0
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Kalo ditanya siapa pejabat yg pd jam & hari kerja malah ngurusin partai, salah seorang pejabat yg tercetak seperti itu di media adlh Jokowi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Apa benar orang kayak gini pantes jadi presiden? saya bisa kasih bnyk bukti kalo dia bkn org yg bertanggung jawab http://t.co/lcekIhGVL9
Expand pic
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Kalo saya sih harus dukung orang seperti jokowi menjadi presiden terus terang aja malu dgn akal sehat saya..
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Ayo pak jokowi lebih giat lagi coaching intelektualitasnya, sebentar lagi akan dibantai para akademisi di kampus dgn pertanyaan2 yg nyelekit
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Saya sih ngebayangin jokowi megap2 dihajar argumen2 kuat orang kampus nanti kalo berani tampil di kampus :D
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Puppet is puppet.. He won't be a narrator (ale)
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Kenapa Jokowi & ahok tak melaporkan dugaan mark ap di dinas pendidikan?
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Mrk selalu beralasan tak melaporkan terjadinya dugaan mark ap krn kerugian negara belum terjadi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Mrk tak laporkan mark up krn belum terjadi kerugian negara adalah sebuah kesalahan fatal dlm memahami korupsi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Perlu diketahui bhw tindak pidana korupsi sejak diundangkan thn 71, pidana ini menganut konsep delik formil
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Artinya tindak pidana korupsi membebankan pada tindakan melawan hukumnya meski kerugian negara belum terjadi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Definisi kerugian negara tak hanya dilihat dr UU perbendaharaan negara. Tapi perlu disinkronkan juga dengan UU pidana korupsi th 99/2001
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Dengan kata lain, korupsi ditindak tak hanya menyangkut kerugian negara, namun juga menyangkut "potensi" kerugian negara
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Cek ps 2 UU TPK 99 yg bisa disimpulkan sebagai delik formil http://t.co/iRrJEAga4y
Expand pic
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Konsep delik formil pd kerugian negara diperjelas dlm psl penjelasan dari pasal 2 tersebut
Iwan Sumule @IwanSumule_86
kata dapat sebelum frasa merugikan keuangan atau perekonomian negara menunjukkan bahwa tindak pidana korupsi merupakan delik formil
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Secara sederhana kerugian negara tersebut tak terjadi karena ketahuan.. Coba kalo nggak ketahuan!!! Wes ilang brp ratus miliar tuh duit?
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Itu yang dimaksud "potensi" kerugian negara yg tertera dlm ps 2 UU tipikor.
Iwan Sumule @IwanSumule_86
UU tipikor menghendaki korupsi sbg delik formil yg membidik perbuatan-nya, bukan kerugian negaranya
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Andai ada kerugian negara, maka hal itu menjadi dasar untuk memperkuat dugaan tindak pidananya
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Dlm kasus mark up di dinas pendidikan ini perbuatan pidana (mark up) diduga telah terjadi meski kerugian blm terjadi krn keburu ketahuan
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Makanya dalam korupsi sekedar percobaan korupsi atau percobaan suap aja bisa kena tembak KPK.. apalagi mark up-nya telah terjadi
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Hadeh.. Mosok gubernur kayak gini mau kalian asong2 jd presiden? Prihatin kalo urusan serius kyk gini aja nggak ngerti.. Prettt ahhhh!!!
Iwan Sumule @IwanSumule_86
Atau jangan2 jokowi nggak laporin mark up ini kuatir dia sendiri yang nanti keseret? Kalo demikian... parah nih mas jokowi......
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.