2
Kei @KeiSavourie
Kemaren dah janji mau bahas soal "bohong". Supaya gue gak dicap bohong, mari kita bahas :)
Kei @KeiSavourie
Banyak orang yang menganggap "bohong" adalah sebuah kejahatan, kesalahan, amoral, dan penilaian negatif lainnya.
Kei @KeiSavourie
Bisa dimaklumi, soalnya emang dididik seperti itu. Terlebih lagi dengan ajaran agama yang bilang "bohong" itu dosa.
Kei @KeiSavourie
Sebenernya gak perlu alasan macem-macem, karena alasan sesungguhnya cuma 1: kita gak mau dibohongin orang.
Kei @KeiSavourie
Kamu gak mau dibohongin, tapi lucunya, kamu tau bahwa semua orang pasti berbohong.. termasuk kamu sendiri.
Kei @KeiSavourie
Orang lain gak boleh bohong sama kamu (apalagi pacar), tapi kamu boleh bohong sama orang lain (terutama pacar).
Kei @KeiSavourie
"Pacarku bohongin aku!" Kamu sakit hati, dan lupa kalo kamu juga pernah bohongin doi. Egois yah :)
Kei @KeiSavourie
Banyak orang yg gak ngerti bahwa "bohong" adalah bagian dari proses interaksi dan komunikasi sosial antar manusia.
Kei @KeiSavourie
Kejujuran adalah hal yang terlalu dinilai berlebihan. Honesty is overrated. Karena gak ada seorangpun yg jujur 100%.
Kei @KeiSavourie
"Bohong" adalah bagian dari proses sosial manusia. Dengan kata lain: supaya bisa bersosialiasi, kamu musti berbohong.
Kei @KeiSavourie
Contoh sederhana: temen kamu beli baju dan nanya, "Bagus nggak?" Meskipun sebenernya nggak, tapi kamu bilang bagus.
Kei @KeiSavourie
Kamu ngobrol basa-basi sama boss di kantor, dan dia ngelucu. Meski gak lucu, kamu pura-pura ketawa. Bohong nggak tuh?
Kei @KeiSavourie
Janjian sama temen di mall, tapi kamu telat perginya.. Pas ditanya posisi di mana, kamu bilang "Udah mau nyampe!"
Kei @KeiSavourie
Cowok nembak cewek, si cewek nolak tapi gak mau nyakitin perasaan. Jadi bilangnya: "Aku anggap kamu sbg kakak."
Kei @KeiSavourie
Semua agama juga gak boleh bohong. Tapi apa itu bikin semua orang jadi jujur? RT @ariparif: @KeiSavourie di Islam juga boleh bohong
Kei @KeiSavourie
Kamu ketemu temen lama, dia tanya: "Apa kabaaar?" Meski lagi stress, galau, kamu jawab: "Baik-baik aja, kamu?"
Kei @KeiSavourie
Setelah ditanya, dia jawab: "Baik-baik aja kok!" Ketahuilah bahwa temenmu itu sama bohongnya denganmu :)
Kei @KeiSavourie
Setuju, tapi tau darimana orang jujur atau bohong? Kamu dukun? RT @atikanurlia: Tp ttp ko ..jujur itu mahal :)
Kei @KeiSavourie
Hanya karena gue kesel, gak bikin orang lain jadi jujur kan? RT @danielhyde69: @KeiSavourie Ko, lu sendiri kalo diboongin kesel ga?
Kei @KeiSavourie
Menurut penelitian, anak kecil sudah bisa berbohong rata-rata sejak umur 4,5 tahun. Padahal gak ada yang ngajarin!
Kei @KeiSavourie
Anak kecil tau bahwa dengan berbohong, dia bisa terhindar dari hukuman atau mendapat keuntungan. Ini naluriah.
Kei @KeiSavourie
Jadi "bohong" adalah cara manusia bertahan hidup dan tetap diterima dalam masyarakat sosial. Defense mechanism.
Kei @KeiSavourie
Penelitian juga menemukan bahwa sebagian besar orang berbohong 1-2 kali sehari. Itu tidak termasuk ngobrol basa-basi.
Kei @KeiSavourie
Orang berbohong rata-rata 1/5 dari semua obrolan mereka dengan orang lain yang berdurasi 10 menit atau lebih.
Kei @KeiSavourie
Dalam seminggu, rata-rata orang berbohong kepada 30% lawan bicara yang interaksinya one-on-one.
Load Remaining (34)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.