Trik komunikasi dengan pasangan

Komunikasi dengan pasangan kabarnya gampang, padahal banyak yg salah kaprah ketika melakukannya. Intip yuk trik2nya
1
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Malam ini saya mau kultwit tentang #komunikasi antara suami & istri ya. Ini hal yg kayaknya mudah, tapi banyak salah kaprah

28/11/2014 20:18:29 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Saya banyak menangani pasangan2 yg bermasalah, banyak di antaranya yg sudah kesulitan lakukan #komunikasi satu sama lain.

28/11/2014 20:19:13 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Gara2 sulit lakukan #komunikasi, kemudian pasangan jadi bertengkar (dengan trik bertengkar yg kurang pas pula, minggu depan yuk dibahas)

28/11/2014 20:20:09 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Intip2 bbrp buku, saya suka banget pembahasan #komunikasi di buku “Intimate Relationships” karya Rowland S. Miller (2012)

28/11/2014 20:22:10 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Miller bahas penelitian John Gottman yg lebih dari 30 tahun cek pola2 pernikahan bahagia vs tak bahagia. Bgmn bentuk pola #komunikasi mrk?

28/11/2014 20:23:13 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Mereka yg tak bahagia srg kesulitan ungkapkan apa yg betul2 ingin dikatakan, malah menyindir / marah2, pasangan smkn tak paham

28/11/2014 20:24:12 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Yup, berdasarkan penelitian, pasangan tak bahagia sering buruk sekali kemampuan mendengarkan satu sama lain, maunya asumsi

28/11/2014 20:25:14 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Pasangan yg tak bahagia juga sering menunjukkan ekspresi tak suka ktk bicara dng pasangan, shg pasangan merasa tak disukai

28/11/2014 20:26:01 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Gara2 ekspresi tak suka itu, pasangan jadi defensif dan cenderung melawan, atau sebaliknya malas lanjutkan pembicaraan

28/11/2014 20:27:13 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Ada bbrp pola #komunikasi yg sering ditemukan pada pernikahan yg tak bahagia. Jika Anda ingin pernikahan bahagia, jangan lakukan hal2 ini:

28/11/2014 20:28:04 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 1) Kitchen-sinking, membicarakan tll banyak topik dlm 1 pembicaraan penting. Jadi nih, kalau ngobrol biasa, boleh aja...

28/11/2014 20:29:05 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi ...kita obrolin banyak topik, loncat dari 1 topik ke topik lain. Tp ktk ada hal penting yg perlu dibicarakan: FOKUS pd topik itu

28/11/2014 20:30:15 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Sampai kapan fokusnya? Sampai topik tsb tuntas. Kalau belum tuntas udah capek, silahkan istirahat dulu, nanti dibicarakan lagi.

28/11/2014 20:31:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jika ‘kitchen-sinking’, pasangan tak tahu fokus pembicaraan, malah bisa lebih fokus pd hal yg sebetulnya tak penting

28/11/2014 20:32:08 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 2) Mindreading alias berasumsi tentang apa yg dipikirkan pasangan, krn bisa saja yg kita pikirkan itu berbeda

28/11/2014 20:33:16 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Walaupun sudah menikah belasan bahkan puluhan tahun, bisa saja kita / pasangan berubah, jadi jangan sok tau pikiran pasangan

28/11/2014 20:34:12 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Tentu saja boleh jadi orang yg sensitif, tanpa pasangan bilang kita sudah tahu. Tapi tetap pastikan asumsi kita sesuai / tdk

28/11/2014 20:35:08 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 3) Interupsi, pasangan belum selesai ngomong, kita udah ngomong. Biasanya krn kita sok tau / tak sabar, asumsi tau

28/11/2014 20:36:09 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jika kita interupsi, pasangan cenderung merasa tak dihargai. Mungkin jadi marah lalu bertengkar, atau jadi malas bicara

28/11/2014 20:37:10 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 4) Terus2an memberi kritik, apalagi kl kritik Anda terhadap kepribadiannya. Itu sama saja dng memberi label kpdnya

28/11/2014 20:38:11 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Kalau mau tau efek label pd anak, cek TL saya tgl 2 September 2014. Efek buat orang dewasa ada miripnya jg kok dng thd anak

28/11/2014 20:39:13 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 5) Mengejek, menghina, mempermalukan, mengata2i scr kasar. Itu sih namanya KDRT verbal lho

28/11/2014 20:40:13 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 6) Defensif, balik melawan, karena nggak akan kelar2 tuh pembicaraan. Dengerin dulu aja pasangan mau bilang apa

28/11/2014 20:41:09 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

#komunikasi Jangan 7) Stonewalling, menutup diri, langsung diam saja. Ini membuat pembicaraan tak berjalan.

28/11/2014 20:42:03 WIB
Anna Surti Ariani @AnnaSurtiNina

Model menutup diri jaman sekarang ini contohnya adalah pegang gadget mulu ketika pasangan sedang bicara. #komunikasi lebih sulit berjalan

28/11/2014 20:43:01 WIB
Load Remaining (20)

Comment

No comments yet. Write yours!