Satelit SOHO dan Fenomena Suara Matahari

Chirpified
Himastron ITB @Himastron_ITB

Selamat malam sobat #AstroNight! Duh ga kerasa ya udah malam minggu aja, tapi pacar masih belum punya :(

05/09/2015 19:19:09 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Duh kasian ya kalian malam mingguannya gaada yang nemenin :( Nah, bersyukurlah kalian karena malam minggu ini malam keberuntungan kalian!

05/09/2015 19:24:28 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Kenapa beruntung? KA-RE-NA….. malem minggu kali ini kalian bakal ditemenin mimin yang ganteng ini B) hehehe *dilempar barbel*

05/09/2015 19:37:02 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Nah #AstroNight malem ini bakal ngebahas apaan sih? Penasaran gak? Enggak? Penasaran dong plis, yaudah pura-puranya kalian penasaran aja ya.

05/09/2015 19:42:26 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Nah jadi kultweet #AstroNight malam ini bakal ngebahas tentang “Apakah SOHO Satelit Mendengar Suara Ledakan Matahari?”

05/09/2015 19:43:09 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Yuk deh kita mulai aja kultweet #AstroNight malem ini, markicaaau!

05/09/2015 19:44:39 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Nah buat temen-temen yg belum tahu nih, jadi satelit SOHO adalah kependekan dari Solar and Heliospheric Observatory #AstroNight

05/09/2015 19:45:35 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Satelit SOHO diluncurkan untuk mengamati Matahari, selain itu jga satelit SOHO digunakan untuk mempelajari cuaca antariksa. #AstroNight

05/09/2015 19:46:18 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Q: Min, kok satelit SOHO ini harus mengamati Matahari sih buat mempelajari ttg cuaca antariksa? #AstroNight

05/09/2015 19:47:17 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

A: Kenapa hayo? Karena gelombang kosmik yang dihasilkan oleh Matahari lah yg mempengaruhi cuaca antariksa disekitar Bumi kita. #AstroNight

05/09/2015 19:47:55 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

FYI nih manteman, satelit SOHO ini telah beroperasi selama 19 tahun loh.. #AstroNight

05/09/2015 19:49:10 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Buat yg penasaran gimana sih gambar satelit SOHO, nih mimin kasih gambarnya (sumber: nasa.gov/images/content…) pic.twitter.com/GFeyA4JpBW

05/09/2015 19:50:29 WIB
Expand pic
Himastron ITB @Himastron_ITB

Nah satelit SOHO ini memiliki orbit yang berada di titik L1 (titik Lagrange satu) loh teman-teman. #AstroNight

05/09/2015 19:51:36 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Q: Titik L1 (Lagranger satu) itu titik apaan sih min? #AstroNight

05/09/2015 19:52:09 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

A: Nah jadi titik L1 (Lagrange satu) adalah titik di antara Matahari dan Bumi, dimana pada titik tsb pengaruh gravitasi dari…#AstroNight

05/09/2015 19:52:26 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

…Bumi dan Matahari sama besarnya, jadi satelit tidak akan jatuh ke Bumi maupun Matahari. #AstroNight

05/09/2015 19:52:43 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Selain itu, jika satelit diletakkan di L1 maka satelit akan mengorbit Matahari tanpa memerlukan bahas bakar…#AstroNight

05/09/2015 19:52:57 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

…karena titik L1 akan selalu relative tetap terhadap konfigurasi Bumi-Matahari. #AstroNight

05/09/2015 19:53:10 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Nah, udahan ya pengantarnya tentang satelit SOHO ini, yuk kita mulai ke topik awal kita! #AstroNight

05/09/2015 19:54:09 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Tahu gak, bahwa banyak terjadi aktivitas di Matahari kita yang salah satunya yaitu ledakan yang terjadi diseluruh Matahari. #AstroNight

05/09/2015 19:54:29 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Namun sayangnya ledakan tsb tdk dpt terdengar oleh kita, hal itu dikarenakan gelombang bunyi membutuhkan medium untuk …#AstroNight

05/09/2015 19:54:46 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

… merambat dri sumber bunyi smpai ke detector, sdgkan diruang angkasa tdk terdpt medium sbg media perambatan gelombang bunyi. #AstroNight

05/09/2015 19:55:02 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Adapun gelombang yg dpt merambat tanpa medium adalah gelombang elektromagnetik. #AstroNight

05/09/2015 19:55:15 WIB
Himastron ITB @Himastron_ITB

Jadi, bunyi dari Matahari yg terdeteksi oleh satelit SOHO bukanlah gelombang bunyi murni, melainkan hasil konversi…#AstroNight

05/09/2015 19:55:29 WIB
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!