MENTAL PENGEMIS jangan dipelihara, BAHAYA! ~ @estiningsihdwi ~ Psikolog Berdongeng

Kemiskinan adalah budaya yg diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikut ~ Budaya ini menciptakan Mental Pengemis. Jauhi MENTAL PENGEMIS! Ajarkan MENTAL KAYA pada generasi muda! Read More
MENTAL psikologi kemiskinan budaya pengemis Kaya miskin psikolog mengemis donasi
1
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Padahal saya mau lanjut bahas prostitusi. Tapi request masuk banyak minta bahas tentang pengemis ya... Baru ada kejadian apa? #Pura2Nanya
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Sebelum bahas #Psikologi PENGEMIS. Bikin teh dulu deh..... :)
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Menarik memang pembahasan tentang MENTAL PENGEMIS. Hal yg sudah jadi pembicaraan lama dibanyak kalangan.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Sedari pagi saya bersama keluarga melintasi jalan-jalan di Yogyakarta. Otak sih maunya libur... Tapi tetap didesak-desak juga. :) *sms, bbm
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Saya jadi mencermati lagi upaya "Masyarakat Kota Yogyakarta" memberantas pengemis dan anak jalanan di Kota Yogyakarta.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Ada tulisan di perempatan-perempatan jalan seperti... "Menolong tidak sama dengan memberi uang" #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
"Salurkan uang receh anda pada organisasi sosial dan keagamaan" #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Orang-orang yg tadinya "tidak enak" dan "takut dinilai" ~> pelit, tdk berperikemanusiaan, etc. Berkat tulisan itu akhirnya tidak memberi.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Terlepas orang-orang itu memang betul-betul pelit atau "sadar" bahwa menolong pengemis dan anak jalanan tidak dengan memberi uang. #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Apa yg terjadi? Pengemis dan anak jalanan di Yogyakarta berkurang drastis ~ Tidak ada lagi yg mau memberi mereka uang. #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Saya percaya bahwa bukan karena masyarakat berkurang jiwa sosialnya. Namun semakin terdidik untuk bisa menilai mana mengemis dan mana DONASI
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ~ Mengemis 1 meminta-minta sedekah. 2 meminta dng merendah- rendah dan dng penuh harapan
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ~ Donasi 1 sumbangan tetap (berupa uang) dr penderma kpd perkumpulan; derma; 2 pemberian; hadiah
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Mengemis ~ Mampu berupaya dan ada kesempatan, namun memilih menengadahkan tangan.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Donasi ~ Semata-mata untuk kepentingan umum atau pihak lain yg benar-benar butuh bantuan.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Kira-kira pemahaman kita sudah sama kan ya... :) Mari kita kupas MENTAL PENGEMIS.
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Sebenarnya Mental Pengemis tidak ujug-ujug ada dalam diri seseorang. Itu budaya!
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Dimulai dari... Budaya Kemiskinan ~> Mental Miskin ~> Mental Pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Teori Budaya Kemiskinan dari Oscar Lewis ~ Kemiskinan adl budaya yg diturunkan suatu generasi ke generasi berikut ~ Ciptakan Mental Pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
MENTAL PENGEMIS ~ Jangan sampai dipelihara ~ BERBAHAYA! Seperti apa mental pengemis?
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
1. Partisipasi rendah dalam kegiatan kemasyarakatan. #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
2. Tingkat kerjasama rendah dan kurang berjiwa sukarelawan. #pengemis
Dwi Estiningsih @estiningsihdwi
Pertanda ~> Maunya dibantu atau diberi, tidak mau membantu atau memberi. #pengemis
Load Remaining (24)

Comment

Login and hide ads.