0
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
1. Sore ini gue mau bahas soal dakwah amar makruf nahi munkar. Gimana sih caranya? #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
2. Apa yang terbayang saat gue bilang kata dakwah? Laki2 yang pakai baju muslim, terus ceramah seputar agama? #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
3. Yap, ustadz ceramah itu salah satu bentuk dakwah, tapi dakwah lebih luas dari itu. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
4. Dakwah tuh secara bahasa artinya menyeru atau mengundang. Bisa juga diartikan mempengaruhi. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
5. Secara istilah dakwah diartikan sebagai upaya melakukan rekonstruksi individu atau masyarakat agar mengamalkan ajaran2 Islam. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
6. Mengapa harus mengamalkab ajaran2 Islam? Agar memperoleh kemaslahatan dunia dan akhirat. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
7. Nah, sekarang bagaimana bentuk2 dakwah itu? Bisa dengan cara tabligh, yakni seorang ustadz menyampaikan ajaran2 islam di depan jamaahnya.
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
8. Namun dakwah gak cuma melalui tabligh, dakwah bisa dilakukan dalam semua bidang kehidupan. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
9. Anda jadi PNS lalu gak korupsi dan membuat kebijakan anti korupsi, ya anda sedang berdakwah. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
10. Anda pelajar atau mahasiswa, lalu belajar yg giat dan mengamalkan ilmunya untuk diri sendiri dan masyarakat, ya anda berdakwah. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
11. Anda seorang dosen atau guru, lalu mengajar dengan sepenuh hati agar mencerdaskan peserta didik, ya anda berdakwah. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
12. Anda seorang politisi, lalu anda jujur dan membuat kebijakan yang pro rakyat, ya anda berdakwah. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
13. Intinya saat kita jadi orang baik, lalu orang lain terinspirasi, ya itulah dakwah. Dakwah is inspiring others. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
14. Nah, dakwah kan harus menyeru kepada ajaran islam? Terus apa berarti harus serba arabic? Ya gak juga. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
15. Kita harus membedakan antara ajaran Islam dengan budaya arab, tempat dimana Islam itu diturunkan. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
16. Islam itu gak turun di masyarakat hampa budaya, makanya kita harus memilih maba yg doktrin dan maba yg budaya. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
17. Gue kasih contoh, ajaran islam itu misalnya disiplin, kebersihan, jujur, etos kerja, optimis, spiritualitas, sabar dll. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
18. Kalau budaya arab ya misalnya pakaian ala arab, ngomong akhi ukhti, manjangin jenggot, dll. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
19. Tapi gak semua yg berbau arab itu budaya, misalnya sholat harus pakai bahasa arab, itu doktrin. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
20. Dan kalau pun ada kawan kita yg arabic wanna be, ya kita hargai aja, asal dia gak mengusik kita. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
21. Nah, jadi udah bisa bedain ya antara tabligh dan dakwah? Dan ternyata dakwah tuh bukan monopoli agamawan. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
22. Gue ngetwit gini pun ya niat dakwah lah. Ingin memberi perubahan positif buat sekitar gue. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
23. Lalu kalau kita pengen tahu gimana prinsip2 dakwah, kita bisa bukan surat an nahl ayat 125. #dakwah
#IndonesiaTanpaISIS @tanpaisis
24. Dakwah tuh harus dengan bijak, atau nasehat yang baik, kalaupun harus adu argumen, maka lakukanlah dengan elegan. #dakwah
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.