Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

'Menyadarkan' Orang Kolot/Rasis - KelasCinta.com

Jangan diajarin, mending diginiin.. baca deh! ;) Silakan reply jika ingin bertanya, atau retweet untuk berbagi ke teman-teman. http://KelasCinta.com
1
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

knp ada org yg tertutup, rasis, menolak perbedaan/dunia-luar? krn dia ga ngerti.. rasa ketidakmengertian itu memicu berbagai ketakutan.

03/05/2015 18:38:39 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

nah berbagai ketakutan itu akan menggerogoti mengacaukan pikiran, shg org tsb pelan-pelan menutup diri + memusuhi apapun yg beda/baru..

03/05/2015 18:46:24 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dia ketipu berpikir hal beda/baru itu sumber ketakutannya, pdhl sebenernya KETIDAKMENGERTIAN DIRINYA ttg hal beda/baru itulah sumbernya!

03/05/2015 18:51:58 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

tapi inget: org itu biasanya GA NGERTI BHW DIRINYA GA NGERTI.. dia pikir dia ngerti, dia pikir dia logis, dan dia pikir dia benar.

03/05/2015 19:00:10 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dia biasanya punya 1001 'logika dan contoh masuk akal' yg berbelat-belit mengkusutkan dirinya sendiri shg merasa takut/terancam/lemah..

03/05/2015 19:02:39 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

langkah dasar hadapi dia adl diajak diskusi utk tarik keluar 'benang kusut' dr kepalanya.. bukannya diajarin/dikhotbahin/dibuktiindiasalah!

03/05/2015 19:05:27 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

inget lho org spt itu sebenernya MERASA KETAKUTAN (walau ga sadar), jd kl dibantah/dijelasin, kamu malah nyerang bikin dia makin ketakutan..

03/05/2015 19:10:48 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

rasa takut itu survival mechanism, org jd makin keras menutup/membenci/menyerang kl terancam.. itu yg tjd kl kamu ngebantah rasa takutnya.

03/05/2015 19:14:50 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

yg perlu kamu lakuin adl sebaliknya: akui dan hargai ketakutannya.. jgn bantah/debatin/ajarin/lurusin/dsb, spy dia ga perlu emosional lg.

03/05/2015 19:19:19 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dia eksklusif/rasis/nutup-diri kan krn KETAKUTAN, so ya kurangin dulu lah ketakutannya itu dg beri dia ruang aman utk berbicara dan diakui..

03/05/2015 19:27:58 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

org ketakutan biasanya punya ribuan worst-case scenarios dlm pikirannya.. beri dia ruang+waktu utk bs bicarain itu semua TANPA dibantah.

03/05/2015 19:31:04 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

brp lama lakuin langkah pertama ini? wah ga bs distandarin krn kadang sehari, seminggu, sebulan, setahun, dst.. beda-beda tiap orang!

03/05/2015 19:37:39 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

durasi langkah pertama ini dipengaruhi kondisi mental org itu sendiri, kelihaian org-org yg menghadapinya, dan situasi hidup lainnya..

03/05/2015 19:40:31 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

pokoknya setelah dia byk keluarin isi pikirannya (yg menakut-nakuti diri itu), barulah dia pelan-pelan bisa MELIHAT SENDIRI kekusutannya..

03/05/2015 19:48:14 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kamu pasti pernahkan curcol ngoceh sendiri panjang lebar dg temen, eh trus merasa nangkep sendiri akan kekusutan/kebegoan kamu sebelumnya? 😉

03/05/2015 19:50:18 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

langkah pertama ini usai saat org itu merasa rileks, aman, dan tergelitik penasaran mempertanyakan pengertian/pemikirannya sendiri..

03/05/2015 19:56:01 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

di langkah kedua inilah momen dia bs berpikir lbh jernih krn udah ga didera emosi lg.. ditandai dg dia lbh byk bertanya drpd bercerita.

03/05/2015 19:59:25 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

semakin dia bertanya-tanya, semakin dia sadar bhw sebenarnya dia ga benar-benar ngerti apapun yg dia pikir dia ngerti sebelumnya..

03/05/2015 20:01:41 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dia pelan-pelan nyadar KETERBATASAN PENGERTIAN/PENGETAHUAN DIA-LAH yg bikin hal asing/beda itu terasa membahayakan (baca: menakutkan)..

03/05/2015 20:05:37 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

sbg teman/keluarga, bantu berikan jawaban/informasi utk setiap pertanyaannya, tapi kalem ya.. ga perlu napsu ngasih tau apa yg dia ga tanya.

03/05/2015 20:14:27 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

sesekali tepis/raguin pertanyaannya.. mis. dia nanya, "Org X itu ternyata baik ya?" responi dg, "Heh? Kok kamu bs kepikiran gitu sih?!"

03/05/2015 20:19:54 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

tepisan spt itu membuatnya terpaksa menggali bukti-bukti utk menjawab kamu, yg tanpa disadari berefek semakin menyakinkan dirinya sendiri..

03/05/2015 20:24:18 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

contoh lain, dia blg, "Aku terlalu keras ga sih smp ngebenci X?" responi dg, "Emg standar terlalu keras itu yg kayak gimana sih?"

03/05/2015 20:30:19 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dlm konseling (bit.ly/conslex), saya lbh byk nanya drpd jawab/nasihat.. krn menurut saya itu CARA TERBAIK utk edukasi+transformasi.

03/05/2015 20:34:27 WIB
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!