PERNYATAAN MEGA SOAL PEMBUBARAN KPK

''Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri menghendaki Komisi Pemberantasan Korupsi agar segera dibubarkan. Presiden RI kelima itu menilai KPK sudah melewati kewenangannya sebagai lembaga ad hoc.

Megawati menyatakan KPK dibentuk di masa pemerintahannya sebagai lembaga yang bersifat sementara. Kini setelah lebih dari satu dekade, kata Mega, KPK sudah waktunya untuk mengakhiri peran di Indonesia.

Mega becerita, selama ini dia bertanya-tanya sampai kapan KPK bakal berdiri di Indonesia. Jawabannya, kata Mega, KPK bakal tetap berdiri selama korupsi ada.

Putri Soekarno itu pun menyimpulkan, kunci berakhirnya KPK ada pada para pejabat. Menurut Megawati, pejabat tak boleh lagi korupsi sehingga KPK tak punya alasan lagi untuk mempertahankan eksistensinya.

"Saya sadar dengan pernyataan ini, saya bakal di-bully di media sosial. Tapi tentu saja menurut saya ini pemikiran yang logis," ujar Mega.

KPK didirikan pada 2002 untuk membantu kinerja Kejaksaan Agung dan Kepolisian yang kala itu dianggap kurang bagus dan minim mengantongi kepercayaan publik.''

SOURCE

PERNYATAAN JOHAN BUDI SOAL USULAN MEGA MEMBUBARKAN KPK

''Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksana Tugas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi Sapto Pribowo menyindir ucapan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang ingin membubarkan lembaga antirasuah. (Baca Megawati: Bubarkan KPK)

Ucapan Mega itu dinilai kontras karena KPK merupakan lembaga ad hoc negara yang dibentuk saat Megawati menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Saya tidak mendengar langsung redaksional statement-nya Bu Megawati secara lengkap, apakah membubarkan KPK itu dengan syarat-syarat atau tidak. Saya meyakini Bu Megawati tidak akan membubarkan lembaga yang lahir saat presidennya adalah Bu Megawati sendiri," ujar Johan kepada CNN Indonesia, Selasa (18/8).

Johan menegaskan KPK tak boleh dibubarkan. “Tentu KPK tidak boleh dibubarkan karena korupsi masih marak dan korupsi adalah musuh besar bangsa ini,” kata dia.

Data terbaru Indonesian Corruption Watch yang dirilis hari ini menunjukkan sebanyak 230 orang yang didakwa pengadilan melakukan tindak pidana korupsi pada semester pertama tahun 2015, 104 di antaranya merupakan pegawai negeri sipil, 73 dari pihak swasta, 9 merupakan anggota DPR dan DPRD, dan 1 sisanya jaksa.

Senada dengan Johan, Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji mengatakan komisi antirasuah baru dapat dibubarkan jika Indonesia bisa benar-bemar bersih. "Bila sama sekali sudah tidak ada korupsi, baik dengan metode prosedural maupun substansial, maka memang KPK tidak diperlukan," kata Indriyanto.

Namun jika Indonesia tetap tak bisa bebas dari korupsi, ujar Indriyanto, maka KPK tetap dibutuhkan untuk memberantas para pejabat pemakan duit rakyat.

Sebelumnya, Megawati mengatakan sebaiknya KPK segera dibubarkan karena lembaga itu ia nilai sudah melewati kewenangan sebagai lembaga ad hoc yang dibentuk pada 2012 untuk sementara waktu guna membantu kinerja Kejaksaan Agung dan Kepolisian yang saat itu dinilai tak memuaskan. Ia pun meminta pejabat untuk tak lagi korupsi agar KPK tak punya alasan meneruskan eksistensinya.''

SOURCE

REAKSI NETIZEN

Eyang Tandus @eyanjing
@cnnindonesia oh nunggu indonesia bersih dari korupsi ta, tapi kapan ?
Hetty Ngelo @hetty_ngelo
@CNNindonesia oh nunggu pejabat di negeri ini bersih dr korupsi???semoga bisa
Lay @LuayMarwan
@cnnindonesia 'pejabat tak boleh korupsi shg KPK tak pny alasan lagi utk mempertahankan eksistensinya' -Mega- <<< wkwkwk siapa berani jamin?
panglima ringkin @donqsok
Nenek jangan ngomong begitu,ntar negara ini digerogoti terus sama koruptor anak cucu nenek bakal sengsara nanti,begitu ya nek @CNNindonesia
jenderalkuda @shintaplastik88
@kompascom bener nek... nanti kalo udah bubar baru kita korupsi lagi ya nek... hihihihi :p
Gerard Pedrico @GerardCornelius
@kompascom .Korupsi sebenarnya bisa diperangi bila seluruh rakyat menikmati Kue Rezeki Nasional, berani menolak korupsi. Tidak perlu Syariah
DOKTER ALI @alimahsunAPKLI
@kompascom @jokowi @SBYudhoyono @Prabowo08 BLBI dan Jual Aset BUMN Selesai Tuntas Diusut Dulu IBu Megawati Njih. Salam GONA Untuk INDONESIA
^^v^^ @bachtiarLZR88
@CNNindonesia setuju, kalo kejagung dan porri sudah kuat
SemangatBaru @yokmove
aneh memang @sioqy: @cnnindonesia kenapa sby 10 thn jd presiden gak usut BLBI?kan aneh binggitt.
Gerard Pedrico @GerardCornelius
@kompascom .Selama ini, rakyat merasakan betapa sulitnya mencari nafkah, dan Kue Rezeki Nasional yg mengecil. Timbul gesekan konflik sosial.
bung @ahokowi
@dimasprakbar @CNNindonesia kau yang memulai..kau yang mengakhiri.. 🎶🎶🎶
martabak lebaksiu yapora @sioqy
@yokmove @cnnindonesia kenapa sby 10 thn jd presiden gak usut BLBI ya?aneh bingittt
Load Remaining (35)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.