0
agama.jinasi @Agamajinasi
Tau dari mana yesus itu tuhan? Dari alkitab. Tau dari mana alkitab itu bener? Karena sabda tuhan. Di mana? Di alkitab. #circular
panggil aku brata @BarathaAtmadja
@Agamajinasi yang bilang alkitab itu sabda tuhan siapa jin? istilah "sabda tuhan" untuk alkitab kan cuma implisit...
agama.jinasi @Agamajinasi
Ya iya lah, itu kan ajaran grup elo. Mainstream kristen mah masih anggap alkitab itu berisi firman tuhan. @positve_oposite
agama.jinasi @Agamajinasi
Salah orang, gue bukan apologis kristen. "@NEWMULTATULI: @Agamajinasi ngga ada alkitab bilang yesus tuhan, yang ada Bapa"
agama.jinasi @Agamajinasi
Fokusnya bukan soal elo, tapi grup2 yg punya doktrin2 berbeda. "@positve_oposite: @Agamajinasi tau darimana gua punya grup jin?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Gue tau kok grup mana yg ngaku yesus itu tuhan, mana yg gak. Mana yg ngaku alkitab itu firman tuhan, mana yg bilang gak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Tumben kristen semangat fisabililahnya kaya jidat item. "@positve_oposite: @Agamajinasi yakin lu berani bahas theologia kristen sama gua?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Silakan. Langsung gebuk gue gak usah basa basi. Do you mind if I blindfold my eyes? :) *gerakin telunjuk nyuruh loe maju* @positve_oposite
agama.jinasi @Agamajinasi
Itu penonton dah pada nyanyi "rasanya lama betul". "@positve_oposite: gua sih cuma benci sama kedunguan jin...jadi gemes pingin ngajarin..."
agama.jinasi @Agamajinasi
Belum ada followers yang chanting "chong li! Chong li!" kan? Hahaha #bloodsport #jadul
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada. Arianisme. Yesus = lord. Bukan god. "@LorensCois: @Agamajinasi mang bisa dibilang kristen kalo gak percaya Yesus itu tuhan ?"
agama.jinasi @Agamajinasi
OK. Fair enough. Gue jawab. "@positve_oposite: @Agamajinasi apa yang lu "tolak percaya" dari yesus 1. eksistensinya 2. keilahiannya"
agama.jinasi @Agamajinasi
Yesus eksis atau gak, sebenarnya gak ada korelasinya dengan keilahian dia. Kenapa? Karena meskipun dia eksis, bukan berarti dia ilahi.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi perdebatan eksistensi yesus itu biasanya hanya wacana antara orang yg gak percaya yesus eksis vs orang yg percaya yesus tuhan.
agama.jinasi @Agamajinasi
"Apakah elo percaya yesus eksis?" Pertanyaan ini tentu beda dengan: apakah elo percaya yesus tuhan?
agama.jinasi @Agamajinasi
Posisi gue soal eksistensi yesus justru bukan soal percaya gak percaya. Tapi soal apakah itu penting buat keateisan gue.
agama.jinasi @Agamajinasi
Setiap figur dan karakter sejarah bisa didebatin soal eksistensi mereka. Dan itu sah2 aja. Walaupun manfaatnya IMO gak banyak.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo pun berhasil dibuktikan bahwa karakter X itu gak eksis, apakah itu bakal bikin pengikut2 X jadi hilang kepercayaannya? I doubt it.
agama.jinasi @Agamajinasi
Nah yg lebih menarik itu soal keilahian yesus. Seseorang bisa saja ilahi, tapi bukan berarti tuhan itu sendiri.
agama.jinasi @Agamajinasi
Anggaplah yesus eksis, lalu apakah dia tuhan? Ini harus dijawab oleh kekristenan karena jika dia tuhan, maka dia tuhan sekaligus manusia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Apakah tuhan bisa jadi manusia? Jika premisnya tuhan adalah maha kuasa (omnipotent), tentu bisa. Jadi semut pun dia bisa.
agama.jinasi @Agamajinasi
"Jadi kalo tuhan jadi manusia, surga gak ada tuhan dong"? Pertanyaan ini sering dilontarkan kaum non kristen.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sebagai ateis bahkan saya bisa jawab pertanyaan itu: Si tuhan melampaui dimensi ruang dan waktu. Piece of cake buat tuhan (kl dia eksis).
agama.jinasi @Agamajinasi
Yang jadi pertanyaan sebenarnya adalah: mampukah manusia jadi tuhan? Dalam teologi kristen, problem ini ada di doktrin hypostatic union.
agama.jinasi @Agamajinasi
Maksudnya, bukan manusia memproklamirkan diri jadi tuhan. Tapi ketika si tuhan jadi manusia, apa statusnya? (Bukan complicated yg pasti).
Load Remaining (106)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.