Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
saya sulit membedakan kanan dan kiri, sebelumnya saya sulit ngerti apa yang saya baca
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Sebelumnya konsentrasi sy buruk, jga sy lebih senang mendengar dibanding melihat tulisan, & sy gak pernah bisa ngingat nama jln suatu tempat
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Banyak yang tidak saya sadari sebelumnya, saya sempat minder karena merasa paling tidak mampu dalam hal pelajaran saat masa sekolah,
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
khususnya awal SD, sekitar kelas 1 sampai 3.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Dulu, saya sempat dianggap bodoh dan memiliki down syndrom oleh salah seorang guru di SD.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Beliau bilang, saya ini terlalu banyak berbicara saat pelajaran berlangsung, sehingga saat ujian nilai saya tidak memenuhi standar.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Sampai- sampai bapak saya dipanggil ke sekolah karena saya (mungkin) tidak aktif dan tidak mampu mengikuti pelajaran yang diajarkan.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Saat ada pekerjaan rumah, saya selalu dibantu oleh bapak. Waktu itu pelajaran berhitung dan dikemas dalam bentuk cerita.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Saat disuruh membaca, saya kesulitan, sampai saya menangis karena tidak bisa membaca dengan benar.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Sampai parahnya, bapak saya marah-marah, gara- gara saya suka lupa kalau dikasih tau.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Misalnya 1 cm itu berapa km? saya gak tau, kemudian dikasih tau, saya ngerti. Lalu pas ditanya lagi saya udah ga bisa jawab.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Mungkin kalian mikir, "ah, ini ada- adanya Andri aja ngomong disleksia, padahal dianya sebenernya bodo".
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Awalnya saya juga mikir gitu, saya ini bodo, banget malah. Tapi, who knows. Ibu saya sendiri yang cerita.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Permasalahan diatas boleh juga dibilang salah satu bentuk kesulitan belajar. Nah, ada kesulitan belajar lain yang masih jarang diketahui
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
yaitu kesulitan belajar secara spesifik, misalnya gangguan membaca (dyslexia) dyscalculia & gangguan suatu hal dlm btk tulisan (dysgraphia)
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Namun, kebanyakan ketiganya diringkas menjadi satu, yaitu disleksia saja. Apa sih disleksia ?
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Disleksia itu ketidak mampuan membaca sesuai umurnya, padahal intelegensinya normal.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Terdapat beberapa perbedaan otak antara anak disleksia dengan anak normal lain.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Anak disleksia otak kiri dan kanan sama, sedangkan pada anak normal otak kiri lebih besar dibanding otak kanan.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Meskipun pada anak disleksia ukuran otak sama, namun otak kiri tidak berfungsi dengan baik pada daerah temporal dan paretial.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Lalu, gimana caranya nyembuhin disleksia? Dari banyak artikel yg sy baca sih, blm ada obat buat nyembuhin disleksia, tapi dgn terapi sendiri
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Sekarang, untuk urusan baca tulis hitung mungkin saya udah khatam dan gak ada masalah.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
Tapi, untuk urusan arah, nunjuk jalan, kayak gitu mungkin saya masih gak mampu sampai sekarang.
Andri M Firmansyah @andrimfirmansyh
SMP kelas 7, saya pernah nulis di buku catatan saya tentang gimana sedihnya saya karena harus remidi bahasa Inggris
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.