0
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Seperti biasa dari Senin -Jumat gua bakal bagi2 resep masakan dr berbagai daerah nusantara, selamat menyimak yah #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Kali ini gua bakal ngasih resep dr tanah leluhur nii yaitu Sulawesi Utara nama masakannya Ayam Tuturuga #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Sebelum mulai gua mau kasih penampakan Ayam Tuturuga ini #ResepSimpelIndonesia pic.twitter.com/Iiqt09LHh6
Expand pic
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Jadi Ayam Tuturuga itu ayam yang dimasak santan,jadi agak 2 berkuah gt..cocix utk makanan di musim hujan kyk gini #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Ok ini bahan2 yg harus disiapkan: 1 ekor ayam,bisa pake ayam broiler/kampung/pejantan dan potong sesuai selera #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
1 kotak santan siap pakai ukuran 200 ml,6 lbr daun jeruk,3 btg sereh,1 bh jeruk nipis #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
4 bh cabe merah,10 bwg merah,8 cabe rawit,5 bh kemiri,1 kunyit seukuran jari,2 jahe seukuran jari,1 kg kentang #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Semua bahannya bisa dgn gampang km dapetin di pasar tradisional atau supermarket :) #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Nah kalo bahannya udah siap semua, markit mulai memasak..pertama2 ambil ayam cuci bersih dan potong sesuai selera #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Kmdn ambil jahe 1 buah terus diparut & hasil parutannya lumuri ke ayam bersama dengan 1 sdk teh garam dan jeruk nipis #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Sambil nunggu meresap ke ayam,kt haluskan dulu bumbu2 cabe merah,bawang merah,cengek,kemiri,kunyit dan jahe #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Oya utk kemiri,sblm dihaluskan kamu goreng/sangrai dl ya.Nah utk menghaluskan bumbu2 diatas bisa diulek atau diblender #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Rasa bumbu lebih enak kl diulek tapi kadang males juga ngulek,nah kita pake aja blender :) jgn lupa tambahin minyak ya #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Nah langkah beriktnya adalah menggoreng ayam yg td udah dibumbuin,ga usah sampe kering yah. #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Setelah itu angkat ayam dan tiriskan...langkah berikutnya adl menumis bumbu yg udah dihaluskan tadi #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
ikut ditumis juga sereh dan daun jeruk yah.kalo udah tercium aroma harum berarti udah mateng tuh.nah masukin ayam #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Masukan juga air kira2 500 ml bersama 1/2 kotak santan..masak terus sampe mendidih,pake api kecil aja yah #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Nah sambil tunggu ayam masak, kita rebus kentangnya. dan potong ukuran sedang #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Oya jangan lupa masukin garam dan penyedap (bila mau) ke dalam ayam nya. yah.Rasa masakan ini adl asin #
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Ketika ayam sudah mulai empuk masukan juga sisa santan kentalnya yah beserta kentang yg udah direbus td #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Oya kalo masak makanan dengan santan,kalian hrs sering mengaduk yah biar santannya ga pecah dan masak dengan api kecil #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Beres dah..untuk banyak dikit kuahnya itu mah tinggal gimana selera kamu aja :) #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Oya sebelum disajikan peresin air jeruk nipis dikit yah...biar seger :) Nah beres dah Ayam Tuturuganya #ResepSimpelIndonesia
#JagonyaNasgor @rmlegoh
Simpel dan mudah memasaknya :) Ok deh selamat mencoba yah...kl ada yg ga ngerti bs langsung tanyain ok #ResepSimpelIndonesia
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.