Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

#DanaNikah by Mr. @AhmadGozali

Chirpified
1
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Oke... sudah jam 8 nih.... Yuk kita mulai bahasan #DanaNikah. Utk yg sdh punya calon maupun yg belum, pengantin maupun ortu pengantin.

19/10/2014 20:01:35 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Siapa sih yg seharusnya siapkan #DanaNikah, ortu atau anaknya? pihak lelaki atau pihak perempuan?

19/10/2014 20:04:46 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Jawabannya, semuanya perlu siapkan #DanaNikah. Karena semuanya punya peran dalam pernikahan. Kedua calon & para ortunya.

19/10/2014 20:06:52 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Dlm kultur masy Indonesia, pihak perempuan biasanya sebagai host pernikahan. Pihak lelaki yg kasi seserahan. #DanaNikah

19/10/2014 20:08:24 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Jadi pihak lelaki ini bisa tanggung 100% #DanaNikah. Atau kasih jumlah tertentu, terserah besan mau gimana ngaturnya. Negotiable.

19/10/2014 20:10:00 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Oke... sekarang kita bahas #DanaNikah dari sudut pandang para calon dulu nih. Setelah itu baru kita bahas dari sisi ortu ya.

19/10/2014 20:12:32 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Serba salah siapkan #DanaNikah. Belum ada calonnya, kurang semangat nabungnya. Sudah ada calonnya, waktunya pendek untuk investasi.

19/10/2014 20:13:12 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Makanya siapkan #DanaNikah dari sejak SEKARANG. Sudah ada ataupun belum ada calonnya. Jadi calon yg siap siaga :)

19/10/2014 20:14:05 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Kenapa gak sempet invest lagi klo sdh ada calonnya? Krn invest itu efektifnya dlm jk panjang. #DanaNikah

19/10/2014 20:20:18 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Biaya apa saja yang harus disiapkan? Banyak itemnya: mahar, seserahan, legalitas, gedung, konsumsi, hiburan, seragam, dll. #DanaNikah

19/10/2014 20:21:27 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Biasanya, biaya konsumsi itu terbesar, bisa sampai 50%. Jadi, hitungan kasar total biaya = biaya konsumsi x 2. #DanaNikah

19/10/2014 20:23:44 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Tuk amannya, boleh tambah 10% – 20% dari angka tadi jika ada banyak komponen lain dalam biaya pernikahan. #DanaNikah

19/10/2014 20:25:56 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Tips hemat biaya konsumsi: perbanyak booth, kurangi main buffet. Selain sebar antrian, juga lebih disukai tamu. Bener kan? #DanaNikah

19/10/2014 20:26:36 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Biaya kedua terbesar dalam pernikahan, dan seringkali tidak diduga adalah SERAGAM keluarga/panitia. #DanaNikah

19/10/2014 20:31:56 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Lho kok biaya sergam kan murah? Sewa/beli sih murah, tapi dikali sekian banyak sanak sodara itu yang bikin besar. #DanaNikah

19/10/2014 20:32:21 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Biaya seragam sering bengkak di luar rencana karena “gak enakan” sama sodara. Si ini kok ngga dikasi seragam, ... dst. #DanaNikah

19/10/2014 20:33:00 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Utk hindari pembengkakan biaya karena ewuh pakewuh, pilih pihak yang dihormati diantara keluarga besar sbg ketua panitia. #DanaNikah

19/10/2014 20:33:57 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Tips hematnya: seragam hanya untuk saudara kandung. Yang lain dikasih “dress code” saja dengan pakaian masing2. #DanaNikah

19/10/2014 20:34:49 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

#DanaNikah lain yg sering bengkak itu biaya adat” karena sensitif, terutama utk orang tua. Kalo pengantennya sih, yang penting sah deh.

19/10/2014 20:37:15 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Bgmn dgn sewa gedung? Biasanya sewa gedung tdk terlalu mahal, krn gedung juga ambil untung dari rekanan catering, foto, dll. #DanaNikah

19/10/2014 20:38:33 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Dan ini juga yang jadi penyebab komponen biaya2 tsb jadi lebih mahal jika di gedung dibandingkan resepsi di rumah sendiri. #DanaNikah

19/10/2014 20:39:44 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Yg tanggung #DanaNikah tadi bisa penganten, bisa ortu, bisa patungan. Bisa-bisanya aja deh diatur:)

19/10/2014 20:42:00 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Tapi khusus untuk mahar. Itu sangat dianjurkan dari kantong calon suami, dari hasil keringatnya sendiri. Ingat ini! #DanaNikah

19/10/2014 20:43:05 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Buat calon pengantin, jangan terlalu pikirin biaya. Ingat, jodohmu tidak tergantung pada isi kantongmu :) #DanaNikah

19/10/2014 20:51:26 WIB
Ahmad Gozali @AhmadGozali

Calon pengantin sebaiknya fokus pada kehidupan sesudah menikah, bkn dengan seremonial pernikahan. #DanaNikah

19/10/2014 20:54:02 WIB
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!