0

BENGKAYANG – Tragedi maut akibat aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) awal Oktober lalu di perbatasan Singkawang-Bengkayang menjadi sebuah pelajaran bagi khalayak ramai.

Bagi Pemda Bengkayang, tragedi tersebut menjadi momen tepat untuk memberantas kegiatan ilegal merusak lingkungan yang selama ini sulit diatasi.

“Setelah kejadian di Goaboma, dalam waktu dekat ini kita akan merangkul seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Bengkayang untuk membangun komitmen bersama dalam pemberantasan aktivitas PETI,” demikian kata Kasat Pol PP Bengkayang, Fabianus Oel, M.Pd, Selasa (28/10) di Jagoi Babang.

Adapun komitmen yang dimaksud, menurut Fabianus Oel dilakukan dengan cara membuat pernyataan secara tertulis oleh setiap Kades bahwa didaerah yang dipimpinnya tidak ada lagi aktivitas PETI.

“Pernyataan ini nantinya akan dibuat secara tertulis dan ditandai dengan sebuah prasasti,” tegas pria yang juga Sekretaris KONI Bengkayang ini.

Lebih lanjut, dengan dibangunnya komitmen bersama, Ia berharap aktivitas ilegal tersebut dapat ditekan karena akan dikawal langsung oleh Kades yang sejatinya mengetahui kondisi diwilayah mereka. Disamping itu, langkah tersebut setidaknya dapat mempermudah penanganan masalah apabila muncul aktivitas PETI disuatu wilayah.

“Koordinasi langsung dengan Kades, karena merekalah yang bertanggungjawab diwilayah yang dipimpin,” jelasnya.

Selain itu, Ketua Pajanang Dewan Adat Dayak Banyadu ini akan merangkul setiap stakeholder yang berhubungan dengan kondisi sosial tersebut. Terutama berkaitan dengan dampak yang muncul apabila kegiatan PETI diberantas. Salah satu yang disebutkannya ialah Dinas Koperasi dan UMKM.

“Agar komitmen ini bisa berjalan kedepannya, Pemda Bengkayang akan merangkul aparat keamanan seperti TNI dan Polri,” pungkasnya.

URL SUARA BORNEO MERDEKA Gandeng Kades Berantas PETI JAGOI BABANG, SBM - Tragedi maut akibat aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) awal Oktober lalu di perbatasan Singkawang-Bengkayang menjadi sebuah pelajaran bagi khalayak ramai. Bagi Pemda ...
URL SUARA BORNEO MERDEKA WELCOME TO MY BLOG photo rating photo rating

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.