2
Ryu Hasan @ryuhasan
Kalo sampeyan masuk toko buku, trus ada buku ttg otak, hampir semuanya adalah omong kosong, lebih separohnya bicara soal otak kanan-kiri!
Ryu Hasan @ryuhasan
Lebih heran lagi saya, ada dokter saraf yang ikut2an menyebarkan mitos otak kanan-kiri ini, *tepok jidat sejidat jidatnya*
Ryu Hasan @ryuhasan
Saya jadi paham sekarang kenapa dalang yang terjuancuk @sudjiwotedjo beberapa kali mensyen soal mitos otak kanan-kiri, rupanya krn buku2 ini
Ryu Hasan @ryuhasan
Sumpah ngempet ketawa sambil jengkel melihat banyaknya buku otak kanan-kiri yg dijual, tapi kok laris, kayaknya banyak org seneng dibohongi
Ryu Hasan @ryuhasan
Eh saya kasih tahu ya, kepribadian seseorang yg katanya dibentuk oleh sisi kanan atau kiri yg lebih aktif itu adalah ngawur ya sodara sodara
Ryu Hasan @ryuhasan
Katanya: otak kiri dominan soal hal2 yg berhubungan dg logika, rasio, kemampuan nuli, baca dan menganalisis??? Lhah klaim ini dasarnya apa?
Ryu Hasan @ryuhasan
Terus katanya lagi otak kanan letak intuisi, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dll.
Ryu Hasan @ryuhasan
Majalah sains populer LiveScience, pernah merilis hasil penelitian tentang otak kanan-kiri ini, kalo tidak salah pada edisi 5 September 2013
Ryu Hasan @ryuhasan
Di LiveScience itu, stlh peneliti menganalisis lbh dari 1.000 sampel otak. Tdk ada bukti bhw org tertentu lebih dominan otak kiri/kanan nya
Ryu Hasan @ryuhasan
Penelitian yg dilakukan di University of Utah itu mengamati 1000 sampel menggunakan functional-MRi. Di Jepang malah mengombinasi dg PET-Scan
Ryu Hasan @ryuhasan
Sepanjang penelitian yg didapatkan adalah semua responden menggunakan otak mereka secara bersama, tidak ada yg lebih dominan kanan atau kiri
Ryu Hasan @ryuhasan
Memang iya, ada kecenderungan org lbh menggunakan bagian otak tertentu untuk fungsi tertentu. Kecenderungan itu disebut lateralisasi
Ryu Hasan @ryuhasan
Tapi ya bukan berarti kalo penulis atau orator atau motivator lebih menggunakan otak kiri lebih daripada otak kanan, atau sebaliknya.
Ryu Hasan @ryuhasan
Bener2 kesalahpahaman bhw utk menganalisis dilakukan pd satu bagian otak saja dan semua proses kreatif juga hanya terjadi pd sisi otak lain.
Ryu Hasan @ryuhasan
Pada individu yg sehat, hemisphere (belahan) otak kanan dan kiri bekerja bersama2 scr penuh, masing2 puny ribuan sirkuit yg terkoordinasi
Ryu Hasan @ryuhasan
Justru kalo dari pemeriksaan F-MRI atau PET-Scan didapatkan salah satu heisphere otak lbh tidak aktif, artinya orang itu sedang sakit.
Ryu Hasan @ryuhasan
Lha kalo sekarang ada latihan untuk mengaktifkan otak kanan atau otak kiri, apanya yang mau diaktifkan? Wong sudah aktif sejak belum lahir.
Ryu Hasan @ryuhasan
Yah bolehlah dibilang begitu, supaya lebih keren dikit :) “@aipsun: @ryuhasan jadi ilmu soal otak kanan-kiri lebih ke pseudosains ya mas?”
Ryu Hasan @ryuhasan
Yg ini juga “@andri2099: @ryuhasan ini sama mitosnya dengan manusia cuma menggunakan sekian persen otaknya, ya dok?”
Ryu Hasan @ryuhasan
Lebih tepatnya salah tafsir, Brocca nggak bilang dominasi satu sisi “@ozzeyabdilla: miskonsepsi Brain Lateralization Paul de Brocca?”
Ryu Hasan @ryuhasan
Tuh kan, penjelasannya sederhana kan? Kenapa suka yg ribet sih?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.