1
Rasa Indonesia @rmlegoh
Hiii....slmt siang teman2..sy tukang masaknya Rm Legoh mau bagi2 resep makanan niii,maafkan kalo memenuhi timeline km #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Hari ini sy mau bagi2 resep makanan dari daerah Sumatera,makanan yg sangat populer yaitu Pempek #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Yg saya bakal bagikan adalah cara gampang membuat Pempek,tp pastinya ttp enak dong. #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Eh pada tau pempek kan? Kl blm tau ini penampakannya :) #ResepSimpelIndonesia pic.twitter.com/DaTf4D0oh0
Expand pic
Rasa Indonesia @rmlegoh
Makanan ini kononnya berasal dr Palembang,Mnrt sejarahnya,munculnya makanan ini seiring dgn dtgnya perantauan dr cina #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Hmmm mungkin diadaptasi baso ikan atau kekian kali yaa....hehehe Ok kita mulai aja yahh resepnya :) #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Bahan2 yg musti disiapkan : 500 gr daging ikan tenggiri/gabus/belida yg udah tanpa tulang ya, terus 225 gr tepung sagu #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Siapin juga 150 ml air es,mie basah,mentimun,bubuk ebi,1/2 kg gula merah,10 siung bawang putih,8 buah cabe keriting #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
15 cengek,50 gr air asem jawa,2 sdk mkn cuka. Nah itu bahan2 utk buat pempek..kl kamu ke supermarket pasti ada #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Ok pertama2 kt giling dulu fillet ikan,pake blender aja biar cepet,ga usah ditambah minyak yah,krn ikan udah berair #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Kmdn masukan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk,pokoknya sampe adonan licin dan ga lengket di tangan #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Kalo udah halus keluarkan dr blender terus campur dgn air es dan garam secukupnya.Aduk hingga bener2 tercampur ya #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Nah selanjutnya adl membentuk pempek,yg sering kt jumpai bentuk pempek itu ada yg seperti bantal guling namanya Lenjer #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Ada juga yang namanya Kapal Selam hehehe lucu juga namanya yah.nah kl ini bentuknya seperti kue pastel #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Kl kapal selam ini di dalem adonan pempeknya dikasih telur #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Tp untuk permulaan kita buat yg model lenjer aja soalnya lebih mudah,bentuk selinder dgn panjang 10 cm &diameter 2 cm #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Stlh beres membentuk, nah tinggal kita rebus dah tuh lenjer yg tadi #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Oya tanda lenjer udah mateng adalah mengapung ketika direbus...nah tinggal angkat dan tiriskan #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
nah pempeknya beres,skrg kita buat kuah cukanya. Ok pertama kita didihkan air 1 liter trs masukan gula jawa&gula merah #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Sambil nunggu mendidih, kita blender tuh bawang putih,cengek dan cabe, campur air sedikit yah biar bs halus #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Kmdn masukan kedalam air yg sdg didihkan tadi,masukan juga cuka,ebi&garam,Nah rasa kuah ini adl pedes asem manis dikit #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Untuk rasa kuahnya tinggal sesuai selera, kl kurang asem tinggal tambahin cuka, atau kl kurang manis tambah gula #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Nah kalo kuah udah pas rasanya tinggal kita saring..heheh beres dah pempeknya. #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Kalo mau disajikan, goreng dulu si pempeknya kmdn potong2, biasanya disajikan ama potongan ketimun&sedikit mie basah #ResepSimpelIndonesia
Rasa Indonesia @rmlegoh
Terakhirnya tinggal siram dengan kuah cuka .....jadi dah pempeknyaa..gampang kan :) #ResepSimpelIndonesia
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.