Rekahan ini terjadi di Bighorn Mountain, Wyoming, Amerika Serikat. Ukurannya sangat besar, hampir 7 kali lipat lapangan sepakbola.

Rangifertarandus @ran9ifer
nemu ginian di FB. seru juga pic.twitter.com/ItU9s96Zif
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rangifertarandus @ran9ifer
kesimpulan sementara, bukan seismik, tapi pengaruh akuifer. hail the universe! pic.twitter.com/Q58UbWAovc
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Rekahan ini dikatakan mulai terlihat di awal Oktober, lalu sekitar akhir Oktober lalu tiba-tiba ukurannya sudah sebesar ini. Fenomena ini terjadi di dalam area berburu yang dimiliki privat, sehingga penyelidikan oleh akademisi/pemerintah akan memerlukan ijin dari pemilik properti. Penjelasan yang didapat sejauh ini adalah terjadinya lubrikasi dari dalam kerak bumi oleh sumber air tanah dalam. Air ini mengakibatkan pergerakan tanah dan mengakibatkan rekahan. Tidak ada rekaman kejadian gempa di lokasi kejadian, jadi kesimpulan sementara tidak mengarah pada aktivitas seismik.

Alih-alih seismik, fenomena ini lebih mengarah pada ground deformation. Ada yang melemparkan hipotesis bahwa ini terkait dengan aktivitas vulkanis di bawah kerak bumi, akibat aktivitas kaldera di Yellowstone Volcano. Tetapi menurut tim geologi USGS (United States Geological Survey), lokasi Yellowstone relatif jauh dari lokasi. Pada intinya, hipotesis yang berkembang juga meruntuhkan dugaan bahwa aktivitas seismik lah yang berperan di lokasi terjadinya rekahan.

9NEWS Denver @9NEWS
No one saw it happen, but a crack 50' wide and 6 football fields long has opened in Wyoming on9news.tv/1NeuUi0 pic.twitter.com/i0SZSeQcfd
Expand pic
HuffPost @HuffPost
A large 'crack in the Earth' has opened up in Wyoming huff.to/1ObIeF7 pic.twitter.com/970VwdNQuC
Expand pic
KTVQ - Q2 News @KTVQ
Giant "crack" appears in the earth near Wyoming's Bighorn Mountains: bit.ly/1MXmerL?utm_me… pic.twitter.com/gVZVsnH79L
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.