Kenapa Jokowi-Ahok Tak Melaporkan Dugaan Markup di Dinas Pendidikan? by: @AddeLeandro

Kenapa ada dugaan markup tidak dilaporkan? Apa krn tak paham aturan? Atau tak mengerti definisi korupsi atau delik dugaan/ potensi kerugian negara? Spt ini mau jadi capres?
dugaan Jokowi markup Ahok melaporkan pendidikan dinas
0
Iwan Sumule @ISumule
Kenapa Jokowi & ahok tak melaporkan dugaan mark ap di dinas pendidikan?
Iwan Sumule @ISumule
Mrk selalu beralasan tak melaporkan terjadinya dugaan mark ap krn kerugian negara belum terjadi
Iwan Sumule @ISumule
Mrk tak laporkan mark up krn belum terjadi kerugian negara adalah sebuah kesalahan fatal dlm memahami korupsi
Iwan Sumule @ISumule
Perlu diketahui bhw tindak pidana korupsi sejak diundangkan thn 71, pidana ini menganut konsep delik formil
Iwan Sumule @ISumule
Artinya tindak pidana korupsi membebankan pada tindakan melawan hukumnya meski kerugian negara belum terjadi
Iwan Sumule @ISumule
Definisi kerugian negara tak hanya dilihat dr UU perbendaharaan negara. Tapi perlu disinkronkan juga dengan UU pidana korupsi th 99/2001
Iwan Sumule @ISumule
Dengan kata lain, korupsi ditindak tak hanya menyangkut kerugian negara, namun juga menyangkut "potensi" kerugian negara
Iwan Sumule @ISumule
Cek ps 2 UU TPK 99 yg bisa disimpulkan sebagai delik formil http://t.co/iRrJEAga4y
Expand pic
Iwan Sumule @ISumule
Konsep delik formil pd kerugian negara diperjelas dlm psl penjelasan dari pasal 2 tersebut
Iwan Sumule @ISumule
kata dapat sebelum frasa merugikan keuangan atau perekonomian negara menunjukkan bahwa tindak pidana korupsi merupakan delik formil
Iwan Sumule @ISumule
Secara sederhana kerugian negara tersebut tak terjadi karena ketahuan.. Coba kalo nggak ketahuan!!! Wes ilang brp ratus miliar tuh duit?
Iwan Sumule @ISumule
Itu yang dimaksud "potensi" kerugian negara yg tertera dlm ps 2 UU tipikor.
Iwan Sumule @ISumule
UU tipikor menghendaki korupsi sbg delik formil yg membidik perbuatan-nya, bukan kerugian negaranya
Iwan Sumule @ISumule
Andai ada kerugian negara, maka hal itu menjadi dasar untuk memperkuat dugaan tindak pidananya
Iwan Sumule @ISumule
Dlm kasus mark up di dinas pendidikan ini perbuatan pidana (mark up) diduga telah terjadi meski kerugian blm terjadi krn keburu ketahuan
Iwan Sumule @ISumule
Makanya dalam korupsi sekedar percobaan korupsi atau percobaan suap aja bisa kena tembak KPK.. apalagi mark up-nya telah terjadi
Iwan Sumule @ISumule
Hadeh.. Mosok gubernur kayak gini mau kalian asong2 jd presiden? Prihatin kalo urusan serius kyk gini aja nggak ngerti.. Prettt ahhhh!!!
Iwan Sumule @ISumule
Atau jangan2 jokowi nggak laporin mark up ini kuatir dia sendiri yang nanti keseret? Kalo demikian... parah nih mas jokowi......
Iwan Sumule @ISumule
Lebih parah lagi yang dukung orang gak becus dan gak ngerti kayak gini menjadi presiden ... heuheuheu
Iwan Sumule @ISumule
Yang belum tau kenapa jokowi tak melaporkan mark up di DKI cek TL-ku (tsahhh pake ku)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.