Berpikir & Merespon Dengan Dewasa - KelasCinta.com

Susah sih, kalau kamu emang ga punya otak.. :) Silakan reply jika ingin bertanya, atau retweet untuk berbagi ke teman-teman. http://KelasCinta.com
0

Jadi tadi pagi saya bertemu diajak sarapan bareng teman lama karena katanya mau tukar pikiran tentang sesuatu. Pendek cerita, dia 'konsul' tentang masalah dalam hubungan dengan istrinya. Sharing berikut ini adalah buah pikiran yang terpicu gara-gara obrolan itu.

Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

obrolan barusan: saya ngomong, "Cemburu itu bs merusak!" dia jawab, "Ga selalu gitu lah, ada sisi positifnya.." ha?! siapa blg selalu?!?

07/11/2014 09:36:05 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

saat seseorang blg, "X adalah Y" kamu wajarnya berusaha sadar/ngertiin KONTEKS-nya.. spy kamu ga 'terbakar' & nyamber dg respon ga relevan.

07/11/2014 10:04:21 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

perspektif yg kamu pakai melihat diri sendiri dan orang lain itu sangat mempengaruhi bgmn kamu mencerna/meresponi pernyataan orang..

07/11/2014 10:07:27 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

nah kalo kamu ga sadar dg adanya lensa perspektif kamu itu, ya kamu jadi sulit/menyimpang memahami konteks yang dimaksud org lain..

07/11/2014 10:09:50 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

contoh: kl kamu minder, org berucap, "Gue kagum sama elo!" akan kamu cerna sbg basa-basi ataupun ledekan.. makanya respon kamu jd kesel.

07/11/2014 10:13:38 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kl kamu merasa diri cerdas/bijak, kamu akan memandang 'salah/rendah' org yg blg, "Ortu gue jahat!".. makanya kamu lsg mengoreksi/menasehati.

07/11/2014 10:18:15 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kl kamu sensi dg seseorg, saat dia blg, "Dhbolwpe!" kamu akan anggap dia salah/lebay/terbukti-tolol.. makanya kamu cari-cari kesalahannya.

07/11/2014 10:30:33 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

lensa perspektif kamu menyimpangkan, membutakan, mengacaukan proses berpikir kamu.. makanya jadi bisa miss/bego saat kamu ngerespon.

07/11/2014 10:34:16 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kamu jadi gagal nangkep "Gue kagum sama elo!" dalam konteks komplimen tulus dari seseorang yg ingin belajar sesuatu dari kamu..

07/11/2014 10:38:31 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kamu jadi gagal nangkep "Ortu gue jahat!" dlm konteks dia ingin sekedar meluapkan emosi scr sehat, tidak benar-benar membenci ortunya..

07/11/2014 10:41:40 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kamu jadi gagal nangkep, "Dhbolwpe!" dlm konteks apapun yg dia maksud.. krn kamu sudah keburu terjerat nafsu utk mengoreksi/menyudutkan.

07/11/2014 10:43:58 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

tolong selalu ingat dan sadar perspektif kacamata yg kamu pakai.. jgn sampai itu membuatmu buta/ngaco/dungu mencerna konteks yg ada!

07/11/2014 10:48:27 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

kok bego banget orang mau-maunya berpikir Yesus adalah Tuhan, jelas kok dia manusia biasa, bahkan dia sendiri ga pernah bilang mau disembah!

07/11/2014 11:03:59 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

demikianlah kata seorang teman non-kristiani kepada saya yang sedang memakai kalung salib dan pulpen bertuliskan Jesus Saves..

07/11/2014 11:08:50 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

dia lg ceritain ttg ucapan bokapnya yg ngejelekin umat kristen, dan bgmn setelah itu dia ga setuju trus bantah bokapnya abis-abisan..

07/11/2014 11:14:05 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

tergantung seberapa kamu sadar/aware dg perspektif dan sejauh mana kamu mencerna konteks, kamu akan punya respon yg berbeda pd 3 twit tadi..

07/11/2014 11:21:56 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

cuma 3 twit aja kamu udah bs tergelincir dlm meresponi kl kamu ga terbiasa NGERTIIN perspektif & konteks.. apalagi di obrolan sehari-hari!

07/11/2014 11:31:44 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

jadikan kebiasaan utk AWARE ttg lensa perspektif yg kamu pakai, supaya bisa MENCERNA makna, referensi, dan konteks yang terjadi..

07/11/2014 11:44:07 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

spy kamu ga jd permaluin diri dg komen miss, "Ga gitu jg kali," "Semua balik ke org-orgnya," "Lebay!" "Stereotip!" "Kurang ajar loe!" dsb..

07/11/2014 11:50:09 WIB
Lex dePraxis | Follow IG for LIVEVIDEO+STORIES! @lexdepraxis

udah ah, saya mesti siap-siap sesi konseling.. saya akhiri sharing ini dg kalimat penutup: DEWASALAH, HAI KAMU ORANG-ORANG DHBOLWPE!!!

07/11/2014 11:53:54 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!