"Menganalisa Yang 'Tak Terlihat' Dari Rencana Brilian Tol Laut JKW" by @AditMailTweet

Chirpified By @M4ngU5il
ALy @amailtwit

"China itu bikin tol laut untuk menjual produknya secara global. Ya sudah kalau sampai di-match-kan dengan China kita hanya jadi konsumen.."

12/06/2015 15:36:46 WIB
URL m.news.viva.co.id Raja Yogya Tolak Tol Laut Pemerintah Jokowi Sultan HB X mengungkapkan alasannya Apa saja?
ALy @amailtwit

para produsen lokal kita ini; belum dibangun 'tol' laut saja 'engep2an' hadapi gempuran impor produk China. Apalagi sudah?

12/06/2015 15:39:45 WIB
ALy @amailtwit

begitu 'tol' laut rampung, artinya harga barang dari negara Asing bisa lebih murah lagi krn hemat biaya distribusi. Ngerik..!!

12/06/2015 15:42:45 WIB
ALy @amailtwit

ilustrasinya nih.. Semisal dari China mau jual barang ke Semarang. pic.twitter.com/n4dMr9HqvE

12/06/2015 16:22:14 WIB
Expand pic
ALy @amailtwit

kalau dulu jalur distribusinya harus lewat Jakarta (tj.Priok) atau Surabaya (tj.Perak) lalu lanjut lewat darat (Pantura) menuju Semarang,..

12/06/2015 16:24:40 WIB
ALy @amailtwit

kini bisa langsung direct Semarang krn pelabuhannya sudah memadai utk kapal kargo besar. industri.bisnis.com/read/20141028/… pic.twitter.com/SQd1mkK25J

12/06/2015 16:27:04 WIB
Expand pic
URL Bisnis.com PELABUHAN CILAMAYA: Jateng Lebih Layak Jadi Pelabuhan Internasional | Industri - Bisnis.com Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Khotibul Umam Wiranu mendukung rencana pengalihan titik pembangunan Pelabuhan Internasional dari Cilamaya ke Kabupaten Semarang atau Tegal di Provinsi Jawa Tengah.
ALy @amailtwit

nah, apa gak tambah 'mati kutu' itu pengusaha2 lokal di Semarang (Jateng)?

12/06/2015 16:29:28 WIB
ALy @amailtwit

Tanpa lalui Pantura, artinya harga jual barang impor LN bisa lebih murah lagi krn hemat ongkir. Ngerik...!!

12/06/2015 16:33:43 WIB
ALy @amailtwit

Selain 'matiin' industri & produsen lokal, kebijakan ini juga 'matiin' pengusaha ekspedisi lokal. Pemerintah apa kabar?

12/06/2015 16:34:54 WIB
ALy @amailtwit

Disisi lain, adanya 'tol' laut di daerah lain itu juga cuma memudahkan asing keruk SDA kita. Misalnya; batu bara. bisnis.news.viva.co.id/news/read/1806…

12/06/2015 16:39:01 WIB
URL bisnis.news.viva.co.id Ekspor Indonesia ke China Geser Amerika Nilai ekspor Indonesia ke China menempati peringkat kedua setelah Jepang.
ALy @amailtwit

Apa gak tambah susah tuh kita kedepannya? Gak mungkinlah kalau semua kerja dagang. Harus ada yg produksi juga, biar sehat.

12/06/2015 16:41:38 WIB
ALy @amailtwit

Kita jangan mau dibutakan sama rencana 'brilian'. Cobalah analisa yg 'tak terlihat'. Jangan kecele kayak gini nih >> katadata.co.id/infografik/201…

12/06/2015 16:43:17 WIB
URL Katadata News Tol Laut Jokowi, Poros Maritim Dunia | Katadata News Lima tahun ke depan, pemerintah Jokowi akan membangun 24 pelabuhan dan membeli 609 kapal sebagi pendukung infrastruktur tol laut.
ALy @amailtwit

Secara pribadi, sebenarnya sih oke2 aja bangun 'tol' laut, ASAL, jangan sekarang.

12/06/2015 16:44:17 WIB
ALy @amailtwit

Mestinya tuh prioritasin dulu kualitas Industri lokal (barang jadi) agar kompetitif secara global, barulah bangun 'tol' laut.

12/06/2015 16:45:36 WIB
ALy @amailtwit

Namun kalau realitanya kita masih impor dan industri lokal pun 'mati kutu', ya gimana gak blunder kebijakan itu?

12/06/2015 16:46:26 WIB
ALy @amailtwit

'Tol' laut itu harusnya meningkatkan kompetisi produk2 lokal kita, bukan sebaliknya, malah 'mematikan'.

12/06/2015 16:49:21 WIB
ALy @amailtwit

Kecuali negara ini sudah gak kecanduan impor, serta produk unggulan ekspornya adalah barang jadi, barulah mantap itu 'tol' laut.

12/06/2015 16:50:30 WIB
ALy @amailtwit

nah, sekarang ya balik lagi ke Pemerintah. Mau pro-rakyat atau pro-asing ya tinggal dilihat kebijakannya seperti apa.

12/06/2015 16:52:59 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!