Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tentang salah kaprah soal Mobil #NgertiMobil by @karman_mustamin

Chirpified
1
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Seberapa banyak pengetahuan dan pemahaman kamu tentang mobil? Masih banyak lho, yang salah kaprah. Yuk, kita bahas pake tagar #ngertimobil

24/05/2015 14:04:14 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Mobil mwwah, harus pake BBM yg mahal? Gak selalu lho? Konsumsi jenis BBM itu gak tergantung harga, tapi spesifikasi mesin. #ngertimobil

24/05/2015 14:06:18 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Contoh, kalo Honda CR-V 2.4 kamu pake Pertamax, maka Honda CRV 2.0 temen kamu mestinya pake Pertamax Plus yg oktan lbh tinggi. #ngertimobil

24/05/2015 14:09:58 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Gitu juga, kalo Grand Livina 1.8 kamu pake premium, maka Grand Livina 1.5 adik kamu mestinya pake Pertamax. #ngertimobil

24/05/2015 14:11:13 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kok gitu? CRV 2.4 harganya lebih mahal dari CRV 2.0? Nah itu, karena rasio kompresi mesin CRV 2.0 lebih tinggi dari CRV 2.4. #ngertimobil

24/05/2015 14:12:55 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Ada yang pake mobil matic, tapi pas nanjak tuas transmisinya digeser dari D ke 3 atau 2. Lo, kok kamu kayak pake mobil manual? #ngertimobil

24/05/2015 14:15:33 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kao lagi nanjak, tuas transmisi mobil matic itu gak perlu dipindah. Namanya juga matic, gear-nya akan pindah secara otomatis. #ngertimobil

24/05/2015 14:16:22 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Tuas transmisi matic justru perlu dipindah, kalo kamu lewat di jalan dengan turunan curam. Gunanya, agar dapet engine brake. #ngertimobil

24/05/2015 14:17:08 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Mana yang kamu percaya, ban mobil yang kelebihan tekanan anginnya lebih gampang meledak dari ban yang anginnya dikurangi? #ngertimobil

24/05/2015 14:19:13 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Fakta yg benar, ban mobil lebih mudah meledak kalau tekanan anginnya kurang dibanding yang tekanannya berlebih. #ngertimobil

24/05/2015 14:20:25 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Mobil yang dijalanin pelan akan lebih hemat BBM dibanding kalo dipake ngebut? Nggak selalu. Irit BBM itu kalo cruising speed. #ngertimobil

24/05/2015 14:24:11 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Mobil jalan pelan, cenderung boros utk skala ltr/km. Kenapa? Tiap 1.000 cc kapasitas mesin, butuh 0.6 ltr BBM/jam utk hidup. #ngertimobil

24/05/2015 14:26:02 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Konsumsi BBM ideal, bila mobil melaju pd cruising speed, antara 80-100 km/jam. Makanya, macet itu wujud pemborosan. #ngertimobil

24/05/2015 14:26:53 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Pasti naik, asal ngerti cara kick-down. Perpindahan gear transmisi matic itu, pakai 2 indikator; speed dan torsi. twitter.com/jtabah/status/โ€ฆ

24/05/2015 14:28:38 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Temperatur mesin mobil yg dingin lebih bagus dari mesin yg panas? Gak bener tuh. Temperatur mesin sebaiknya normal. #ngertimobil

24/05/2015 14:29:45 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalau temperatur mesin mobil kamu terlalu dingin, risikonya boros BBM. Pasalnya? Mesin tuh butuh suhu kerja yang optimal. #ngertimobil

24/05/2015 14:33:02 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Suhu kerja mesin yg optimal, biasanya antara 80-90 derajat C. Kalo Jeep lain lagi. Suhu kerja optimalnya di 100 der C. #ngertimobil

24/05/2015 14:33:53 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Apa sih akibat lain kalo suhu kerja mesin terlalu rendah? Ya, krn kinerja mesin gak optimal, emisi gas buangnya jg beracun. #ngertimobil

24/05/2015 14:34:42 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Bener gak sih oktan booster bisa memperbaiki akselerasi? Kalo oktan BBM-nya naik, iya. Karena performa mesin jd lebih bagus. #ngertimobil

24/05/2015 14:36:20 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Bener gak sih oktan booster bisa memperbaiki akselerasi? Kalo oktan BBM-nya naik, iya. Karena performa mesin jd lebih bagus. #ngertimobil

24/05/2015 14:36:20 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Apa masalah yg bisa timbul kalo pake octan booster? Bisa saja, ada komponen octan booster yg sulit terbakar, jadi kerak mesin. #ngertimobil

24/05/2015 14:37:27 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Apa masalah yg bisa timbul kalo pake octan booster? Bisa saja, ada komponen octan booster yg sulit terbakar, jadi kerak mesin. #ngertimobil

24/05/2015 14:37:27 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Ada gak sih hubungan aki (accu) yang lemah dengan konsumsi BBM? Lha, iyalah. Arus listrik kan ikut andil pd proses pembakaran. #ngertimobil

24/05/2015 14:42:09 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Kalo listrik mobil kamu lemah, pasokan BBM tersendat dan sistem pengapian terganggu. Mobil jadi kehilangan tenaga. #ngertimobil

24/05/2015 14:43:10 WIB
Captain Green ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ @karman_mustamin

Percaya gak, rem ABS bikin mobil lebih cepat brenti saat ngerem? Hehehe, rem ABS itu gunanya bukan memperpendek jarak brenti. #ngertimobil

24/05/2015 14:48:21 WIB
Load Remaining (12)

Comment