0

Banyak yang salah mengerti tentang Pitung, Pahlawan dari tanah Betawi. Hal ini disebabkan pengaruh dari kisah-kisah yang beredar di masyarakat, yang menggambarkan Pitung sebagai sosok Jawara, yang membela kaum lemah, melalui keahliannya dalam ilmu beladiri.

Namun sejatinya Pitung itu adalah sebuah organisasi perlawanan rakyat Betawi, terhadap pemerintahan kolonial Belanda. PITUNG merupakan singkatan dari PITUAN PITULUNG, yang bermakna Tujuh Orang Penolong”.

Pada sekitar tahun 1914, anggota PITUNG membentuk organisasi perlawanan terhadap Kaum Kolonial, yang bernama KI DALANG.

Pemberontakan KI DALANG ini baru berhasil dipadamkan setelah berlangsung 10 tahun.

Anggota PITUNG, menjadi burunon tentara BELANDA. Ada satu tokoh yang jadi target utama ketika itu, yaitu bernama Ki Sya'ie, namun selama bertahun-tahun belum ditemukan.

Setelah masa kemerdekaan, keberadaan Ki Sya'ie masih menjadi misteri. Dan alhamdulillah, pada tanggal 25 Desember 2014, makam beliau berhasil ditemukan di Pemakaman Puncak Sekuning Palembang.

URL Kanzunqalam's Blog Alhamdulillah... Makam Tokoh Betawi, PITUNG ditemukan di Palembang !!! Hari Kamis Sore, tanggal 25 Desember 2014, yang bertepatan dengan tanggal 3 Rabiul Awwal 1436 H, makam tokoh Betawi, yang juga anggota PITUNG berhasil ditemukan di Pemakaman Puncak Sekuning Palemba...
kanzunQALAM @kanzunQALAM
(*) Misteri Korban AirAsia QZ8501, dan Mukjizat Jasad Syuhada Perang Uhud ? >> wp.me/pPmCF-1D5 #kqcom pic.twitter.com/iHLKXoXZrP
Expand pic

Comment

Login and hide ads.