Doktrin Tangan Kanan by Agamajinasi

Chirpified
1
Aura Krisis @Agamajinasi

LOL. "@tanpaAGAMA: Coli pun usahakan tangan kanan RT @arsipmedia: Rupanya kebodohan itu disebarkan di banyak titik. pic.twitter.com/hjuI4jP6J0"

27/07/2014 14:03:54 WIB
Expand pic
Aura Krisis @Agamajinasi

Doktrin tangan kanan itu kan dari pagan. Diwariskan ke agama2 timur tengah. Dan dipercaya sebagai kebenaran xD

27/07/2014 14:08:10 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Dalam pagan tangan kiri dianggap sebagai evil. Anak2 yg kidal dipaksa untuk tidak lagi kidal supaya tidak dianggap punya bakat penyihir.

27/07/2014 14:09:54 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

"Duduk di sebelah kanan allah bapa", "tangan kanan rasul", itu sedikit dari contoh2 gimana pengaruh pagan ada di kristen dan islam.

27/07/2014 14:12:24 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Bahasa anglo saxon lebih saklek lagi. Right itu terjemahannya = benar. Dexter, dexterity = lurus, right (benar, kanan).

27/07/2014 14:14:31 WIB
DALANG JIWO @DalangJiwo

@Agamajinasi setau gue pagan ga buruk kok jin, doktrin gereja aja yg bikin label buruk. setau gue sik

27/07/2014 14:15:24 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Sementara orang kidal dicap sebagai southpaw. South = selatan. Konotasi north vs south. North = baik, south = buruk.

27/07/2014 14:15:30 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Memang gak buruk. Gue cuma kasih tau gimana kepercayaan pagan itu masuk ke agama2 monoteis. @kadesjancukers

27/07/2014 14:16:54 WIB
Heisenberg @_Rezka

@Agamajinasi Secara pribadi, dalam konteks agama/kepercayaan, gua menganggap pagan setara sama yang lain. Sama dengan yahudi. Bahai pun..

27/07/2014 14:18:18 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Jadi jangan bilang agama ilahi, kalo ternyata banyak konsepnya cuma saduran/kopas dari politeisme. Monoteisme itu cuma politeisme ver 2.0.

27/07/2014 14:18:50 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Apanya yang "diturunkan dari atas"? Heck. Bahkan "dari atas" itu juga konsep pagan. Atas = baik, heavens. Bawah = buruk, underworld, neraka.

27/07/2014 14:21:26 WIB
- @yolanezinho

@agamajinasi gw kidal, tapi sejak kecil dipaksa semuanya pake yg kanan. Sekarang gak kidal lg. Terimakasih paganisme

27/07/2014 14:21:31 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Hehe ya itu udah merasuk ke mana2. Dalam psikologi terapan kidal itu gak dianggap buruk kok. Admin ada yang ambidex (kidal+kanan). @RYJAH12

27/07/2014 14:26:04 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Iya, gue juga gitu. Ini gue ngingetin aja gimana dogma "tangan kanan" itu bukan ilahi, tapi dipengaruhi oleh agama2 sebelumnya. @_Rezka

27/07/2014 14:28:05 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Itu kan katanya :) "@OficialNikko: @Agamajinasi klo yg katanya" buku" turun dr langit gmn?"

27/07/2014 14:30:57 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Kalo gue bilang tulisan gue inspirasi dari surga, tapi begitu loe cek di internet ada banyak artikel/buku yg isinya mirip, loe percaya gak?

27/07/2014 14:32:17 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Kalo loe gak percaya klaim gue, kenapa loe percaya klaim orang2 jaman dulu ada buku dari langit atau inspirasi dari atas?

27/07/2014 14:33:31 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Dan yunani itu bukan pagan? :) "@nickleuw: @Agamajinasi setahuku, bukan terutama pagannya, tapi dualisme platonis dari filsafat Yunani. :)"

27/07/2014 14:36:07 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Soal dogma tangan kanan agama timur tengah itu bukan kena dari yunani, tapi dari zoroaster. Agama "monoteis" pra kristen dan islam.

27/07/2014 14:37:19 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Sumpah jabatan taroh tangan kanan di atas kitab, atau vispo khatrhem (pake tangan kanan utk janji nikah), itu juga dari zoroastrianism.

27/07/2014 14:38:39 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Di budha atau hindu juga ada dakshinachara atau andvamachara, tangan kanan tangan kiri. Sila gugel kalo mau belajar tantra.

27/07/2014 14:43:14 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Jadi kalo ngomongin "jati diri bangsa" dan tangan kanan, itu kamu ngomongin agama2 timur tengah atau agama2 dharma yg udah ada di nusantara?

27/07/2014 14:44:36 WIB
armandmahfud @armandmahfud87

@Agamajinasi klo itu(kitab) krangan mnusia, mnusia yg buat itu hebat ya, bsa mmpngruhi hmpir pnduduk dunia.

27/07/2014 14:45:02 WIB
Aura Krisis @Agamajinasi

Kalo ternyata ngutip dari ayat2 kitab suci yg asalnya dari timur tengah, ya jujur saja itu bukan jati diri bangsa. Itu memaksakan namanya.

27/07/2014 14:46:39 WIB
Load Remaining (95)

Comment

No comments yet. Write yours!