Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

#Socrates

Chirpified
0
zeinpermana @ideasynthesizer

admin mau cerita tentang #socrates aja deh diawali dari cerita jaman Yunani Kuno

05/09/2012 19:18:23 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

jaman yunani kuno, sekitar 1000 tahun sebelum masehi itu udah cukup beradab dan berbudaya

05/09/2012 19:21:44 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

ya lumayan lah peradaban manusianya, kalo untuk jaman2 itu

05/09/2012 19:22:00 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

salahsatu yg khas dari Yunani jaman itu adalah adanya "Polis" atau yg dikenal juga sbg negara kota.. jadi disana itu satu kota satu negara

05/09/2012 19:22:51 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dan masing2 "polis" itu punya keunikan masing2. kalo polis miletusm itu banyak nelayan dan peternah handal

05/09/2012 19:24:16 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

oh, sori, sebelum ke polis. peradaban di jaman itu walaupun maju tetep aja perbudakan masih jd barang yang biasa

05/09/2012 19:25:30 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

jadi, seorang Yunani paling miskin sekalipun minimal punya 5 orang budak di rumahnya.budaknya ini biasanya suku barbar frank eropa dn afrika

05/09/2012 19:26:32 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

urusannya apa sama budak? nah, budak ini ternyata berpengaruh penting buat kegiatan2 aktualisasi orang yunani dimasing2 polis

05/09/2012 19:27:21 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

kenapa? karena hal2 yg sepele, bahkan sampe mandi dan makan, itu dilayanin sama si budak-budak ini

05/09/2012 19:27:46 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

kalo org yunani mau mandi, ada budak yang ngemandiin (serius loh).. kalo makan, pasti disuapin, atau dikjar2 disuruh makan

05/09/2012 19:28:17 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

jadi intinya basic needs-nya org Yunani itu ud terpenuhi dgn adanya banyak budak, dgn tugas2 spesifik.. asik banget kan yah?

05/09/2012 19:29:31 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

jadinya orang Yunani jaman itu, cuma tinggal leha2 aja, dan ngelakuin kegiatan yg bisa bikin dia ke puncak aktualisasi kehidupannya

05/09/2012 19:31:09 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

nah, polis Sparta, mereka itu tipe orang yg gemar berperang, dan banyak jawara2 dsini.org2nya hebat dan kuat2.. prnah ntn film 300? nah!

05/09/2012 19:31:50 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

orang sprta itu kerjaannya latihan, fitnes, strategi perang, bikin alat perang, beladiri, wah pokonya berbau militer deh mreka kuat bgt

05/09/2012 19:33:02 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

buat org sparta, se-keren2nya orang adalah orang yang paling kuat, paling lincah, dan pokonya fisik banget deh

05/09/2012 19:35:08 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

makanya legenda2 perang biasanya lahir dan besar di sparta, kaya achiles, odyseus, dan lain2

05/09/2012 19:36:03 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

gimana dengan Athena? justru kebalikan dari sparta. hobi dan kegemaran orang2 athena adalah "mikir"

05/09/2012 19:36:46 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

kegiatan sehari2 yg udah dikerjain sama budak, ngebikin orang2 athena itu iseng banget mikir ini itu

05/09/2012 19:37:57 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

dan buat orang athena, yang paling keren adalah org yang paling bijak pemikirannya. maka muncullah filsafat dari philos dan shopia

05/09/2012 19:38:49 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

philos itu secara harfiah artinya cinta dan sophia artinya kebijaksanaan. kebijaksanaan mnjadi hal yg paling dicintai di athena

05/09/2012 19:39:47 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

nah,yunani kuno jadi peradaban yg keren banget dgn polis2 yang lengkap ditambah thebes yg ahli dagang, miletus nelayan, dn polis2 lain juga

05/09/2012 19:40:26 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

romawi mah saat itu masih kalah peradabannya dibanding yunani. kalo persia dan arab? wah belum maju sebelum nabi Muhammad lahir

05/09/2012 19:43:35 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

salahsatu pemikir yang pada akhirnya terkenal adalah #socrates.

05/09/2012 19:45:06 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

Saat kebudayaan besar lain menjelaskan hubungan manusia dan dunianya secara theologis primitif .

05/09/2012 19:47:57 WIB
zeinpermana @ideasynthesizer

pemikir Yunani mencoba berspekulasi tentang hubungan kausal antara manusia dan alam

05/09/2012 19:48:02 WIB
Load Remaining (34)

Comment

No comments yet. Write yours!