Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Cara toilet training #latihkakus

Banyak ortu bingung hadapi anak yg ngompol / pup di celana. Kapan mulai dilatih gunakan toilet & gimana caranya? Cek di #latihkakus ini
0
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Udah lama saya nggak kultwit tentang parenting, lagi sok sibuk hahaha. Kali ini saya kultwit tentang toilet training yuk.

12/05/2015 19:01:32 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Kalo hashtagnya #toilettraining kepanjangan, gimana kalau #latihkakus aja hihihihi, biar lebih pendek dan Bahasa Indonesia pula :D

12/05/2015 19:01:24 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Di dalam kultwit ini nanti akan ada bbrp kata ‘kakus’, silahkan diterjemahkan sendiri menjadi ‘toilet’ / ‘jamban’ atau kata apapun :D

12/05/2015 19:02:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#latihkakus Bagus sekali kalau semua yg di bawah ini dilakukan oleh ortu langsung, krn bisa sekaligus bangun kedekatan dng anak.

12/05/2015 19:03:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#latihkakus Tapi kalau kedua ortu bekerja, bekerjasamalah dengan pengasuh & guru, agar melakukan hal yg relatif sama.

12/05/2015 19:04:02 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Untuk bisa sukses #latihkakus, pertama yg paling penting sebetulnya ngecek apakah anak sudah siap / belum. Kl belum, lebih lama berhasilnya

12/05/2015 19:05:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Kapan sih anak dianggap siap untuk #latihkakus? Biasanya sekitar 18 bulan sampai 3 tahun sudah siap, tapi lebih tergantung pd tanda2 brkt:

12/05/2015 19:06:07 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Siap #latihkakus 1) Sudah bisa duduk tegak tanpa bantuan. Kl bisa sih udah berdiri dan berjalan juga. 2) Sudah paham instruksi sederhana

12/05/2015 19:07:06 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Siap #latihkakus 3) Ada ‘fase kering’ (tidak mengompol) sekitar 1-2 jam. 4) Bisa melepas dan memakai celana sendiri.

12/05/2015 19:08:06 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Siap #latihkakus 5) Anak terlihat tertarik pada aktivitas kakus, mis tertarik dng pispot atau senang memainkan tombol guyur kakus

12/05/2015 19:09:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Siap #latihkakus 6) Terlihat tak nyaman ketika popoknya basah / kotor. Jika hampir semua dijawab ‘Ya’, maka anak bisa mulai #latihkakus deh.

12/05/2015 19:10:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Utk memulai #latihkakus, pastikan tidak bersamaan dng hal besar lain, mis baru punya adik, pindah rumah, masuk sekolah. Pastikan ortu siap

12/05/2015 19:11:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Supaya anak lebih siap, ortu bisa lakukan beberapa persiapan berikut. A) Baca buku2 ttg #latihkakus, ada lho di toko2 buku

12/05/2015 19:12:02 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus B) Ceritakan fungsi alat kelaminnya, dalam kaitan buang air. Perkenalkan kosa kata spt ‘pipis’, ‘pup’, ‘kakus’, dll

12/05/2015 19:13:08 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus ...Contoh ketika ia mengompol katakan, “Kamu baru saja pipis. Ayo kita bersihkan, lalu ganti popok / celana.”

12/05/2015 19:14:06 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus C) Ini nggak wajib sih, tp bisa membantu: Cari pispot / dudukan toilet yg disukai anak, kalau bisa dia yg pilih.

12/05/2015 19:16:07 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus D) Lebih banyak pakai popok kain / celana kain. Memang akan berantakan, tapi anak langsung merasa tak nyaman ketika…

12/05/2015 19:16:14 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus …buang air, sadar, berusaha untuk segera menggantinya. Proses menyadari ‘basah / kotor itu nggak enak’ itu penting lho

12/05/2015 19:17:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Usaha bikin nyaman bisa dikaitkan dng #latihkakus. Tiap x berhasil buang air di kakus, kita bisa bilang, “Tuh celananya tetap bersih kan.”

12/05/2015 19:18:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus E) Amati siklus buang airnya, kapan BAK, kapan BAB. Jadi nantinya ketika mulai latih, bisa disesuaikan dng siklusnya

12/05/2015 19:19:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Persiapan #latihkakus F) Carikan anak celana dalam yg gambarnya lucu. Ini bisa memotivasinya utk lepas dari pospaknya.

12/05/2015 19:20:09 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Nah, kalau anak sudah siap #latihkakus, ortu juga siap, maka sudah waktunya untuk mulai deh. Apa aja yang dilakukan?

12/05/2015 19:21:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#latihkakus a) Pakaikan celana yg mudah dibuka. Buatlah ‘jalur bebas hambatan’ dr ruang aktivitasnya ke kakus. Buat semudah mungkin utk anak

12/05/2015 19:22:02 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#latihkakus b) Ajari cara pakai kakus, bisa beri contoh langsung atau langsung buka celananya dan ajak duduk / berdiri di depannya

12/05/2015 19:23:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#latihkakus c) Ketika mandi, ajak buang air di kakus. d) Sensitif pada tanda2 yg ditunjukkan. Mis anak menggeram, diam saja, jongkok,…

12/05/2015 19:24:03 WIB
Load Remaining (43)

Comment

No comments yet. Write yours!