'Menyadarkan' Orang Kolot/Rasis - KelasCinta.com

Jangan diajarin, mending diginiin.. baca deh! ;) Silakan reply jika ingin bertanya, atau retweet untuk berbagi ke teman-teman. http://KelasCinta.com
psychology kelascinta lexdepraxis hitmansystem eksklusif kolot RASIS tertutup
1
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
knp ada org yg tertutup, rasis, menolak perbedaan/dunia-luar? krn dia ga ngerti.. rasa ketidakmengertian itu memicu berbagai ketakutan.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
nah berbagai ketakutan itu akan menggerogoti mengacaukan pikiran, shg org tsb pelan-pelan menutup diri + memusuhi apapun yg beda/baru..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
dia ketipu berpikir hal beda/baru itu sumber ketakutannya, pdhl sebenernya KETIDAKMENGERTIAN DIRINYA ttg hal beda/baru itulah sumbernya!
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
tapi inget: org itu biasanya GA NGERTI BHW DIRINYA GA NGERTI.. dia pikir dia ngerti, dia pikir dia logis, dan dia pikir dia benar.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
dia biasanya punya 1001 'logika dan contoh masuk akal' yg berbelat-belit mengkusutkan dirinya sendiri shg merasa takut/terancam/lemah..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
langkah dasar hadapi dia adl diajak diskusi utk tarik keluar 'benang kusut' dr kepalanya.. bukannya diajarin/dikhotbahin/dibuktiindiasalah!
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
inget lho org spt itu sebenernya MERASA KETAKUTAN (walau ga sadar), jd kl dibantah/dijelasin, kamu malah nyerang bikin dia makin ketakutan..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
rasa takut itu survival mechanism, org jd makin keras menutup/membenci/menyerang kl terancam.. itu yg tjd kl kamu ngebantah rasa takutnya.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
yg perlu kamu lakuin adl sebaliknya: akui dan hargai ketakutannya.. jgn bantah/debatin/ajarin/lurusin/dsb, spy dia ga perlu emosional lg.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
dia eksklusif/rasis/nutup-diri kan krn KETAKUTAN, so ya kurangin dulu lah ketakutannya itu dg beri dia ruang aman utk berbicara dan diakui..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
org ketakutan biasanya punya ribuan worst-case scenarios dlm pikirannya.. beri dia ruang+waktu utk bs bicarain itu semua TANPA dibantah.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
brp lama lakuin langkah pertama ini? wah ga bs distandarin krn kadang sehari, seminggu, sebulan, setahun, dst.. beda-beda tiap orang!
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
durasi langkah pertama ini dipengaruhi kondisi mental org itu sendiri, kelihaian org-org yg menghadapinya, dan situasi hidup lainnya..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
pokoknya setelah dia byk keluarin isi pikirannya (yg menakut-nakuti diri itu), barulah dia pelan-pelan bisa MELIHAT SENDIRI kekusutannya..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
kamu pasti pernahkan curcol ngoceh sendiri panjang lebar dg temen, eh trus merasa nangkep sendiri akan kekusutan/kebegoan kamu sebelumnya? 😉
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
langkah pertama ini usai saat org itu merasa rileks, aman, dan tergelitik penasaran mempertanyakan pengertian/pemikirannya sendiri..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
di langkah kedua inilah momen dia bs berpikir lbh jernih krn udah ga didera emosi lg.. ditandai dg dia lbh byk bertanya drpd bercerita.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
semakin dia bertanya-tanya, semakin dia sadar bhw sebenarnya dia ga benar-benar ngerti apapun yg dia pikir dia ngerti sebelumnya..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
dia pelan-pelan nyadar KETERBATASAN PENGERTIAN/PENGETAHUAN DIA-LAH yg bikin hal asing/beda itu terasa membahayakan (baca: menakutkan)..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
sbg teman/keluarga, bantu berikan jawaban/informasi utk setiap pertanyaannya, tapi kalem ya.. ga perlu napsu ngasih tau apa yg dia ga tanya.
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
sesekali tepis/raguin pertanyaannya.. mis. dia nanya, "Org X itu ternyata baik ya?" responi dg, "Heh? Kok kamu bs kepikiran gitu sih?!"
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
tepisan spt itu membuatnya terpaksa menggali bukti-bukti utk menjawab kamu, yg tanpa disadari berefek semakin menyakinkan dirinya sendiri..
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
contoh lain, dia blg, "Aku terlalu keras ga sih smp ngebenci X?" responi dg, "Emg standar terlalu keras itu yg kayak gimana sih?"
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis
dlm konseling (bit.ly/conslex), saya lbh byk nanya drpd jawab/nasihat.. krn menurut saya itu CARA TERBAIK utk edukasi+transformasi.
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.