Berlatih Menghafal Alquran

Berlatih menghafal Alquran seperti orang berlatih fitnes,bertambah sedikit demi sedikit seiring bertambahnya otot Iman kita
alquran fitnes
0
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Kami mau sharing salah 1 cara mudah menghafal Alquran. Langkahnya cuma ada 4 saja cukup mudah utk dipraktekkan
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Pertama kita lihat dulu ayat yg mau kita hafal,kalau ayatnya pendek langsung saja mulai masuk langkah pertama
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Namun kalau ayatnya agak panjang bisa kita potong2 menjadi beberapa bagian dgn melihat dimana tanda2 yg bisa berhentinya
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Jadi yg kita akan hafalkan adalah ayat2 pendek saja pada dasarnya meskipun sebenarnya ada ayat yg panjang, karena telah kita bagi
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Langkah pertama adalah kita mulai dengan membaca ayat atau bagian ayat yg sudah mau kita hafalkan sebanyak 10 kali dengan melihat Alquran
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Langkah kedua kita membaca sambil menghafal, Alquran masih dibuka namun kalau lupa masih boleh melihat ,lakukan ini sebanyak 10 kali juga
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Langkah ketiga kita tutup Alquran sepenuhnya lalu coba lagi ulangi 10 kali semampu kita tanpa melihat sedikitpun, sekalipun kita lupa
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Langkah keempat kita cek lagi hafalan kita tadi dengan membuka Alquran ,jika masih kurang sempurna ulangi semua langkah tsb dari awal
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Setelah hafal bagian yg pendek,lanjut bagian berikutnya lalu digabungkan ,demikian seterusnya sampai hafal 1 ayat atau lanjut ayat berikut
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Setelah hafal sebuah surat,maka harus dijaga dgn cara dibaca lagi setiap harinya agar tidak mudah lupa, lebih baiknya dalam sholat
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Kalau tidak dijaga dengan diulang nanti bisa2 tambah hafalan yg baru tapi yg lama jadi terlupa, akhirnya malah gak maju2 hafalannya
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Usahakan dalam seminggu seluruh hafalan kita selalu terpakai seluruhnya dalam sholat2 kita sehingga terjaga
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Ketika kelak kita sudah hafal seluruh Alquran maka kita harus selalu jaga dgn mengkhatamkan Alquran minimal sebulan 1-2 kali
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Puncaknya nanti seperti cara Rasul menghafal ,Beliau menjaga hafalannya dengan mengkhatamkan Alquran dalam seminggu
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
“Kami membaginya menjadi (tujuh bagian yakni): Tiga surat, lima surat, tujuh surat, sembilan surat, >>
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
>> sebelas surat, tiga belas surat, dan hizb al-mufashshal yaitu dari surat Qaf sampai akhir (mushaf).” (HR. Ahmad no. 15578)
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Sebaiknya kita ada guru yg menTahsin bacaan dan hafalan kita dalam pertemuan rutin minimal seminggu sekali
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Disini udah pada hafal lagunya Ariel dkk yg berjudul ‘Separuh Aku’ ? lagu ini belakang lagi hits banget ya ,gak dimana2 dipasang terus
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Meski gak niat hafal tapi dikit2 jadi hafal juga karena diputer terus di tempat kerja oleh beberapa orang sekaligus
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Udah muternya kencang2 ,diulang2 pula. Barangkali lagunya sesuai dengan isi hati yg dengerinnya,sampai2 ada yg maen pake gitar juga
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Nah kalau sudah ada yg hafal harusnya juga kita udah nambah hafalan qurannya ,jangan mau kalah dong cuma hafal lagu2 pop aja
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Masak dari kecil sampai skrt,yg dibaca gak jauh dr surat yg bunyinya Qul2-an aja,plus yg paling2 pendek dibelakang?
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Malu sama anak SD islam yg hafalannya juga udah sampai segitu ,ya gak? apalagi yg udah punya anak,wajib nih nambah hafalan suratnya
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Kami mau share aja,saat ini kami juga lagi berusaha menambah surat pendek hafalan,targetnya minimal juz amma kelak bisa hafal semua
Pejuang Subuh @PejuangSubuh
Kami mau bagi tips kami menghafalnya,misalnya mau hafal surat Al-Alaq (Iqro) ,mulai dulu beberapa ayat 2-3 ayat pertama saja cukup
Load Remaining (44)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.