0
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
1. Pagi ini gue mau sharing seputar pemaksaan keyakinan, dalam bahasa arab disebut mihnah, dalam bahasa inggris inquisition. Efektifkah?
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
2. Sepanjang sejarah mihnah ini selalu ada. Zaman kerajaan dulu, agama rakyat harus ikut agama raja, soalnya raja dianggap titisan Tuhan.
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
3. Kalau ada rakyat yg ga mau atau melawan, ya disiksa, penyiksaan ini disebut mihnah. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
4. Dalam alquran, diceritakan ashabul ukhduud yg dibakar hidup2 karena melawan keyakinan raja, ada juga ashabul kahfi yang dikejar-kejar.
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
5. Pada masa awal Islam pun terjadi mihnah terhadap orang2 lemah yg masuk islam seperti bilal dan keluarga ammar bin yasir. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
6. Kalau lo pernah nonton film the message, disana digambarkan bagaimana bilal disiksa karena gak mau beriman kepada tuhan2 kaum pagan.
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
7. Terus lo juga bakal tahu bagaimana sumayyah, ammar bin yasir dan yasir mengalami siksaan, sampai 2 orang diantara mereka wafat. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
8. Sumayyah dan yasir ngotot gak mau beriman kepada berhala, akhirnya mereka dibunuh. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
9. Sementara ammar bin yasir akhirnya menyebut latta dan uzza, dia ga dibunuh. Walau dalam hati dia masih beriman kepada nabi. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
10. Zaman khilafah islam pun ada mihnah, dan ini sesama muslim. Imam ahmad dihukum al makmun yg muktazilah. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
11. Kenapa? Karena imam ahmad ga mau bilang kalau alquran itu makhluk. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
12. Tentu masih banyak lagi kasus mihnah yg terjadi, namun segitu dulu aja sebagai contoh. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
13. Kembali ke pertanyaan awal? Efektif ga sih mihnah untuk mempengaruhi keyakinan orang? Gue jawab, nggak!
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
14. Coba lihat bagaimana ammar bin yasir yg mengakui ketuhanan latta, namun gak tulus, tapi karena takut dibunuh. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
15. Ini berarti mihnah itu hanya menghasilkan orang2 yang pura2 mengikuti keyakinan sang penindas. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
16. Lalu coba kita lihat kasus imam ahmad, justru saat imam ahmad disiksa, banyak yang simpatik sehingga pengikutnya tambah banyak. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
17. Lalu orang yang hobi melakukan mihnah itu lupa, orang bisa mati dibunuh, tapi keyakinan dan pemikiran gak biaa dibunuh. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
18. Coba lihat gimana orang2 khawarij dan syiah dikejar2 pas zaman umayyah, banyak yg dibunuh. Tapi pemikiran khawarij dan syiah masih ada.
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
19. Jadi usaha untuk membunuh keyakinan atau memaksakan keyakinan itu upaya yang sia2. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
20. Nah, Indonesia pun kena virus mihnah, sasarannya minoritas seperti syiah dan ahmadiyah. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
21. Gue ga setuju dengan akidah syiah dan ahmadiyah, tapi gue juga gak setuju kalau mereka mengalami intimidasi dqn diskriminasi. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
22. Misalnya syiah dan ahmadiyah dipaksa 'bertaubat' untuk jadi sunni, kalau nggak mesjid mereka dihancurin atau diusir. Yaelah. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
23. Gue sih mikir simpel aja, kalau gue yang sunni hidup sebagai minoritas, terus gue mengalami mihnah, sakitnya tuh disini. #mihnah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
24. Makanya kalau gue gak suka jadi korban mihnah, ya gue jangan ngemihnah minoritas. Golden rule bro. #mihnah
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.