BENGKOKNYA NALAR SBG SUMBER KEPICIKAN DAN INTOLERANSI BY @sahal_AS

Chirpified
3
akhmad sahal @sahaL_AS

Kata Imam Ghazali, di antara tanda2 ULAMA BURUK (ulama al-su'): terlalu gampang beri fatwa tanpa mendalami dalil & masalahnya.

19/02/2015 13:25:33 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

Kalo ada yg takut imannya goyah krn ngucapin selamat hari raya agama lain, ya perkuat dulu imannya. Tak lantas ucapan selamatnya haram.

19/02/2015 13:42:55 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

Saya pengen kultwit ttg "Kepicikan dan Intoleransi yg Bersumber dari Bengkoknya Penalaran dlm Memahami Hukum Islam". Bentar lagi ya:)

19/02/2015 14:25:39 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(1) Berikut adlh kultwitku ttg "Kepicikan dan Intoleransi yg Muncul krn Bengkoknya Penalaran dlm Memahami Hukum Islam."

19/02/2015 14:46:50 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(2) Setiap ada hari raya agama lain, sebagian kalangan Islam ada yg memvonis ucapan selamat hari raya tsb sbg haram, bahkan syirik.

19/02/2015 14:50:23 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(3) Yg diributkan pun belakangan semakin meluas, tak hanya hari raya agama. Bkn hanya natal dan imlek, tp juga tahun baru, Valentine dll.

19/02/2015 14:51:58 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(4) Ada dua alasan yg sering dipake sbg dasar pengharaman: merusak aqidah, dan tasyabbuh (penyerupaan) thd orang kafir.

19/02/2015 14:54:04 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(5) Sebarapa meyakinkan alasan pengharaman tsb, ditinjau dari perspektif hukum Islam? Pertanyaan ini yg mau kubahs dlm kultwitku skrg.

19/02/2015 14:55:20 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(6) Pertama, soal ucapan selamat hari raya agama lain. Gak ada yg mengharuskan muslim thd ucapan ini. Kalo mau monggo, gak jg oke.

19/02/2015 14:58:17 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(7) Ucapan selamat hari raya agama lain mrpkn tatakrama sosial dlm masy modern yg majemuk. Juga krn kita adlh saudara sebangsa.

19/02/2015 15:01:14 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(8) Persoalannya, ada sebagian kalangan Islam yg mengaitkan ucapan selamat thd hari raya agama lain sbg ancaman thd aqidah.

19/02/2015 15:04:32 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(9) Tp seberapa meyakinkan pandangan seperti itu? Pada prinsipnya, tauhid bagi muslim bersifat mutlak, tak boleh dikompromikan.

19/02/2015 15:07:09 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(10) Artinya, seorang muslim diharamkan mengimani ajaran teologi agama lain. Syirik/ menyekutukan Allah/ idolatry adlh dosa terbesar.

19/02/2015 15:09:32 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(11) Namun, apakah ucapan selamat hari raya agama lain mengandung arti setuju dgn keyakinan agama tsb? Di sinilah letak masalahnya.

19/02/2015 15:12:17 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(12) Kalo ada yg takut kalo ngucapin selamat hari raya agama lain akan merusak imannya, ga usah ngucapin. Kuatin dulu imannya. Tapi..

19/02/2015 15:14:22 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(13) Tapi tak lantas ketakutannya itu jadi dasar pengharaman, trus melarang muslim lain yg ngucapin selamat hari raya agama lain.

19/02/2015 15:16:59 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(14) Knp? Krn ucapan natal kpd umat Kristen artinya "selamat bergembira, Anda merayakan natal." Bukan "saya setuju dgn iman Anda."

19/02/2015 15:20:29 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(15) Jjuga selamat imlek, waisyak, hari raya yahudi, dll. Maknanya:selamat bergembira dgn merayakannya. Bukan "saya setuju dgn imanmu."

19/02/2015 15:23:07 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(16) Dgn kata lain, ini semata2 soal tatakrama pergaulan dlm masy yg majemuk. Dan juga tidak harus. Kalo males ngucapin ya ga apa.

19/02/2015 15:24:49 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(17) Di situlah keberatan utama saya dgn mereka yg mengharamkannya. Silakan haramkan utk diri sendiri, tp jgn menghakimi sikap yg beda.

19/02/2015 15:26:41 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(18) Knp? krn yg ngucapin selamat hari raya agama lain tak kaitkan itu dgn aqidah. Mrk hanya ingin "tepo seliro" dgn pemeluk agama lain.

19/02/2015 15:35:19 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(19) Anehnya, mrk yg mengharamkan berlindung di balik klaim toleransi. Bagi mrk, yg mengkritik (seperti saya ini) dicap tidak toleran.

19/02/2015 15:37:26 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(20) Bagi saya itu menggelikan, krn di satu sisi mrk gak mau disebut intoleran, tp di sisi lain mrk NGRECOKIN hari raya agama lain.

19/02/2015 15:39:59 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(21) Kalo betul mau toleran n hormati hari raya agama lain, ya jgn menebar fatwa haram ke yg ngucapin selamat hari raya agama lain.

19/02/2015 15:41:24 WIB
akhmad sahal @sahaL_AS

(22) Makanya dari awal saya bilang, kalo ada yg takut aqidahnya terganggu, ya jgn ucapin. Tp jgn larang orang lain yg melakukannya.

19/02/2015 15:42:33 WIB
Load Remaining (51)

Comment

UɴɪᴛᴇᴅPʀɪʙᴜᴍɪ @HostCoy 20/02/2015 00:20:00 WIB
BENGKOKYA AKIDAH AKIBAT KEPICIKAN DALAM MEMAHANI ISLAM BERDASARKAN 'TOLERANSI' VERSI MANUSIA (SAHAL/JIL)
0
UɴɪᴛᴇᴅPʀɪʙᴜᴍɪ @HostCoy 20/02/2015 00:30:52 WIB
seakan-akan Sahal mengklaim mempunyai 'iman' yg kuat, melupakan msh bnyk2 sekali muslim yg lemah imannya
0
UɴɪᴛᴇᴅPʀɪʙᴜᴍɪ @HostCoy 20/02/2015 00:33:36 WIB
ulama spt Sahal inilah yg sebenar2 ulama su'...lebih menjaga perasaan manusia bukan memikirkan Allah ridho atau tidak!
0
UɴɪᴛᴇᴅPʀɪʙᴜᴍɪ @HostCoy 20/02/2015 00:35:43 WIB
dengan statement Sahal dan sejenisnya itu justru membuat muslim yg lemah imannya akan semakin bingung
0
UɴɪᴛᴇᴅPʀɪʙᴜᴍɪ @HostCoy 20/02/2015 00:50:49 WIB
dengan smakin majemuk dn bnyknya jml manusia justru menjadikan tantangan iman seseorang. Disinilah fitnah akhir zaman yg dahsyat itu!
0
dipanusantara @luanjing135 20/02/2015 06:53:53 WIB
Bacot sahal laknatulloh,,,,,,,tentara dajjal keluarannya comberan semua
0
ozi @ozi_konyol 15/03/2018 16:47:09 WIB
yang nalarnya bengkok justru sampean mas
0