Tips Sahur dan Berbuka ala @evanssibarani

Chirpified
disease CURE
0
Evans Sibarani @evanssibarani
Makanya, ak mau kasih tips biar pada saat puasa tetep sehat dan bugar yaa!! :)))
Evans Sibarani @evanssibarani
Emg ada bbrpa hal yg hrus diperhatikan pada saat kita SAHUR dan saat kita BUKA..
Evans Sibarani @evanssibarani
Ak jelasin dari saat sahur terus saat berbuka ya :))
Evans Sibarani @evanssibarani
SAAT SAHUR 1. Utamakan konsumsi air, vit, mineral dan elektrolit
Evans Sibarani @evanssibarani
1a. - klo mrasa kurang mnum air putih, ganti dg mkn buah yg byk mgndung air (cth: semangka) - semangka kaya akan vit+mineral
Evans Sibarani @evanssibarani
1b. Buah yg kaya elektrolit : air kelapa, ini bs gantiin cairan yg hilang saat puasa loh.. *langsungberburutukangkelapamuda*
Evans Sibarani @evanssibarani
2. Makanan harus mengandung 5 unsur gizi seimbang : karbo, protein, lemak, vit dan mineral.. Udah ada yg kayak gini belum?
Evans Sibarani @evanssibarani
2a. - karbo kompleks : gandum, nasi merah, umbi umbian 2b. Protein & lemak : tahu/tempe, ikan, daging merah (tp pilih bag.yg ga byk lemak->
Evans Sibarani @evanssibarani
- tp pilih bag.yg ga byk lemak-> utk kontrol juml.kalori yg msuk) 2c. Vitamin : perbnyak vit A,B, dan C yah..
Evans Sibarani @evanssibarani
3. Perbanyak konsumsi makanan kaya akan serat . Pasti disini ada yg gak suka sayur kan? Waahh kalian termasuk org yg merugi .-.
Evans Sibarani @evanssibarani
3a. - serat byk tdpat di sayur & buah - dan syur dan buah ink bs memperlancar sist.pencernaan loh ^^ Pasti ada yg suka bermsalah kan? :))
Evans Sibarani @evanssibarani
3b. - mkn buah 3-4 jnis, jgn blebihan krna mau puasa sharian, yg hrs diinget itu bkn juml.takaran tp gizi yg msuk ke tubuh nya yah.. Hihi^^
Evans Sibarani @evanssibarani
3c. klo sdh mkn buah wrn kuning/merah, syur wrna ijo tua, kcg"an itu udh baguus bangett! Jadi, km ga usahh khawatir kekurangan vit ya. :))
Evans Sibarani @evanssibarani
4. Hindari yah makanan yg digoreng dan pedas . :D Kalo yg suka kedua nya ini, pasti susah banget deh dilepas kebiasaanya yah :)))
Evans Sibarani @evanssibarani
4a. - jgn pke minyak yg udh 2x penggorengan ya - bs nyebabin radikal bebas dg mudahnya msuk ke tubuh trus ikut deh ke peredaran drah kita :(
Evans Sibarani @evanssibarani
5. Hindari minuman : teh & kopi - teh dan kopi bersifat diuretic (dmn akan sring BAK) jd bisa dehidrasi pd siang hari puasa. :(
Evans Sibarani @evanssibarani
Tuh yg suka ngopi sama ngeteh pas sahur dihindari yah.. Drpda kamu yg dehidrasi trus lemes, terus batal deh krna buka puasa :D
Evans Sibarani @evanssibarani
Diusahakan sahur menjelang jam imsak ya, biar asupan nutrisi yg diserap bertahan lebih lama. Dan, jgn langsung tidur ! :)))
Evans Sibarani @evanssibarani
Kira-kira udh kebayang kan menu apa yg pas saat sahur? :D
Evans Sibarani @evanssibarani
Nah! Saat sahur udah.. Terus gimana baik nya pada saat berbuka? .-. Dibahas gak yahhhh (._")/|
Evans Sibarani @evanssibarani
SAAT BERBUKA 1. Hindari minuman yg manis yah 2. Hindari minuman dingin/es 3. Hindari makanan yg digoreng 4. Banyak konsumsi air mineral :)
Evans Sibarani @evanssibarani
Duh, pasti byak yg protes deh. Kok byak bgt sih yg harus dihindari saat berbuka? Itu kan semuanya enak :( Terus buka pake apa? .-.
Evans Sibarani @evanssibarani
Yg pasti buka pake doa buka puasa ya baru minum sama makan . Hehehhe ;)))
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.