Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tips Simpel Menghafal Al-Qur'an by: @Af1_ cc: @VampireMuslimah

Ternyata menghafalkan kitab suci umat Islam ini tak sesulit yg dibicarakan orang. Mudah! Gmn caranya? Simak ya...
0
Afwan Riyadi @af1_

alhamdulillah .. di usia hampir kepala 4 ini, urusan menghafal Al Quran ternyata gak sesulit yg dibayangkan.

28/08/2014 16:15:07 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Buat anak2 muda yg masih fresh sih harusnya lebih cepat menghafalnya dibanding saya .. #MenghafalQuran

28/08/2014 16:16:14 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Oiya, rekor saya sih 1 juz hafal dalam 2 bulan .. Not bad lah (^___^) .. apalagi saya tobatnya mulai belakangan ini lagi (^__^) ..

28/08/2014 16:20:07 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Saya terinspirasi dari penelitian anak saya; Wafa. Dia meneliti hubungan antara kedekatan dgn Al Quran & kecerdasan. Ternyata sangat erat.

28/08/2014 16:21:07 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Sejak itu ane mencoba kejar2an sama Wafa banyak2an hafalan. Tiap pagi kalau antar sekolah, kita sering talaqqi sama2. #MenghafalQuran

28/08/2014 16:22:00 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Tips-nya #MenghafalQuran itu gak berat2 amat. Yang berat mempertahankan semangat untuk istiqamah. Beneran dah.

28/08/2014 16:22:57 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Intinya #MenghafalQuran itu cuma 2 : 1. Istiqamah .. 2. Banyak mengulang (talaqqi). Itu aja. Sisanya disesuaikan kemampuan & selera masing2.

28/08/2014 16:25:59 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Ane baru mulai #MenghafalQuran lagi tahun lalu setelah lamaaaa vakum gak menghafal .. (~__~) .. Lumayan, alhamdulillah ..

28/08/2014 16:27:22 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Jadi cara ane #MenghafalQuran itu begini : sebelum pergi, sisihkan waktu 5-10 menit menghafal 3 atau 4 baris. Udah cukup jangan maruk..

28/08/2014 16:28:10 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Nah lalu kita pergi (entah ke kantor, antar anak sekolah atau kemana aja); diulang2 terus apa yg kita hafal tadi. #MenghafalQuran

28/08/2014 16:28:44 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Jadi waktu dijalan yg bisa memakan waktu 30 menit bahkan kadang sampai 2 jam; gak sia-sia. Kita bisa gunakan buat mengulang2 hafalan.

28/08/2014 16:29:27 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Oiya, pas #MenghafalQuran, ane menggunakan Al Quran yg ada terjemahan, sehingga bisa sedikit mengerti apa yg kita hafal.

28/08/2014 16:30:08 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Mengerti ceritanya; apa yg ingin disampaikan Allah dalam ayat2 yg kita hafal. Itu cara #MenghafalQuran yg efektif sekali menurut ane.

28/08/2014 16:30:47 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Jadi waktu yg digunakan untuk nambah hafalan gak banyak; cukup 5-10 menit sehari. Lalu dijalan ulang2 terus. Disambung dgn ayat2 sebelumnya

28/08/2014 16:31:56 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Nah kadang kalau bosan, okelah satu hari rehat gak nambah. Namanya jiwa manusia kadang butuh rehat. Cara rehatnya, tetap dgn Al Quran juga.

28/08/2014 16:32:34 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Ane biasanya membaca tafsir; atau minimal terjemahan dari ayat2 yg belum kita hafal. Jadi pas nanti kita mau menghafalnya, sudah agak faham

28/08/2014 16:33:06 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Macam begitu 1 hari aja. Besoknya kita tambah hafalan lagi. Cukup 3 atau 4 baris sehari. Gak usah buru2. #MenghafalQuran

28/08/2014 16:33:52 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Insya Allah kalo konsisten, kita bisa #MenghafalQuran diluar kepala 1 lembar dalam 1 pekan. Lumayan kan?

28/08/2014 16:34:56 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Akan nancep lagi, kalau hafalan itu kita amalkan dalam shalat malam. Puas2in deh berlama2 shalat sambil membacakan semua yg kita hafal

28/08/2014 16:35:46 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Gak terasa tiba2 kaki bergetar karena kelamaan berdiri .. (^___^) .. tapi gak mau selesaikan shalat. Ketagihan. Beneran deh ane gak bohong

28/08/2014 16:36:28 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Jadi intinya, tips ane #MenghafalQuran itu : bikin dgn cara seringan mungkin. Jangan ngoyo jangan ngotot. Santai aja. Dinikmati prosesnya

28/08/2014 16:38:12 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Cukup 5-10 menit sebelum berangkat kerja, luangkan waktu nambah hafalan. Lalu ulang2 terus selama perjalanan. Kalau lupa, buka contekan.

28/08/2014 16:39:14 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Syukur2 bisa nancep bener, tambahin 5-10 menit sebelum pulang kerja. Hafalin 3-4 baris saja jangan banyak2. Atau 2-3 ayat pendek. Cukup.

28/08/2014 16:39:53 WIB
Afwan Riyadi @af1_

Kadang ane malah cuma 1 ayat, 1 baris aja. Gapapa yg penting hafal & gak lupa2 lagi insya Allah. #MenghafalQuran

28/08/2014 16:40:33 WIB
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!