1
agama.jinasi @Agamajinasi
LOL. "@tanpaAGAMA: Coli pun usahakan tangan kanan RT @arsipmedia: Rupanya kebodohan itu disebarkan di banyak titik. pic.twitter.com/hjuI4jP6J0"
Expand pic
agama.jinasi @Agamajinasi
Doktrin tangan kanan itu kan dari pagan. Diwariskan ke agama2 timur tengah. Dan dipercaya sebagai kebenaran xD
agama.jinasi @Agamajinasi
Dalam pagan tangan kiri dianggap sebagai evil. Anak2 yg kidal dipaksa untuk tidak lagi kidal supaya tidak dianggap punya bakat penyihir.
agama.jinasi @Agamajinasi
"Duduk di sebelah kanan allah bapa", "tangan kanan rasul", itu sedikit dari contoh2 gimana pengaruh pagan ada di kristen dan islam.
agama.jinasi @Agamajinasi
Bahasa anglo saxon lebih saklek lagi. Right itu terjemahannya = benar. Dexter, dexterity = lurus, right (benar, kanan).
DALANG JIWO @kadesjancukers
@Agamajinasi setau gue pagan ga buruk kok jin, doktrin gereja aja yg bikin label buruk. setau gue sik
agama.jinasi @Agamajinasi
Sementara orang kidal dicap sebagai southpaw. South = selatan. Konotasi north vs south. North = baik, south = buruk.
agama.jinasi @Agamajinasi
Memang gak buruk. Gue cuma kasih tau gimana kepercayaan pagan itu masuk ke agama2 monoteis. @kadesjancukers
Heisenberg @_Rezka
@Agamajinasi Secara pribadi, dalam konteks agama/kepercayaan, gua menganggap pagan setara sama yang lain. Sama dengan yahudi. Bahai pun..
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi jangan bilang agama ilahi, kalo ternyata banyak konsepnya cuma saduran/kopas dari politeisme. Monoteisme itu cuma politeisme ver 2.0.
agama.jinasi @Agamajinasi
Apanya yang "diturunkan dari atas"? Heck. Bahkan "dari atas" itu juga konsep pagan. Atas = baik, heavens. Bawah = buruk, underworld, neraka.
- @yolanezinho
@agamajinasi gw kidal, tapi sejak kecil dipaksa semuanya pake yg kanan. Sekarang gak kidal lg. Terimakasih paganisme
agama.jinasi @Agamajinasi
Hehe ya itu udah merasuk ke mana2. Dalam psikologi terapan kidal itu gak dianggap buruk kok. Admin ada yang ambidex (kidal+kanan). @RYJAH12
agama.jinasi @Agamajinasi
Iya, gue juga gitu. Ini gue ngingetin aja gimana dogma "tangan kanan" itu bukan ilahi, tapi dipengaruhi oleh agama2 sebelumnya. @_Rezka
agama.jinasi @Agamajinasi
Itu kan katanya :) "@OficialNikko: @Agamajinasi klo yg katanya" buku" turun dr langit gmn?"
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo gue bilang tulisan gue inspirasi dari surga, tapi begitu loe cek di internet ada banyak artikel/buku yg isinya mirip, loe percaya gak?
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo loe gak percaya klaim gue, kenapa loe percaya klaim orang2 jaman dulu ada buku dari langit atau inspirasi dari atas?
agama.jinasi @Agamajinasi
Dan yunani itu bukan pagan? :) "@nickleuw: @Agamajinasi setahuku, bukan terutama pagannya, tapi dualisme platonis dari filsafat Yunani. :)"
agama.jinasi @Agamajinasi
Soal dogma tangan kanan agama timur tengah itu bukan kena dari yunani, tapi dari zoroaster. Agama "monoteis" pra kristen dan islam.
agama.jinasi @Agamajinasi
Sumpah jabatan taroh tangan kanan di atas kitab, atau vispo khatrhem (pake tangan kanan utk janji nikah), itu juga dari zoroastrianism.
agama.jinasi @Agamajinasi
Di budha atau hindu juga ada dakshinachara atau andvamachara, tangan kanan tangan kiri. Sila gugel kalo mau belajar tantra.
agama.jinasi @Agamajinasi
Jadi kalo ngomongin "jati diri bangsa" dan tangan kanan, itu kamu ngomongin agama2 timur tengah atau agama2 dharma yg udah ada di nusantara?
armandmahfud @armandmahfud87
@Agamajinasi klo itu(kitab) krangan mnusia, mnusia yg buat itu hebat ya, bsa mmpngruhi hmpir pnduduk dunia.
agama.jinasi @Agamajinasi
Kalo ternyata ngutip dari ayat2 kitab suci yg asalnya dari timur tengah, ya jujur saja itu bukan jati diri bangsa. Itu memaksakan namanya.
Load Remaining (95)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.