Sejarah & Tragedi Situ Gintung Ciputat

Baca juga Sejarah Ciputat http://chirpstory.com/li/23237
0
IG: infociputat @info_ciputat
1)Diawali dari mana yah? Oyah masih inget kan kapan situgintung jebol? | admin sih masih inget 27 maret 2009
IG: infociputat @info_ciputat
2)Apa itu situ gintung? Situ itu berasal dr bahas sunda artinya danau | kl gintung itu nama kampung
IG: infociputat @info_ciputat
3)Sayangnya admin gak tau apa itu arti kata gintung | ada yg tau?
M Yukha Mulyawan @yukhamulyawan22
@Info_Ciputat sejarah arti kata gintung itu adalah berawal dari sebuah nama "pohon gintung".
IG: infociputat @info_ciputat
4)Dr wikipedia: Situ Gintung adalah danau kecil buatan yang terletak Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.
IG: infociputat @info_ciputat
5)Situ gintung dibuat dibuat antara tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 ha pas dijaman penjajahan belanda tuh
IG: infociputat @info_ciputat
6)Fungsi awalnya sbg waduk untuk tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya
IG: infociputat @info_ciputat
7)Kini fungsinya udah berubah jadi tempat rekreasi atau taman kota sekaligus tempat pacaran
IG: infociputat @info_ciputat
8)Ditepi situ gintung ada hutan kota yg biasa dijadikan buat outbond,ada kolam renang,tmpat futsal itu namanya pulau situ gintung
IG: infociputat @info_ciputat
9)Semenjak thn 1970-an kawasan pulau Situ Gintung itu mulai dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam dan perairan
IG: infociputat @info_ciputat
10)terhitung tahun 2011 situ gintung berubah nama menjadi bendungan gintung (sesuai dengan PP no. 37 tentang bendungan tahun 2010)
IG: infociputat @info_ciputat
11)Pada bulan maret 2009 wilayah ciputat termasuk gintung diturunin hujan deras berhari2 | hingga 27 maret dinihari gintung jebol
IG: infociputat @info_ciputat
12)pihak keamanan memberikan peringatan bahaya banjir sekitar pukul 02.00. Namun demikian, tidak ada tindakan lanjut pengamanan...
IG: infociputat @info_ciputat
13)Pkl 04.00 Tanggul jebol selebar 30 m dg ketinggian 6 m dan tak dihindarkan lg 2,1jt kubik air melanda pemukiman di bawah tanggul
IG: infociputat @info_ciputat
14)27/3/2009 Pukul 03.00 WIB,warga mulai mendengar suara gemuruh lebih keras dari sebelumya. Suara berasal dari arah tanggul. Tanggul jebol.
IG: infociputat @info_ciputat
15)Pukul 03.30 WIB, air sudah menerjang Kampung Situ RT 1/8 Cirendeu, Ciputat, Tangerang, Banten.
IG: infociputat @info_ciputat
16)Pukul 04.00 WIB, warga mulai mengungsi. Air meninggi.
IG: infociputat @info_ciputat
17)Pukul 05.00 WIB, Beberapa warga mulai naik ke atap rumah, pertolongan dari warga yang rumahnya tidak terendam.
IG: infociputat @info_ciputat
18)Jebolnya situ gintung telah memakan korban 90 jiwa yg tewas dan merusak sekitar 300 rumah penduduk,termasuk kampus UMJ
IG: infociputat @info_ciputat
19)Waktu itu Indonesia berduka,beritanya kemanca negara,ciputat menjadi terkenal
IG: infociputat @info_ciputat
20)Waktu itu momennya berdekatan sm pemilu 2009,jadi rame banget dah buat ajang kampanye | hehe
IG: infociputat @info_ciputat
21)Waktu itu admin jadi relawan | sempat nginep tuh dimasjid apa tuh namanya,pokonya gak hancur tuh masjid | subhanallah
IG: infociputat @info_ciputat
Baca nih-> Ada 7 Keanehan pada Tragedi Situ Gintung | Indonesia Hot http://t.co/PoVyggAa
IG: infociputat @info_ciputat
Baca juga tuh -> Ada Buaya Putih di Situ Gintung | http://t.co/Qjc6Z8SK

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.