Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

#Aristoteles

Chirpified
1
zeinpermana @ideasynthesizer

debat ttg kuantitatif sama kualitatif ini sebenernya cuma konsekuensi dari perdebatan yg lebih dalem lg. rasionalisme vs empiricisme

21/10/2012 18:32:17 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

bahkan sebelum debat empiricisme sama rasionalisme, #aristoteles aja ngedebat dunia ide ala #plato, gurunya.. nah mari kita mulai

21/10/2012 18:32:53 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

oh iya ada yg lupa dibahas waktu dulu, nama asli plato tuh aristocles, cm karena badanya gede aja jd dipanggil dn terkenalnya jd plato

21/10/2012 18:35:19 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

Aristoteles (384-322 BC) Ayahnya merupakan seorang dokter dari Raja Amyntas II macedon. bisa dibilang aristoteles besar di keluarga kaya

21/10/2012 18:38:39 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dan konon, "gosip"nya ibunya dari aristoteles ini juga seorang perawat, jd mgkn ini brpengaruh sama pemikirannya nanti

21/10/2012 18:40:10 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

aristoteles jd muridnya plato sejak umur 17 tahun, dn pd saat itu plato berumur 60.. konon aristoteles ini murid plg cerdas diantara yg lain

21/10/2012 18:42:01 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

Hergerhahn pernah bilang klo aristoteles itu "one of Plato’s most brilliant students; he was 17 years old at the time, and Plato was 60"

21/10/2012 18:42:51 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

Setelah Plato meninggal, aristoteles pergi ke Asia Minor, diminta menjadi tutor Alexander agung.. admin lupa asia minor ini dimana, hehe

21/10/2012 18:45:39 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

ibaratnya, aristoteles itu jd guru privatnya alexander agung pada waktu itu

21/10/2012 18:46:03 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

trus abis itu, aristoteles berkelana kesana kemari, buat meng-observasi lingkungan, melihat banyak benda..

21/10/2012 18:47:37 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

jadi kegemaran utama aristoteles ini adalah melihat banyak benda, dan nge-kategorisasiin ini tuh benda apa ya, tergolong apa ya.. ky gitu

21/10/2012 18:48:12 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dan setelah puas berkelana (karena nemu 10 kategorisasi) dia pulang ke athena

21/10/2012 18:49:44 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dia pulang,karena menurut dia ngga ada benda2 baru lagi. semua udh ada kategorisasinya.

21/10/2012 18:50:05 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dia malah nantang, coba sebut satu nama benda/apapun. saya akan bisa mengkategorisasikan hal itu kedalam 10 kategorisasi yg saya buat

21/10/2012 18:50:40 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

ibaratnya aristoteles ud nemu folder utk nyimpen/mngkategorisasi semua hal yang ada di dunia ini.

21/10/2012 18:51:10 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

aristoteles ini pulang ke athena dan bikin sekolah juga namanya Lycheum

21/10/2012 18:53:05 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

krn lyceum ini gurunya banyak, muridnya banyak, dan ada kurikulum bagus, konon ini jadi universitas prtama di dunia, atau cikal bakalnya lah

21/10/2012 18:53:44 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

nah pemikirannya gimana? yang jelas aristoteles pertama2 mengkritik pemikirannya plato

21/10/2012 18:55:24 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

kalo buat plato yg penting itu dunia ide, menurut aristoteles yg penting itu justru dunia indera, krna pngetahuan dr ide itu dtg dr indera

21/10/2012 18:56:02 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

kalo mnggu lalu plato blg setiap hal didunia ini ada cetakannya dlm otak, aristoteles blg justru manusia yg bikin cetakannya lwt pengalaman

21/10/2012 18:56:47 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

mungkin perang rasionalisme (dunia ide) ama empiricisme (pengalaman/indera) mulainya dari sini kali ya?

21/10/2012 18:57:23 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

For Plato, first principles were arrived at by pure thought; for Aristotle, they were attained by examining nature directly

21/10/2012 18:58:38 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

For Plato, all knowledge existed independently of nature; for Aristotle, nature and knowledge were inseparable.

21/10/2012 18:58:52 WIB
Faradila Azka @faradilazka

@infopsikologi makanya di lukisan Raphael, Plato nunjuk ke atas (simbolisasi ide), Aristoteles nunjuk ke bumi (simbol dunia indera; fana)

21/10/2012 18:59:58 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

@iramanadi bukan, klo kata aristoteles pengalaman justru "membentuk" cetakan yg ada di otak

21/10/2012 19:03:28 WIB
Load Remaining (21)

Comment

No comments yet. Write yours!