong Kopitiam", bukan kata "Kopi Tiam" secara terpisah, tetapi pada kenyataannya pengusaha-pengusaha kopi tiam lainnya meskipun tidak menggunakan kata "Kok Tong" juga tetap dianggap melakukan pelanggaran hak merek.

URL detiknews Antara 'Kopitiam' dan Cerita Fudji Wong Memprivatisasi 'Mendoan' Apapun yang terjadi, intinya kedua kata umum itu dilindungi undang-undang UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek.

Kata Bupati, "(Saya) Secara persuasif akan menemui orang yang mematenkan (merek mendoan-red) supaya ikhlas sadar untuk menggantinya,"

URL detiknews Pemerintah Banyumas Protes Hak Eksklusif 'Mendoan' Dikantongi Fudji Wong Sebelumnya, Wong mengakui siap mencabut hak ekslusif 'mendoan' jika masyarakat meminta.
URL detiknews Tolak Privatisasi Mendoan, Bupati Banyumas Gelar Lomba Masak Warga Warga Banyumas dibuat terhenyak saat mengetahui yang memiliki hak eksklusif merek 'mendoan' adalah perorangan yaitu Fudji Wong.

Meski memiliki hak merek, Fudji Wong mengaku tak berniat menuntut orang yang menggunakan kata "Mendoan" sebagai merk dagang mereka. Dia sendiri malahan tak pernah membuat produk mendoan meskipun memiliki hak merek atas kata tersebut.
Dia juga menegaskan beda antara merek dan hak cipta, "...Kalau merek itu boleh, sah-sah saja dimiiki oleh perorangan, merek bukan hak cipta. ... Tetapi kalau contohnya saya mematenkan hak cipta mendoan itu atas nama saya, begitu divalidasi dan ketahuan bukan saya yang bikin, bisa muncul gugatan,”

URL Purwokerto Kita Fudji Wong: Kalau Yang Patenkan Merek (Mendoan) Ini Orang Malaysia…? Purwokertokita.com – Menyebut kata tempe mendoan, setidaknya dalam beberapa hari ke depan akan menjadi bahasan menarik. Sebab, pemberitaan media massa mengenai kuliner khas banyumasan ini men…
Diary Delima @DiaryDelima
Pengusaha air minum itu siap bertemu Bupati Banyumas membahas masalah merek 'mendoan' yang dimilikinya. bit.ly/1kussZ2

Fudji Wong menegaskan niat baiknya di balik kepemilikan merek "Mendoan" ini. Dia juga mengungkapkan keheranan, karena sejak ia mendaftarkan merek itu sejak tahun 2008, baru kali ini dibuat heboh dengan peliputan.

URL detiknews Fudji Wong, Pemilik Hak Eksklusif 'Mendoan' Siap Bertemu Bupati Banyumas Pengusaha air minum itu siap bertemu Bupati Banyumas membahas masalah merek 'mendoan' yang dimilikinya.
Jiwa Raga NKRI #antiPKI @harrisariadie
@detikcom ini yg buat keputusan hrs diperiksa, s.o.p nya gmn kok main sah kan saja.
Amin Hidayat @AminHidayat666
@detikcom ga terima ane sebagai warga banyumas... enak aja tuh orang main mematenkan merk
Anton DH Nugrahanto @Anton_djakarta
Wah bisa dipisuhi sama orang Banyumas nih, Kencoooot fb.me/7xM2acXU0
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.