Rudi Valinka @kurawa
kita mulai bahas JICT lagi yah karena banyak yg minta sisi keuangannya dulu yo wis kita hajar dari sini... simak yah ada pengaburan data
Rudi Valinka @kurawa
Kalo menurut SPJICT perjanjian perpanjangan merugikan negara πŸ˜€.. kmrn gue sudah bahas mereka ambil data mimpi kalo JICT bisa ulangi sejarah
Rudi Valinka @kurawa
Gue simulasi lagi pake peta kemaren yah biar kalian yang awam tau siapa yang gelapin fakta ☺
Rudi Valinka @kurawa
kontrak JICT oleh Huthcison tahap 11999-2019 lokasinya ada di gambar warna biru (JICT) & dermaga didpn tulisan IPC pic.twitter.com/I379yywYwK
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
namanya kalo orang pelabuhan bilang UTC 1 itu yang ada tulisan JICT sementara yang depan IPC (biru juga) UTC 2 pic.twitter.com/9YWEN1dDWj
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
Nilai kontrak thn 1999 untuk 2 dermaga tersebut US$ 215 juta + in kind fee US$ 28 juta jadi total uang yg diterima pelindo US$ 243 juta
Rudi Valinka @kurawa
Sebelum lanjut gue kasih tau dulu ada pengaburan fakta oleh mereka selama ini kalo 2 terminal ini kagak pernah disebut2 πŸ˜‚ (kite dibegoin)
Rudi Valinka @kurawa
Pada saat itu Hutchison masuk ke Indonesia karena melihat potensi ekspor impor besar.. dia bisa jadi pemain mayoritas makanya mrk invest
Rudi Valinka @kurawa
Tahun 2014 saat pelindo 2 melakukan negosiasi perpanjangan ijin operasi kpd Hutchison hasilnya begini neh ..eng ing eng (njrit kaya 3 macan)
Rudi Valinka @kurawa
Nilai uang muka sewa tetap US$ 215 juta tetapi hanya untuk 1 dermaga saja yaitu UTC 1 sementara UTC 2 diambil alih oleh pelindo 2
Rudi Valinka @kurawa
Kalo lo lihat luas dan panjang dermaganya antara UTC 1 dan UTC 2 yah sama bedanya hanya soal back up area penumpukan
Rudi Valinka @kurawa
Sudah lihat ada perbedaan mendasarnya kan ? πŸ˜†πŸ˜† tunggu.. masih banyak lagi plus2 nya isi perjanjian 2014 itu, neh gue kupas
Rudi Valinka @kurawa
Sebenarnya kontrak JICT dengan Hutchison baru berakhir 2019 tetapi dipaksa 2014 dilakukan kontrak baru agar ada kepastian usaha kedua pihak
Rudi Valinka @kurawa
Wajar ibarat pemain bola aja, lionel messi abis 2017 tapi 2014 udah diperpanjang lagi 😊😊 yah seperti ini lah contohnya
Rudi Valinka @kurawa
Apa aja bumbu2 tambahan isi kontrak yg harus dipenuhi hutchison.. menurut gue inilah kecerdikan pelindo 2 dalam mengakali kontrak
Rudi Valinka @kurawa
Kalo sebelumnya selain kontrak dimuka (215 juta) pelindo2 juga dapat sharing revenue dari produktivitas bongkar muat rata2 US$ 60 juta/thn
Rudi Valinka @kurawa
Klausul ini sukses diubah pelindo 2 mereka minta revenue tetap pertahun US$ 85 juta, sdh kagak mau pusing itung2 produktivitas lagi πŸ‘
Rudi Valinka @kurawa
Dengan kondisi perfomance plg bagus aja pelindo cuma dapat US$60 juta nah sekarang mau ekonomi lagi jelek sekalipun dapat US$ 85 juta
Rudi Valinka @kurawa
Bakal mencret gak JICT apalagi kalo pelabuhan Kalibaru Newport sudah beroperasi tahun depan.. kue dia dimakan toko depan tapi setoran tetap
Rudi Valinka @kurawa
Cukup gak sampai disini?Belum lah masih banyak klausul2 keren yang menurut gue inilah contoh terbaik bagaimana orang indonesia ngakali asing
Rudi Valinka @kurawa
Karena kontraknya dipercepat maka pelindo 2 meminta agar nilai sewa yg baru ini diberlakukan saat kontrak ditanda tangani bukan pd thn 2019
Rudi Valinka @kurawa
Kan masih ada waktu hampir 5 tahun habis kontraknya.. pelindo 2 paksa ke hutchison gue kagak mau tau pokoknya bayar skr coy.. πŸ˜‚πŸ˜‚
Rudi Valinka @kurawa
Dan klausul inipun disetujui hutchison.. njritt kalo gue ekuivalenkan maka hingga 2019 pelindo 2 dapat duit surga US$ 110 juta cash πŸ˜‚πŸ˜‚
Rudi Valinka @kurawa
Cukup disini? Kagak lah masih ada lagi klausul tambahan yg sukses mencekik hutchison πŸ˜…πŸ˜….. gue yakin tuh ownernya skr nyesel udah sign
Rudi Valinka @kurawa
Kontrak pertama JICT (1999 -2019) mengharuskan tiap tahun pelindo 2 membayar jasa Technical Know-How kurang lebih US$ 10 juta/tahun
Load Remaining (21)

Comment

Cuznov @cuznov 28/11/2015 06:06:06 WIB
1999-2019 nilai kontrak USD 243 juta utk JICT. Perpanjangan nekat 2019-2039 senilai USD 265 juta utk JICT (minus UTC 2) n TPK Kodja. Loe bs bandingin ga nilai bisnis UTC 2 dg TPK Kodja, jgn asal njeplak aja Oom..
Cuznov @cuznov 28/11/2015 06:13:14 WIB
Loe blg dermaga UTC 1 dg UTC 2 sama panjangnya..emang loe pernah ngukur..jgn bikin MALU dong..ktnya kerja di IPC tp ga tau data existing fas JICT..
Login and hide ads.