Perjuangan #Elika , bayi penderita Atresia Bilier asal Cirebon menuju Cangkok Hati - oleh @tengkuadri

kisah perjalanan perjuangan Elika Ayudia Inara , pejuang Atresia Bilier asal Cirebon yang saat ini sdg berjuang agar bisa operasi Transplantasi Hati.
disease CURE hati cirebon bilier atresia sakit ELIKA cangkok liver
Tengku Adri @tengkuadri
sebentar lagi saya mau cerita tentang bayi #Elika , pejuang Atresia Bilier asal cirebon yang sedang dipersiapkan untuk Transplantasi Hati
Tengku Adri @tengkuadri
tak kenal maka tak sayang. maka sebelum cerita tentang #elika , sila dilihat dulu foto bayi cantik asal #cirebon ini pic.twitter.com/fkgyYWoOJ6
Expand pic
Tengku Adri @tengkuadri
#elika adalah anak ke-3 dari pasangan Eno dan Dasinih, pedagang buah asal #cirebon yg berjualan di #bekasi pic.twitter.com/vhXEEzdtg2
Expand pic
Tengku Adri @tengkuadri
ya, dalam kesehariannya #eno memang dagang buah di #bekasi . pake gerobak gitu deh. Tapi kemaren kena penertiban :) #elika
Tengku Adri @tengkuadri
sejak usia 40 hari, #elika terlihat kuning. Lalu Eno dan Dasinih membawa elika ke bidan setempat. dan seperti biasa, disuruh jemur aja
Tengku Adri @tengkuadri
ya, begitulah kebiasaan kita. Kalo anak kuning diawal kelahiran, selalu disarankan untuk dijemur matahari pagi. #elika
Tengku Adri @tengkuadri
karena yg menyuruh untuk menjemur itu bidan, eno dan dasinih menurut saja. tapi kok setelah 2 bulan tubuh #elika masih tetap kuning?
Tengku Adri @tengkuadri
akhirnya eno dan dasinih membawa #elika ke dokter anak di #cirebon . oleh dokter disuruh perhatikan warna urine dan pup nya
Tengku Adri @tengkuadri
kemudian #elika pun rawat inap di RS #cirebon selama 15 hari. Setelah itu tegaklah diagnosa " Cholestasis Extra Hepatic"
Tengku Adri @tengkuadri
karenanya #elika dirujuk ke RSCM #Jakarta karena RS #Cirebon gak mampu menangani. Walau dalam kondisi demam tetap berangkat ke RSCM
Tengku Adri @tengkuadri
sesampainya di RSCM , #elika langsung masuk IGD. Tapi diterima sebagai pasien rawat jalan, walau saat itu suhu tubuhnya 39 derajat celcius
Tengku Adri @tengkuadri
karena ga ada pilihan selain mengikuti aturan rumah sakit, #elika pun dibawa pulang. Mereka numpang di kampung #melayu di tempat keluarga
Tengku Adri @tengkuadri
pernah suatu kali #elika demam tinggi dan dilarikan ke #RSCM , akhirnya rawat inap selama 15 hari. Setelah itu sampel #liver elika diambil
Tengku Adri @tengkuadri
setelah hasil pemeriksaan sample #liver keluar, maka dokter menyatakan #elika positif mengalami kondisi #AtresiaBilier
Tengku Adri @tengkuadri
eno terkejut. seumur2 baru ini mendengar nama penyakit aneh seperti itu. #AtresiaBilier . Kemudia dokter menjelaskan bahwa .... #elika
Tengku Adri @tengkuadri
dokter menjelaskan bahwa #elika hanya bisa sembuh kalo #liver nya diganti dgn yg baru melalui proses cangkok hati
Tengku Adri @tengkuadri
eno lebih terkejut lagi, begitu mendengar bahwa biaya operasi cangkok hati itu mencapai 800 juta hingga 1 milyar rupiah #elika
Tengku Adri @tengkuadri
dokter juga menyampaikan bahwa dibutuhkan orang yg rela menyerahkan sebagian #liver nya untuk #elika . Biasanya sih ortunya, kata dokter
Tengku Adri @tengkuadri
dengar angka 1 milyar u/ ksembuhan anaknya, eno pun lunglai. tulang belulang rasanya copot. Pedagang buah kaki-5 harus nyediain 1 milyar ?
Tengku Adri @tengkuadri
akhirnya eno memutuskan untuk menyerah, memasrahkan semua pada ilahi. #elika pun dibawa pulang ke #cirebon utk dirawat seadanya
Tengku Adri @tengkuadri
disaat yg sama lapak jualan buah eno kena penertiban. masalah jd tambah kompleks. Jangankan cari uang 1 milyar. u/ makan aja bingung #elika
Tengku Adri @tengkuadri
lanjut #elika - perawatan di #cirebon bukan hanya seadanya. tp mmg ga ada yg expert menanganinya. minum susu khusus aja gak ada yg nyaranin
Tengku Adri @tengkuadri
pikiran eno kacau, siapa yg ga pengen anaknya sembuh ? tapi uang 1 milyar ? duit darimana ? sampai akhirnya eno nonton @HitamPutihT7 #elika
Tengku Adri @tengkuadri
saat itu @HitamPutihT7 menayangkan #ryu yg baru plg dari Transplantasi Hati di #jepang . Melihat Ryu yg sehat, eno bersemangat lagi #elika
Tengku Adri @tengkuadri
eno mulai mencari2 informasi tentang #ryu , eno bertekad harus jumpa sama orang tua ryu di #jakarta . Sampai akhirnya mereka jumpa di RSCM
Load Remaining (23)

Comment

Login and hide ads.