MuadzinLanggar @Imamdaratan
Zakat Fitrah itu dibayarkan dgn uang atau dgn beras sih? Kalo aku ttp pake beras. Mski Ulama2 kontmporer bnyk yg anjurkan pake uang.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Menurut Ulama kontemporer uang lebih simpel dan mudah dlm proses serah terimanya. Tp aku ttp pake beras.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Ulama kontemporer jg menganggap zakat fitrah pake uang itu lebih maslahat bg fakir miskin. Ttp aja aku pake beras.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Knp hrs uang, kt ulama kontemporer, krn kebutuhan fakir miskin saat lebaran bkn hanya beras. Ttp sj aku pake beras.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Tentu kengeyelan saya ttp ada dasar sbg pijakan, meski soal mana yg paling benar hanya Allah Yg Tahu.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Apapun alasan ulama2 kontemporer yg anjurkan zakat fitrah pake uang, saya pribadi akan ttp ngeyel.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Jumhur Ulama Malikiyah, Syafi'iyah, Hanabilah & myoritas Fuqoha' brpndapat zakat Fitrah itu dgn qutil balad & tdk bs dgn uang. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Apa qutil balad? Makanan pokok suatu wilayah. Dlm konteks Indonesia maka adalah beras.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Nah ktk myoritas fuqoha' pndapatnya adlh zakat fitrah tdk dgn uang, mk jelas lebih kuat scr dmokrasi. Kita kan mendewa2 kan demokrasi. Hehe
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Zakat Fitrah dgn beras psti mmpersempit kmungkinan penyelewengan brg zakat tsb. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Brbeda dgn uang, penerima zakat akan mudah mengalihkan pemanfaatan kpd hal2 yg ngga penting. Beli rokok/tiket konser ndangdut; contohnya.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Zakat fitrah dgn beras, mempersempit kemungkinan salah pemanfaatan untuk hal2 ngga penting bhkn yg ma'siyat. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Argumen yg mendukung zakat fitrah dgn uang biasanya "krn uang itu lebih maslahat." tp apa benar begitu? Yuk kita bahas.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Pembahasan tentang Maslahat tntu akan sangat panjang, tp fokusnya ke Maslahat dlm syariat
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Stiap ada aturan Syari'at psti membawa maslahat, tdk bisa dibalik stiap yg maslahat seenaknya dijadikan syariat. Hrs hati2 kita.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Di Zaman Rasul sdh dikenal uang, org miskin saat itu pun punya bragam kebutuhan tp para sahabat ttp zakat dgn makanan pokok. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Jd amalan penduduk Madinah saat itu yg zakat fitrah dgn makanan pokok adalah dasar yg ckp kuat. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Skrg kita liat makna kt Fithrah. Sbgian memaknai "penciptaan/makhluk" oleh krnya zakat fitrah wajib bg stiap individu. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Ada jg yg memaknai "makan stelah puasa" nah krn ini soal makan, maka lebih dianjurkan dgn makanan pokok bkn uang. #alasanSaya
MuadzinLanggar @Imamdaratan
baiklah kawan2, nanti dilanjut soal knp sebaiknya zakat Fitrah itu tetap dgn makanan pokok dan bukan uang?
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Sambil menunggu buka puasa, kita lanjutin tuit2 soal zakat Fitrah seyogyanya tdk berupa uang.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Sluruh nash Hadist mengenai zakat fitrah trnyata tak ada satupun yg menyinggung kata nominal atau uang.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Dlm konteks ibadah brpegangan kpd Nash adalah hal yg sangat penting tnpa perlu brtanya knapa begini begitu.
MuadzinLanggar @Imamdaratan
Zakat fithrah disebut jg sbg "thuhrah" pembersih, maka bg fakir miskin sbg "thu'mah" makanan. Itulah inti zakat fitrah ;makanan pokok.
Load Remaining (6)

Comment

Ayah Budi @ismibudi_DS 16/07/2015 08:52:43 WIB
saya juga bayar #zakat fitrah tetep dengan beras. Kalo untuk uang, bisa lewat #sedekah... http://www.ayahbudi.tk/
Login and hide ads.