0

Assalamu'alaikum wr wb
disini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana perspektif manusia menurut Al-Qur'an surat As-Sajdah ayat 7-9.

tutorUPI

Kita bisa melihat dan mendengarkan lantunan surat As-Sajdah ayat 7-9 pada http://quran.com/.

tutorUPI

Pertama saya akan menjelaskan ayat 7 yang artinya "Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah."

tutorUPI

Pada ayat ini dijelaskan bahwa Allah menciptakan dunia beserta isinya yang begitu indah, contohnya warna awan dan langit yang berganti-ganti, bahkan sampai kepada warna ikan yang beragam beserta biota laut lainnya, warna burung pada saat terbang, warna sanyap kupu-kupu yang hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain.

tutorUPI

Semua itu Allah ciptakan mempunyai manfaat masing-masing dan saling berhubungan satu dengan lainnya sebagai keseimbangan alam.

tutorUPI

Oleh karena itu kita harus senantiasa selalu mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan.

tutorUPI

Dan kita juga sebagai makhluk ciptaanNYa harus menjaga dan melindungi semua ciptaan Allah agar keseimbangan alam tetap terjaga.

tutorUPI

Maksudnya kita bisa memanfaatkan semua yang ada di alam dengan secukupnya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

tutorUPI

Jika kita berlebihan dan merusaknya maka keseimbangan alampun akan terganggu dan itu juga akan mendatangkan musibah kepada kita.

tutorUPI

Contohnya jika kita menebang pohon sembarangan, maka hewan akan kehilangan tempat tinggal dan berlindung sehingga bisa menyebabkan hewan itu menjadi punah, lalu ketika hujan tidak ada yang bisa menampung air sehingga bisa menyebabkan longsor bahkan banjir.

tutorUPI

"Kita berbuat maka kita juga yang harus bertanggung jawab", mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk kita agar bisa selalu menjaga dan melestarikan keseimbangan alam yang indah ini.

tutorUPI

Kemudian pada ayat ini juga menjelaskan bahwa manusia itu diciptakan dari tanah.

tutorUPI

Manusia pertama yaitu adam dan hawa diciptakan dari tanah kemudian kita anak cucunya dilahirkan dari rahim hawa.

tutorUPI

kemudian yang kedua ayat 8 yang artinya "Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina."

tutorUPI

Maksud dari ayat ini adalah bahwa kita dicitakan berawal dari sesuatu yang hina.

tutorUPI

Denagan berturutnya dua ayat,7 dan 8, dijelaskanlah bahawa asal usul manusia daripada tanah. Maksudnya manusia pertama yaitu adam dan hawa diciptakan dari tanah kemudian keturunannya bukan terus menerus dari tanah tetapi dari air mani manusia itu sendiri.

tutorUPI

Jadi, manusia yang diciptakan dari tanah cuma manusia pertama yaitu adam dan hawa.

tutorUPI

Tetapi walaupun kita anak cucu adam yang diciptakan dari sesuatu yang hina, Allah menyebutkan dalam Al-Qur'an kita adalah makhluk ciptaanNya yang paling sempurna.

tutorUPI

Walaupun kita makhluk yang paling sempurna kita tidak boleh sombong tetapi kita harus mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

tutorUPI

Kemudian pada ayat 9 yang artinya "Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

tutorUPI

Ayat ini menerangkan bahawa ,dari air mani kedua pihak antara perempuan dan lelaki, lalu digabungkan jadi satu disimpan di dalam rahim(peranakan), diansur melalui peringkat dan perkisaran tertentu.

tutorUPI

Kemudian dari mani menjadi nuthfah, dari nuthfah jadi “alaqah” dari “alaqah”jadi mudhghah, dan dari mudhgah menjadi tulang, tulang diselimuti dengan daging, disempurnakan, dan disempurnakan lagi.

tutorUPI

Lalu setelah itu pada ayat ini juga dijelaskan juga proses kejadian Allah meniupkan Roh ke dalam diri manusia itu.

tutorUPI

Maksudnya supaya jelas bagi kita walaupun Roh kita itu ada di dalam diri kita, namun dia bukanlah milik kita melainkan milik Allah, jadi kita harus selalu siap jika nanti Allah akan mengambilnya kembali.

tutorUPI

Disini Allah s.w.t juga menerangkan bahawa dijadikan pendengaran dan penglihatan adalah untuk menghubungkan diri kita dengan alam sekeliling dan kita membawa hasil pendengaran dan penglihatan iti ke dalam hati kita untuk menginsafi kebenaran Allah.

tutorUPI
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.