0
Akmal Sjafril @malakmalakmal
Ah telat kayaknya nyalain TV euy... Mana ya?
Akmal Sjafril @malakmalakmal
Pffft gak sempet liat. Ya udah, kultwit aja ah.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
01. Saya ingin bahas soal fenomena #SekulerInlander. Ini fenomena yg sdh cukup lama saya perhatikan.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
02. #SekulerInlander itu ya sifatnya orang2 sekuler bermental inlander. Kampungan, gitu deh kurang lebihnya.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
03. Walaupun saya anti sekali dgn sekularisme, tapi banyak org sekuler yg msh bisa dihormati. Kalo #SekulerInlander sih nggak.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
04. Yg namanya #SekulerInlander itu ya pelakunya aalah org2 bermental inlander yg jd sekuler krn ikut2an.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
05. Indonesia, krn pernah dijajah, jg banyak diisi oleh kaum #SekulerInlander ini.
Akmal Sjafril @malakmalakmal
06. OK, supaya lebih jelas, kita langsung masuk ke contoh kasus ya. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
07. Dlm hal ini sy ingin jadikan dialektika seputar Bu Menteri Susi dan rokoknya. Dialektikanya, bukan rokoknya! #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
08. Dari perspektif org2 beriman, kasus ini sebenarnya telah menunjukkan kegamangan sekularisme. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
09. Bagaimana sekularisme menyikapi kebiasan merokok? Dlm hal ini, biasanya ya dianggap sbg pilihan masing2. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
10. Bagi org2 sekuler, kita tdk perlu mengurusi kebiasaan org lain. Jangankan merokok, mabuk dan zina pun dibiarkan. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
11. Tapi pada akhirnya, sekularisme mentok jg. Tdk segala hal bisa dianggap urusan privat seseorang. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
12. Di negara2 sekuler, sudah biasa org mengkritik pejabat publik yg memperlihatkan kebiasaan buruk. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
13. Obama dikritik krn merokok, padahal nggak pernah terlihat merokok di dpn publik. theweek.com/article/index/… #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
14. Demikian pula minum bir, misalnya. Orang Barat biasa minum bir, tp pejabat publik pas disorot kamera ya harus jaim. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
15. Gonta-ganti pacar, itu biasa bagi org Barat. Tapi kalau Perdana Menteri, ya gak enak diliatnya. theguardian.com/world/2011/oct… #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
16. Artinya, sekularisme gagal mempertahankan prinsip ‘individualismenya’ sendiri. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
17. Pd kenyataannya, manusia itu makhluk sosial. Tdk hidup masing2 saja. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
18. Ketika Anda merokok, bisa dipastikan yg menghisap asapnya bukan Anda sendiri. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
19. Dan ketika org merokok, bisa dipastikan pula yg menyaksikan bukan dirinya sendiri. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
20. Bagaimana jika pejabat publik yg merokok? Siapa yg menyaksikan? Brp yg tergoda utk mengikuti? #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
21. Pada akhirnya, masyarakat sekuler di Barat pun mengakui kenyataan bhw mrk harus melindungi anak2 mereka sendiri. #SekulerInlander
Akmal Sjafril @malakmalakmal
22. Mrk tdk mau pejabat publik melakukan hal2 yg tdk baik, agar anak2 mrk tdk meniru. #SekulerInlander
Load Remaining (66)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.