0
アルヤ・ @AryaNovrianus
@Agamajinasi Jin, jaman dulu ada yg ngaku nabi, dpt wahyu dari Tuhan, orang pada percaya. Knp sekarang org yg ngaku nabi dianggep sesat ya?
agama.jinasi @Agamajinasi
Itu biasa. Dulu kita pernah bahas soal karakter muhamad sebelum dan sesudah islam jd mayoritas. @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Ada tendensi bahwa suatu grup awalnya baik dan bersahabat ketika mereka minoritas, lalu berubah ketika jd mayoritas. @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Ini dialami oleh hampir semua grup, baik agama maupun non agama. Baik kristen, islam, bahkan sampe budha/hindu. @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Ketika udah jd mayoritas, mereka tdk lagi "sesat". Beda sewaktu dulu jd minoritas dianggap sesat oleh mayoritas sebelumnya. @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Akhirnya ketika jd mayoritas, ada kekuatiran bahwa akan ada lg grup spt mereka (yg awalnya minoritas lalu jd mayoritas). @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Untuk mencegah hal tsb, dibuatlah doktrin2 bahwa yg lain atau yg datang sesudahnya itu sesat. Polanya terus begitu. @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Di kristen ada ucapan yesus "waspadalah nabi2 palsu yg datang setelah aku." Di islam ada khatam an-nabiyyin (nabi terakhir). @AryaNovrianus
agama.jinasi @Agamajinasi
Standar sih. Usaha manusia utk menguntungkan grupnya. "@harith095: @Agamajinasi brarti sbnerny mereka lumayan pinter y"
agama.jinasi @Agamajinasi
Dulu sih sempet mikir gitu. "@aiempunk: @Agamajinasi lu gak tertarik bikin sekte lalu ngaku2 nabi gitu jin?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Tapi ngebayangin gue jd nabi malah udah ngebosenin duluan. Ngeruk harta dll dari kebegoan orang lain. It's just too easy. Not challenging.
Harith Jobs @harith095
@Agamajinasi tp bhw mereka sadar kalo siklus yg sama bisa berulang ke mereka (minor jd mayor) trs pasang taktik bgtu, rasany itu ckp cerdas
agama.jinasi @Agamajinasi
Makanya field gue bukan di agama. Gue kudu paksa diri gue dikelilingin orang2 pinter biar gue bisa maksa diri utk level up.
agama.jinasi @Agamajinasi
Masalahnya kan taktik tsb bukan penemuan mereka. Misalnya khatam an-nabiyyin, kristen jg udah ada. Tinggal kopas. @harith095
agama.jinasi @Agamajinasi
Gak usah antar 2 agama yg beda. Liat aja syiah sunni. Saling kasih label sesat kan. Hubungannya sama power, bukan truth. @harith095
agama.jinasi @Agamajinasi
Di negara2 mayoritas sunni, syiah abis dibantai. Sebaliknya jg gitu, di negara2 mayoritas syiah, sunni abis dikucilin.
agama.jinasi @Agamajinasi
So true. "@tegaralaga: @agamajinasi if you are the smartest person in the room, you are obviously in the wrong room."
Harith Jobs @harith095
@Agamajinasi iya juga sih ya... Jadi penasaran, stelah islam ada agama yg pake konsep nabi penutup lg gak? Ahmadiyah trmasuk g tuh?
agama.jinasi @Agamajinasi
Ini semua emang gara2 yahudi lol. Bikin doktrin mesias. Itu jadi loophole untuk agama2 setelah yahudi (kristen dan islam).
agama.jinasi @Agamajinasi
Cuma yahudi sbg agama samawi yg gak punya doktrin nabi terakhir. Justru mereka bikin loophole bahwa nanti ada mesias dateng.
agama.jinasi @Agamajinasi
Berapa banyak mesias2 yg coba rebut posisi itu. Agama kristen pas timingnya tepat sama sikon politik waktu itu. Si yesus jadi mesias.
agama.jinasi @Agamajinasi
Yah so far kita gak tau. Ahmadiyah kan masih jd minoritas. Kontraproduktif lah kalo buru2 ciptain doktrin nabi penutup. @harith095
agama.jinasi @Agamajinasi
Kumpulin dulu massa yg banyak, jadiin mualaf, jd umat. Ntar kalo udah berkuasa ulangin lg polanya. Nabi gue yg terakhir. Jangan macem2 loe!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.